gunung tidar magelang

Gunung Tidar Magelang Wisata Religi dan Sejarah

Gunung Tidar Magelang Wisata Religi dan Sejarah
5 (100%) 1 vote

Jika Ezytravelers datang ke Kota Magelang, maka Gunung Tidar Magelang bukanlah sebuah destinasi yang asing bagi kalian. Gunung yang memiliki ketinggian 503 meter dari permukaan laut ini tak dapat dipisahkan oleh kegiatan Militer.  Hal ini ada kaitannya dengan sebuah pusat pendidikan Akademi Militer (AKMIL) yang berada di lembah Tidar, di pusat Kota Magelang.

gunung tidar magelang

Selain itu Gunung Tidar juga dikenal sebagai “Pakunya Tanah Jawa”. Banyak sekali cerita sejarah mengenai tempat tersebut. Asal muasal nama Tidar sendiri berasal dari kata  “Mati dan Modar”. Konon tempat ini dulunya sangat angker, sehingga orang yang datang ke Gunung Tidar, kalau tidak Mati, ya Modar (Baca : mampus).

gunung tidar magelang

Tugu ini, di percayai warga sebagai paku bumi pulau Jawa

Hingga saat ini, kawasan Tidar menjadi sebuah tempat sakral yang setiap tahunnya diadakan ruwat bumi untuk mengalap berkah dan keselamatan. Tradisi ini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat Magelang.

Baca Ini Juga Yaa…! Taman Kyai Langgeng

Dengan adanya kegiatan itu, saya beserta teman-teman blogger lainnya berkesempatan untuk menyaksikan prosesi ruwat Bumi di Gunung Tidar Magelang. Ruwat bumi tersebut termasuk dalam serangkaian acara Festival Tidar yang diadakan rutin setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata dan olahraga Kota Magelang.

gunung tidar magelang

Acara ruwat bumi

Berkunjung ke Kota Magelang ini sudah beberapa kali saya lakukan, namun untuk masuk ke Gunung Tidar Magelang atau sampai puncak Tidar, saya belum pernah melakukannya. Maka kesempatan untuk berkunjung ke Gunung Tidar merupakan pengalaman pertama bagi saya.

Ketika saya menampakkan kaki pertama kali di Kawasan Gunung Tidar, saya melihat sebuah pemandangan ribuan pohon cemara yang tumbuh subur dan lebat. Setelah kaki saya melangkah lebih jauh menaiki anak tangga saya melihat sebuah pemanandangan yang epik di belakang saya. Yaitu pemandangan sebuah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang nampak biru didominasi warna langit yang cerah dan awan putih. Sayang sekali, ketika saya ingin mengarahkan kamera ke kesana, pandangan terhalang oleh beberapa kabel listrik yang membentang.

Gunung Tidar Sebagai Tempat Tujuan Wisata Religi

Tak lama saya menapaki anak tangga, saya menjumpai sebuah makam Syaikh Subakir. Konon, Syaikh Subakir merupakan penakluk Gunung Tidar dengan mengalahkan jin penunggu Gunung Tidar. Meskpun hal ini belum ada bukti untuk menyakinkan cerita tersebut.

gunung tidar magelang

Situs R. Pangeran Purboyo di puncak gunung Tidar

Tak jauh dari makam Syaikh Subakir terdapat makam Kyai Sepanjang. Makam ini nampak unik, karena memiliki panjang sekitar 7 meter. Menurut cerita, Kyai Sepanjang adalah nama tombak yang dibawa dan digunakan untuk mengalahkan Jin penunggu Gunung Tidar pada saat itu.

Pada hari tertentu, dapat kita jumpai beberapa pengunjung yang datang untuk berwisata religi. Tak jarang juga mereka berziarah di makam yang ada di Gunung Tidar.

Sesampainya di puncak Gunung Tidar, ada sebuah makam dengan dengan bangunan mirip kukusan terbalik (tumpeng raksasa) berwarna kuning. Masyarakat setempat meyakini bahwa makam tersebut adalah makam Kyai Semar.

gunung tidar magelang

Situs makam kyai Semar

Menurut cerita warga, Kyai Semar adalah jin penunggu Gunung TIdar, namun ada pula yang menyebutkan bahwa Kyai Semar tersebut adalah salah satu tokoh dalam pewayangan. Entah mana yang benar. Semua tergantung pada keyakinan masing-masing.

Suasana di Gunung Tidar pada saat itu terbilang ramai pengunjung, lantaran sebuah acara ruwat bumi yang diselenggarakan di puncak Gunung Tidar. Para warga berbondong-bondong memikul tumpeng yang nantinya akan dimakan bersama-sama setelah acara selesai. Tak ketinggalan sesaji berupa tujuh rupa sebagai persembahan.

Transportasi Dan Akomoadasi Menuju Gunung Tidar

Untuk menuju Gunung Tidar bukanlah sebuah perkara yang sulit. Bila kalian mengawali perjalanan dari Semarang seperti saya, maka kalian cukup menumpang Bus yang hendak melaju ke arah Yogyakarta dan dapat mengakhiri perjalanan di terminal Magelang atau Artos Mall lalu melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum nomor 2. Atau alternatif lain kalian dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi.

Untuk penginapan kalian bisa memilih bergam jenis penginapan yang ada di sekitar Kota Magelang dengan tarif mulai Rp100.000 hingga Rp1.000.000 tergantung jenis hotel yang akan kalian pilih. Sesuaikan dengan budget kalian.

Nah, bila kalian ingin datang ke Gunung Tidar untuk berziarah, siapkan stamina yang fit, ya! Untuk menaiki ribuan anak tangga.

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel di Semarang, Wisata di Semarang, dan Tiket pesawat Jakarta Semarang 

 

(Visited 137 times, 1 visits today)

About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Gunung Tidar Magelang Wisata Religi dan Sejarah' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool