Galeri Bunga Semarang

Galeri Bunga Semarang

Galeri Bunga Semarang
5 (100%) 1 vote

Sobat Ezytraveler!

Tentu kita tidak akan heran kalau kota-kota yang berada di pegunungan seperti Bandungan atau Kopeng mempunyai potensi bunga potong dan aneka tanaman sebagai komoditas andalan. Tapi jangan lupa, pasar yang potensial sebagai pengguna dan pembeli komoditas tersebut justru dari kota di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut para petani bunga memasok bunga potong dan aneka tanaman ke Semarang. Dan dengan melihat besarnya potensi pasar tersebut, kini ada “Galeri Bunga” Semarang yang terletak di Jalan Menteri Supeno Semarang.

Bangunan baru yang nampak asri di seberang barat Taman Menteri Supeno (a.k.a Taman KB) ini, menarik perhatian banyak warga masyarakat yang menikmati car free day di sepanjang Jalan Pahlawan dan sekitarnya. Nampak tulisan besar “Galeri Bunga” dari bahan metal menghiasi pagarnya yang dilapisi batu alam, sedangkan pada dindingnya cukup mencolok tulisan “Outlet Bunga” berwarna merah. Keasriannya mempesona karena di sekeliling bangunan penuh dengan tanaman perdu dan bunga aneka warna. Pada sisi utara terdapat vertical garden yang memenuhi dinding, sedangkan di pagar masuknya dipenuhi tanaman hias dalam pralon yang ditata dengan cantik.

fasad

Galeri Bunga atau Outlet Bunga merupakan aset Pemkot Semarang bantuan dari Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk mempromosikan bunga potong dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana, konsumsi bunga potong di Kota Semarang ini cukup tinggi, namun selama ini belum ada tempat khusus untuk mewadahi mereka. Keberadaan outlet bunga di Kota Semarang itu diharapkan dapat menjembatani antara petani bunga di Jateng dengan konsumennya. Petani bunga dapat memajang koleksi bunganya dan pembeli dapat memilih bunga kesukaannya. Outlet bunga ini sekaligus menjadi media promosi bunga potong di Jawa Tengah. Selain itu, tentunya dengan adanya Galeri Bunga, akan menambah daftar lokasi wisata di Semarang yang patut dikunjungi.

Bangunan Galeri Bunga terdiri atas ruang utama yang digunakan sebagai ruang pamer dan promosi, kemudian ada ruang sekitar 3×5 meter dengan pengatur udara khusus (biasanya diatur pada suhu 15 derajat C) untuk ruang penyimpanan bunga potong dan tanaman yang memerlukan perawatan khusus. Meskipun bangunannya modern, interior gedung didominasi dengan lapisan anyaman bambu (gĕdhèg, Jw) untuk memberikan kesan suasana pedesaan, sedangkan lantainya sebagian dilapisi karpet rumput sintetis.

Galeri Bunga

Di taman sebelah selatan bangunan berderet rak besi yang berfungsi sebagai rak pajang aneka tanaman hias. Pada sisi barat terdapat sebuah kolam ikan dengan sirkulasi air mancur sekaligus sebagai peraga bahwa mereka juga melayani pembuatan taman dan kolam. Fasilitas pendingin udara pada bangunan ini mendapatkan aliran listrik dari pembangkit listrik bertenaga surya yang ditempatkan di sisi barat, bersebelahan dengan toilet dan gudang. Melengkapi semua sarana ini, counter petugas galeri juga dilengkapi komputer yang terkoneksi dengan internet dan fasilitas WiFi untuk pengunjung.

Pada kesempatan tertentu ruangan utama galeri bisa dimanfaatkan sebagai ruang seminar. Pengunjung yang senang fotografi juga bisa memanfaatkan banyak spot di galeri untuk sesi pemotretan. Memang cukup banyak pengunjung yang karena baru tahu adanya Galeri Bunga ini cukup puas dengan melihat-lihat sambil berfotoria dengan latar belakang aneka bunga. Nampaknya masih perlu promosi yang lebih gencar untuk memperkenalkan Galeri Bunga ini sebagai lokasi wisata belanja agro di Semarang.

Galeri Bunga

Harga tanaman di Galeri Bunga bervariasi dari Rp 35 ribu hingga ratusan ribu. Selain bunga potong dan bunga taman, Galeri Bunga juga menyediakan aneka vas bunga, rangkaian bunga dalam vas atau buket dan bunga papan. Kebutuhan lain yang juga dilayani oleh Galeri Bunga antara lain pembuatan taman, vertical garden, dan taman landscape. Dengan kapasitas ruangan dan lahan yang relatif terbatas, tentunya tidak semua koleksi dan jasa dapat dipamerkan di Galeri Bunga. Bagi traveler dan peminat bisa mengunjungi situsnya di outletbunga [dot] id [dot] tc.

Salam traveler!

(Visited 4,329 times, 4 visits today)



'Galeri Bunga Semarang' have 7 comments

  1. June 19, 2015 @ 4:47 pm Johanis Adityawan

    waah menyenangkan sekali.. lagi pengen cari anggrek. 😀

    Reply

    • June 19, 2015 @ 8:58 pm Dwi Pramono

      Saat berkunjung ke Galeri Bunga, koleksi anggrek yang dipajang tidak banyak karena sedang ditataulang. Kalau minat mungkin bisa tengok katalog anggrek di situsnya dulu. Tapi aku nggak cek detil soal harga lho, Jo..

      Reply

  2. September 7, 2015 @ 11:04 am dewi

    D galeri bunga menjual bunga2 plastikbyg sdh dgn pot2 nya n menjual rumput sintetis jg?

    Reply

  3. September 7, 2015 @ 12:09 pm Dwi Pramono

    Mbak Dewi,
    Sepantauan saya, Galeri Bunga hanya menyediakan tanaman dan bunga segar.

    Reply

  4. March 7, 2016 @ 10:19 am erna

    Bisa belajar membuat terrarium juga kah?

    Reply

  5. August 1, 2016 @ 11:14 am A.Syafik

    Apakah di galery bunga menyediakan wadah untuk petani/ Pembudidaya tanaman hias menjual productnya?
    Mohon di bantu info. terimakasih

    Reply

  6. September 3, 2016 @ 12:18 pm Kharisma F.A

    di Galeri Bunga jual tanaman Malabar Chestnut a.k.a Money Tree ga ya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool