Gunung Kendil Kabupaten Semarang, Kini Makin Bersih dan Ramai

20160723_gunungkendil01

Hai… Ezytraveler!

Bagaimana kondisi badan kamu setelah sebulan lamanya berpuasa, ada yang bobotnya bertambah? belum lagi yang kalap ketemu ketupat, lontong opor, sambal goreng ati dan nastar, “duh duh duh” awas kolesterol. Supaya mood kembali penuh sebelum kembali ke rutinitas, sepertinya jiwa dan raga perlu dihibur dengan piknik ke alam. Mari kita blusukan santai ke Gunung Kendil.

“Itu gunung kendil ngawe-awe terus, minta dijamah saya sepertinya” kata saya dalam hati setiap kali melewati Jalur Bawen – Salatiga tiap akhir pekan.

Dari awal puasa kemarin, saya sudah penasaran dengan Gunung mungil yang terlihat dari Bawen yang damai berjejeran dengan Gunung Telomoyo. Namanya Gunung Kendil, terletak di Jalan Puncak Anom, Dusun Gesing Desa Tegaron, Kebondowo, Kecamatan Banyubiru – Kabupaten Semarang.

20160723_gunungkendil05

Banyak jalan menuju Roma, Eh… menuju Gunung Kendil. Bila dari Semarang langsung saja menuju Ambawara melalui Jalan Lingkar. Kemudian belok kiri melalui Jalan Banyubiru Raya, bila sudah melewati Polsek Banyubiru, terus saja sampai bertemu pertigaan. Bila ke kiri menuju ke Bukit Cinta, ambil jalan yang lurus ke Jalan Blimbing Kuring. Dari sini jalan sudah beraspal, tapi banyak tanjakan nan berliku untuk sampai ke tempat parkir Gunung Kendil, di Jalan Puncak Anom. Perlu dicatat, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Bila tersesat, langsung tanya ke Warga sekitar “Kendil lewat mana ya Pak, Buk?” saya jamin, bakal ditunjukan jalan dan dibumbui senyum manis.

20160723_gunungkendil02

Gunung ini sangat cocok untuk pemula yang baru belajar mendaki gunung. Dengan puncak ketinggian 1305mdpl, Kendil  termasuk gunung kerdil. Untuk mendaki gunung dari tempat parkir atau disebut basecamp ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Dekat bukan? namun bila selama puasa fisik tidak dilatih, tetap saja akan ngos-ngosan. Seperti saya (meringis).

20160723_gunungkendil03

Walaupun gunung kecil, jaraknya dekat, dan sudah dibuatkan jalan berundak, namun jangan anggap remeh terhadap medan yang dilalui, terlebih lagi bila sedang musim hujan. Seperti kemarin, setelah semalam diguyur hujan, jalan jadi becek dan licin. Saya sampai jatuh bangun dua kali karena kurang hati-hati. Di beberapa jalur terdapat lumut, mungkin karena selama bulan puasa tidak ada yang melewatinya. Yang patut diwaspadai adalah sisi sebelah kanan, jurangnya lumayan bikin kaki gemetar.

“Parkiran bisa sampai luber, Mas!” Kata penjaga parkir.

Info yang saya dapatkan dari warga sekitar dan mas penjaga parkir, Gunung Kendil biasanya ramai di hari Sabtu dan cuaca cerah. Kebanyakan dari pendaki lokal Semarang, namun yang dari luar kota pun tidak sedikit. Bisa dilihat dari jejak jejak tenda radius 30 meter dari puncak.

20160723_gunungkendil04

Saat berada di puncak kita akan disuguhkan dengan keindahan panorama alam. Di sisi utara ada Rawa Pening dan Gunung Ungaran. Kemudian di sisi selatan ada Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, pemandangan sawah di bawah kaki gunung yang berpetak petak dan rumah rumah penduduk. Di sisi Barat ada Gunung Gajah yang memanjang. Pemandangan terlihat jelas ketika jam 5-7 pagi. Karena biasanya jam 8 sudah tertutup awan. Untuk pemandangan di malam hari sepertinya bakal lebih menarik bila cuaca cerah. Saya paling suka dengan pemandangan sisi selatan ketika pagi hari dan langit cerah tanpa awan.

20160723_gunungkendil06

Meminjam kata dari Jokowi, Ketika saya blusukan ke Kendil setelah libur lebaran. Suasananya masih sunyi, tidak ada sampah yang berarti. Salut kepada pengelola yang menjaga kebersihan dan para pengunjung yang mulai sadar untuk mencintai alam dengan tidak nyampah alias buang sampah sembarangan di atas gunung. Walaupun kini Gunung Kendil di Kabupaten Semarang semakin ramai, semoga keindahannya masih tetap terjaga.

Gunung Kendil Kabupaten Semarang, Kini Makin Bersih dan Ramai
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 1,065 times, 1 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Gunung Kendil Kabupaten Semarang, Kini Makin Bersih dan Ramai' have 2 comments

  1. July 27, 2016 @ 10:49 am Hidayah Sulistyowati

    Aku belum pernah kesini, kalo gunung ungaran sih sering jaman masih unyu duluuu, hihii
    Atau ke sindoro, merapi yang beberapa kali saking enaknya trek kesana dulu, duluuuu tapi

    Reply

    • July 29, 2016 @ 8:47 am Slamsr

      coba kesini mba… jalannya bentar kok. paling cuma 20 menit. habis itu nikmati suasana alam banyubiru

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool