Brubus Ikan

Gurami Lempung Bakar Di Pemancingan Brubus

Gurami Lempung Bakar Di Pemancingan Brubus
5 (100%) 2 votes

Ada  banyak sekali pilihan dan alternatif wisata kuliner saat kita melakukan perjalanan  Wisata ke Semarang dan sekitarnya, termasuk Demak Kota Wali.   Salah satunya adalah kolam pemancingan Brubus, sekitar sepuluh menit perjalanan dari pusat kotanya.

Pertama kali aku dan keluarga pergi ke pemancingan Brubus dulu waktu lebaran tahun 2010. Pas tahu ternyata pemiliknya pernah berangkat haji pada tahun 2009  (tahun yang sama dengan kami, aku dan adik-adikku  yang kubagi kisahnya di Miss Backpacker Naik Haji) kami jadi lebih sering berkunjung ke sana.

Dari arah pasar Demak, belok kiri kita bisa  berkendara  melalui jalan sepanjang sungai kracakan. Sesampai jembatan yang ada di depan bangunan SD, kita belok kanan menyeberangi jembatan dan sampailah kita di pojok menuju pemancingan Brubus yang ditandai dengan plang di sudut jalan.

Pemancingan Brubus

Tempatnya lumayan asoy. Tidak terlalu jauh dari pusat kota, tapi juga tidak bising dan langsung pepet dengan sawah dan sungai. Alami, natural dan menenangkan.

Pemancingan Brubus

Teman-teman guru PAUD maupun TPQ, juga teman-teman SMA yang suka reuni-an, seringnya memilih tempat ini dibandingkan yang lainnya. Bahkan setelah banyak sekali tempat makan bertaburan dan hadir di kota kecil kami.

Belakangan kemudian aku baru tahu kalau dari semua pemancingan di kota wali, Brubus inilah yang paling nikmat masakannya. Baik bakaran dan gorengan ikannya, maupun sambalnya. Favoritku selain pecel lele (yang memang masakan kesayangan sejak aku masih orok) adalah nila bakar.

Pemancingan Brubus

Tapi sesungguhnya menu andalan kolam pemancingan Brubus yang legendaris adalah gurami garang asem dan bakar lempung. Kedua menu itu konon menjadi masakan yang paling banyak dipesan. Cara pembuatan gurami bakarnya adalah melapisi  kulit ikan dengan lempung lalu dibungkus daun pisang. Setelah terbungkus, baru dibakar yang di dalamnya diberi lempung.  Ketika daun terkelupas bersama lempung, berarti ikan telah matang. Makanan ini terasa berbeda dengan bakar biasa. Apalagi ketika disajikan dengan bumbu asem manis.

Kedua jenis masakan tersebut memiliki bumbu khusus yang tidak ditemukan di rumah makan lain. Keistimewaan ikan ternyata karena mempunyai kandungan minyak hewani yang cukup banyak. Minyak tersebut membuat seluruh dagingnya terasa gurih dan semua bumbu merasuk ke dalam daging.

Setiap porsi garang asem ikan gurami Rp 17.500/porsi, sedangkan bakar lempung Rp 30.000/kg.

Berbagai jenis ikan lainnya adalah bawal, lele, nila, tawes, tombro dan patin. Terdapat 12 kolam dengan berbagai jenis ikan tyang dapat ditangkap dengan pancing. Fasilitas pancing tersedia secara gratis bagi pengunjung.Untuk berbagai jenis ikan itu dijual dengan harga bervariasi antara 30 ribu hingga Rp 40 ribu/kilogram.

Keunikan lain, sambalnya memakai bahan dasar buah. Ada sambal tomat buah, sambal terasi buah, sambal kacang buah. Buah yang dipergunakan untuk sambal antara lain, mangga, jambu, belimbing dan kedondong. Sambal tomat buah langsung tersebut disiramkan pada ikan yang masih hangat, sehingga makin membangkitkan nafsu makan. Apalagi bau harum ikan bakar disertai wewangian buah membuat hidangan terasa spesial.

Pemancingan Brubus

Hmmm….ladziiiiidz deh. Jadi gimana nih? Mau ngabuburit di sana sembari memancing ikan dan berbuka dengan masakannya yang lezat?

Jangan sampai lewatkan tempat ini jika sedang berkunjung ke Demak ya? Bungkus juga oleh-oleh untuk orang-orang di rumah.

(Visited 632 times, 2 visits today)


About

penikmat hujan, pecinta purnama.


'Gurami Lempung Bakar Di Pemancingan Brubus' have 5 comments

  1. July 7, 2015 @ 4:40 am Hidayah Sulistyowati

    Asiikkk tuh bandeng bakar lempung, bisa buat oleh2 sepulang dari Kudus pas lebaran hari ketiga. Etapi lebaran buka nggak mbak?

    Reply

    • July 7, 2015 @ 7:13 pm dian

      lebaran buka, mbak. wong kita suka halal bihalal di situ juga. tapi kalau hari H idul fitri kayaknya enggak buka ya.

      Reply

      • July 16, 2016 @ 1:14 pm Iefa

        Mba satu porsinya berapa ya. Misal ikan 1kilo nasi 1bakul sama minumnya abis berapa kira2 (not: kalo 1kg itu biasanya dapet berapa ikan gurame nya.

        Reply

  2. July 10, 2015 @ 8:37 am Uniek Kaswarganti

    Mbak, trus apakah ikannya ndak kotor ketempelan lempung itu? Blm bisa mbayangin nih hihihiii….

    Reply

    • July 24, 2015 @ 2:23 pm Dian Nafi

      Kan lempungnya bersih dan suci, mbak. Ahahaha….setelah dilempung-in, dibersihin lagi dong. jadi berasa aromanya saja, tapi tidak fisik lempungnya 😀

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool