festival budaya di Indonesia

3 Festival Budaya di Indonesia yang Wajib Diikuti Anak Muda Indonesia!

Indonesia kaya akan tradisi dan budaya. Untuk melestarikannya, berbagai daerah di nusantara mengadakan festival budaya. Beberapa orang menganggap bahwa budaya dan tradisi itu identik dengan orang-orang tua. Padahal hal ini salah besar. Beberapa festival budaya di Indonesia ini ditujukan untuk anak muda. Festival-festival ini sangat menarik dan unik. Jadi tak ada salahnya bagi kalian untuk mengunjunginya. Jika kalian beruntung, kalian dapat memperoleh paket wisata festival kebudayaan ini dengan harga miring.

Ada festival budaya apa saja? Simak ulasan artikel berikut!

 

Dieng Culture Festival

festival budaya di Indonesia

Dieng Culture. Source : Hipwee[.]com

Pegunungan Dieng tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya. Daerah ini juga terkenal dengan atraksi wisata budayanya. Dieng Culture Festival adalah event wisata tahunan yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat dan para travelers di seluruh pelosok negeri. Festival ini biasanya tidak hanya dihadiri oleh wisatawan lokl naun juga wisatawan asing.

Festival ini biasanya diadakan di bulan Agustus selama 3 hari. Festival ini memiliki beragam rangkaian acara. Beberapa diantaranya adalah Jazz Awan, Festival Lampion, kirab budaya, dan pemotongan rambut gimbal. Panggung di festival ini tidak hanya menampilkan music jazz.

Di lain waktu, panggung tersebut juga mempertontonkan musik anak muda, musik tradisional, dan wayang. Salah satu hal yang menarik dari festival ini adalah upacara pemotongan rambut gimbal. Anak-anak yang memiliki keistimewaan berupa rambut gimbal akan diruwat terlebih dahulu sebelum di potong rambutnya. Potongan rambut ini nantinya akan dilarung di Telaga Warna.

Upacara pemotongan rambut ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika salah melakukannya, rambut anak-anak ini malah akan semakin gimbal. Selain diruwat, anak-anak ini juga akan diarak dengan kereta kuda. Pada tahun 2016, ada 11 anak berambut gimbal yang mengikuti prosesi ini.

Acara lain yang juga menarik perhatian ribuan penonton adalah Jazz di Atas Awan. Event music Jazz ini di isi oleh banyak musisi keren. Sehingga tak heran jika banyak sekali penontonnya. Panggung acara musik ini dibangun di area Candi Arjuna. Walaupun area ini cukup luas tetapi biasanya tetap penuh sesak.

 

 

Festival Jazz Gunung

festival budaya di Indonesia

Festival Jazz Gunung. Source : Topindonesiaholidays[.]com

Festival Jazz Gunung ini diadakan di Gunung Bromo, tepatnya di desa Wonotoro, Sukapura, Probolinggo. Di tahun 2017 ini, Jazz Gunung akan memasuki tahun ke-8. Festival ini awalnya di adakan pada tahun 2009. Acara ini di gagas oleh Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, serta Sigit Pramono. Mereka memprakarsai festival ini karena ingin memadukan seni dan alam. Selain itu, mereka ingin agar para penonton festival ini dapat sedikit mempelajari kearifan alam pegunungan.

Festival budaya di Indonesia yang satu ini dilaksanakan di sebuah panggung terbuka dan alami. Para musisi Jazz akan tampil di atas panggung beralas rumput. Keunikan lain dari panggung ini adalah dekorasinya. Panggung musik pada umumnya terlihat modern dengan backdrop yang menarik.

Namun, panggung Jazz Gunung sangat berbeda dari panggung biasa. Panggung ini di dekorasi dengan hiasan artistic dari bambu yang ukurannya sangat besar. Saat para musisi sedang tampil, penonton dapat menikmati musik serta keindahan alam disekelilingnya.

Festival Jazz Gunung biasanya dihadiri oleh musisi terkenal dari dalam dan luar negeri. Beberapa musisi yang akan tampil di Festival Jazz Gunung 2017 adalah Indra Lesmana, Glenn Fredly, Dewa Budjana, dan Paul McCandles.

 

 

Yogyakarta Gamelan Festival

festival budaya di Indonesia

Festival Gamelan Yogyakarta. Source: tekooo[.]com

Yogyakarta Gamelan Festival adalah salah satu event yang telah melegenda. Festival budaya di Indonesia ini telah digelar sebanyak 21 kali. Acara ini biasanya di gelar sekitar bulan Juni atau Juli dan dilaksanakan selama beberapa hari. Event berskala internasional ini diselenggarakan untuk melestarikan seni gamelan. Selain itu, festival kebudayaan ini juga ditujukan untuk mengumpulkan pecinta gamelan dan seniman gamelan.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa gamelan identik dengan wayang, tari, dan musik tradisional. Namun, dalam acara Gamelan Festival ini, kalian dapat menikmati indahnya musik gamelan yang dipadukan dengan musik modern. Event budaya ini sangat keren sehingga tak heran jika banyak sekali anak muda yang tertarik dengan festival tersebut. Yogyakarta Gamelan Festival biasanya juga mengundang grup musisi gamelan dari luar negeri. Jadi jangan heran jika kalian melihat banyak bule yang pandai memainkan gamelan di festival ini.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Cari hotel murah dari sekarang, ambil promo diskon dan temukan tips liburan keren.

Ketiga festival budaya di Indonesia di atas sangat cocok bagi kalian yang berjiwa muda. Sembari menikmati hiburan dalam festival-festival tersebut, kalian dapat mengenal dan melestarikan budaya Indonesia.

Jika kalian ingin mengunjungi salah satu festival di atas, kalian harus merencanakan liburan dengan baik agar tidak ketinggalan. Kalian dapat memesan paket festival budaya ini jika tak ingin di pusingkan dengan akomodasi. Biasanya, hotel dan homestay sekitar Dieng, Bromo, dan Yogyakarta penuh dengan wisatawan pada waktu-waktu tersebut. Hal ini tentu saja akan menyulitkan kalian untuk memperoleh kamar kosong. Namun, kalian tak perlu memikirkan akomodasi jika kalian membeli paket wisata festival budaya.

3 Festival Budaya di Indonesia yang Wajib Diikuti Anak Muda Indonesia!
Vote Us
(Visited 99 times, 1 visits today)



'3 Festival Budaya di Indonesia yang Wajib Diikuti Anak Muda Indonesia!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool