The Gallery Hotel

Grand Candi Hotel Semarang, The Gallery Hotel

Grand Candi Hotel Semarang, The Gallery Hotel
5 (100%) 1 vote

logo the gallery hotelApresiasi adalah penghargaan atau penilaian yang positif terhadap suatu karya tertentu. Sedangkan seni merupakan sesuatu yang diciptakan manusia yang mempunyai nilai keindahan atau estetika. Jadi apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, baik mengenali, menilai, dan menghargai bobot-bobot seni atau nilai-nlai seni yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Grand Candi Hotel adalah satu-satunya hotel di Semarang yang menampilkan lukisan dan patung-patung karya seni rupa dan seni instalasi di seluruh ruangan mulai dari lobi hotel, restoran, dan kamar tamu. Setiap koleksi merupakan refleksi dari imajinasi dan merupakan karya terbaik dari para seniman. Semua karya seni yang tersebar di seluruh area Grand Candi Hotel adalah koleksi pribadi dari owner hotel yang merupakan apresiasi terhadap karya seni lukis maupun seni rupa para seniman Indonesia.

Beberapa seniman terkemuka yang karyanya karyanya dipamerkan di lobby maupun di ruangan lain dari Hotel Grand Candi antara lain:

Hotel Grand Candi

Srihadi Soedarsono (lengkapnya Prof. KRHT H. Srihadi Soedarsono Adhikoesoemo, MA). Pelukis kelahiran Surakarta 4 Desember 1931 ini dijuluki The Maestro of Modern Art Style. Selain pelukis beliau adalah guru besar seni rupa dan pernah mengajar antara lain di Institut Teknologi Bandung dan Institut Kesenian Jakarta sebelum pensiun sebagai PNS pada tahun 2007.

Astari

Astari Rasyid, Artist with Contemporary Style, pelukis dan juga dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Astari adalah salah satu perupa kontemporer yang memadukan bakat, ketrampilan, dan teknik dengan pemikiran mendalam, sentuhan sejarah, dan imaji inovatif. Lukisannya menggambarkan wanita yang harus bersikap macho/gagah dan dingin layaknya laki-laki, untuk bisa bertahan dalam sistem patriarki feodal, namun tetap halus dalam mengangkat isu sosial dalam lukisannya, tanpa mengabaikan prinsip keseimbangan yang merupakan salah satu ciri budaya Jawa.

Dancing in the Moon by Putu Sutawijaya April 2011

Putu Sutawijaya, artis senirupa kelahiran Angseri, Baturiti, Tabanan, Bali, 27 November 1970, alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Salah satu karyanya, Looking for Wings (2002) menjadi perbincaraan kalangan penggiat senirupa di tanah air maupun mancanegara setelah terjual di balai lelang Sotheby’s dengan harga fantastis. Para pengamat senirupa menyebut, peristiwa yang sering dikenal sebagai “Insiden Mei 2007” ini telah menjadi pemicu ledakan senirupa kontemporer Indonesia di Asia Tenggara. Indonesia pada akhirnya diperhitungkan sebagai surga baru perburuan seni kontemporer, bersaing dengan Tiongkok dan India. Sejak itulah namanya berada di jajaran seniman kelas atas Indonesia.

I Nyoman Masriadi

I Nyoman Masriadi, The Rising Contemporary Artist. Pelukis kelahiran Gianyar-Bali (1973) ini adalah lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Dalam lukisannya Masriadi sering menggambarkan tokoh-tokoh yang berakar pada sejarah budaya Indonesia, dengan narasi berisi komentar sosial pada kehidupan kontemporer dan budaya pop global.

Lobby hotel yang sekaligus merupakan galeri lukisan, seni rupa, dan seni instalasi

Pada dasarnya karya seni yang ada di Grand Candi Hotel adalah untuk penikmat seni. Dengan konsep The Gallery Hotel, Manajemen ingin memanjakan para tamu atau pun pengunjung yang memang ingin memuaskan dahaga dan apresiasinya terhadap karya seni di Grand Candi Hotel. Oleh karenanya, di setiap ruangan selalu terpajang karya seni bernilai tinggi. Semenjak berdiri tahun 1997, Karya seni mengalami pergantian di tahun 2012 dan bertahan sampai saat ini.

Suasana kamar Grand Candi Hotel, dari deluxe room hingga suite room yang sekaligus menjadi galeri karya seni lukis

Apakah manajemen hotel hanya mengapresiasi karya seni dari para seniman terkemuka?

Untuk karya seni yang bukan koleksi owner hotel, pihak manajemen memang membuka peluang untuk para seniman bisa bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat Semarang pada khususnya dengan agenda pameran rutin di Grand Candi Hotel. Manajemen tidak membatasi kepada seniman yang sudah mempunyai nama saja, tetapi semua penggiat seni dan karya unik pun bisa dipamerkan ke hotel yang memang mengusung konsep galeri ini. Tahun lalu, Grand Candi Hotel juga menyelenggarakan event Quite Poem yang merupakan daily challenge bagi para pengguna instagram memamerkan karya fotonya juga beberapa kali manajemen beserta komunitas fotografi mengadakan event lomba foto tematik.

Grand Candi Semarang, The Gallery Hotel, adalah pilihan yang direkomendasikan bila anda berkunjung ke Semarang baik dalam perjalanan bisnis maupun wisata, atau bagi masyarakat pencinta seni yang ingin menikmati karya seni lukis maupun seni rupa para seniman Indonesia.

Salam traveler!

*Terimakasih kepada Bp. Dodit Agus, Director of Marketing & Communication, atas informasi dan foto-foto dokumentasinya.

Booking Hotel Grand Candi Semarang
(Visited 959 times, 1 visits today)



'Grand Candi Hotel Semarang, The Gallery Hotel' have 10 comments

  1. April 25, 2015 @ 11:33 am dodit agus

    Terima kasih Bapak Dwi untuk liputannya. Grand Candi Hotel Semarang, satu-satunya hotel berkonsep “gallery” di Semarang, juga sedang berinovasi dan mengembangkan konsep tersebut untuk bisa mempunyai arti yang lebih luas lagi. Dalam waktu dekat ini tamu hotel tidak hanya menginap, makan ataupun “meeting”, tetapi konsep lifestyle hotel akan lebih ditonjolkan. Itu bentuk dari kepanjangan konsep “Gallery” itu sendiri.

    Reply

    • April 26, 2015 @ 8:52 am Abi Yudhie

      Pak Dodit Agus, terima kasih atas kunjungannya ke website HelloSemarang.com yang merupakan bagian dari http://www.Ezytravel.co.id 🙂

      Reply

      • April 26, 2015 @ 8:26 pm Dwi Pramono

        Wah, kezutan, nih… pak admin menyempatkan mampir ke lapak saya (y)

        Reply

    • April 26, 2015 @ 1:48 pm Dwi Pramono

      @pak Dodit Agus, maturnuwun komentar dan kunjungannya ke hellosemarang.com. Konsep yang sudah bagus mudah-mudahan semakin ditingkatkan dan dikembangkan serta mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat dan penikmat seni. Salam sukses.

      Reply

  2. April 25, 2015 @ 11:14 pm Hidayah Sulistyowati

    Sangat luar biasa nih hotel Grand Candi, melakukan pameran di dalam hotel begini seperti memiliki nilai tersendiri bagi pengunjung yang datang menginap. Mau deh dapat voucher gratis nginap di sini *siapa yang mau ngasih* 😀

    Reply

    • April 26, 2015 @ 1:50 pm Dwi Pramono

      Mbak Wati, bincang-bincang di kafe hotel sambil mendiskusikan galeri seni yang ada di Grand Candi Hotel nggak terasa bisa seharian, lho…

      Reply

  3. April 25, 2015 @ 11:27 pm Inung Djuwari

    Mulai jam 8 malam cake & kue di Grand Candi diskon lhooo

    Reply

    • April 26, 2015 @ 4:50 am Dwi Pramono

      Nah, bisa berkembang ke snack dan kue juga nantinya. Artikel ini baru membahas galeri, belum sampai F&B, restaurant, juga lounge… berarti masih banyak yang bisa dieksplorasi, nih..

      Reply

  4. April 26, 2015 @ 6:29 pm Sriyono Suke

    Wahhh tulisane apik bingit, gak seperti postinganku yang biasa soal hotel 😀

    Reply

    • April 29, 2015 @ 5:49 am Dwi Pramono

      Kamsia Don Suke atas komengnya. Kebetulan narasumber dan bahannya ada, dilengkapi wiki di sana-sini.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool