Gurihnya Getuk Kethek “Satu Rasa” Khas Salatiga

Gurihnya Getuk Kethek “Satu Rasa” Khas Salatiga
2.33 (46.67%) 3 votes

Selain loenpia, Wingko Babat, Bandeng Presto, maupun roti Gandjel Rel. Kuliner di Semarang yang satu ini juga wajib Anda nikmati ketika sedang melancong ke sebelah Selatan Kota Semarang. Satu lagi kuliner yang akan saya ulas kali ini adalah Getuk Kethek. Getuk Kethek adalah sebuah kuliner atau jajanan yang cukup populer dari Kota Salatiga Kabupaten Semarang. Mengapa namanya Getuk Kethek?

Getuk kethek ini sebenarnya adalah Getuk Satu Rasa. Awal mula dari penamaan Getuk Kethek ini karena pemilik usaha memelihara seekor monyet di haalaman rumahnya. Sehingga beberapa konsumen yang membeli getuk tersebut lebih mudah mengingat dan menyebutnya dengan nama Getuk Kethek (monyet). Cukup unik dari sisi namanya, namun dari segi rasanya jauh lebih gurih pastinya. Berbahan dasar layaknya getuk pada umumnya, Gethuk Satu Rasa ini dibuat dari campuran parutan ketela pohon pilihan, parutan kelapa dan gula pasir.

getuk-satu-rasa

getuksaturasa[dot]blogspot[dot]com

Sejak dari awalnya memang getuk ini hanya memiliki satu rasa. Maka dari itu nama sebenarnya adalah Getuk Satu Rasa. Mengapa satu rasa? Karena memang bahan dasar untuk membuatnya sangat sederhana sekali. Warnanya putih, disajikan dalam ukuran sebesar jempol tangan. Komposisi serutan kelapa dan gula pasirnya menghasilkan rasa gurih, tapi tak terlalu manis. Lebih enak langsung disantap tanpa diberi apa pun. Tak perlu menambah gula jawa yang dilumerkan dengan serutan kelapa atau pun susu. Langsung santap, lebih nikmat jika dimakan dengan secangkir kopi atau pun teh hangat dipagi hari.

Berbeda dengan getuk dari Magelang ataupun getuk goreng ala Sokaraja yang mempunyai tekstur lebih padat dan agak kasar, Gethuk Kethek ini terasa sangat istimewa karena teksturnya begitu lembut dan ringan ketika dimakan. Gethuk Kethek ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga tidak bisa tahan lama. Lewat dari satu hari saja getuk ini dipastikan sudah basi. Namun itulah yang menunjukkan bahwa jajanan Getuk ini terbebas dari bahan pengawet maupun pewarna makanan. Jadi selain nikmat juga sehat.

getuk-kethek

Bagi yang penasaran ingin mencoba Getuk Kethek ini, ada di Jl. Argo Tunggal No. 9 Argo Mulyo Salatiga dan juga membuka cabangnya di Ungaran yang ada di Jl. Slamet Riyadi No. 1 Ungaran (belakang DPRD). Jangan heran nantinya ketika membeli Getuk ini karena selalau ramai pembeli setiap harinya. Jadi Anda harus siap mengantri. Dijamin 100% tanpa bahan pengawet dan pembeli pun juga bisa menyaksikan proses cara pembuatannya secara langsung mulai dari pengukusan, pencetakan sampai pada pengemasannya diperlihatkan secara langsung kepada calon pembeli. Getuk Kethek ini buka dari pagi – sore. Jadi bisa dipastikan Anda datang di malam hari tidak akan dilayani kecuali Anda sudah membuat janji terlebih dahulu.

(Visited 8,335 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'Gurihnya Getuk Kethek “Satu Rasa” Khas Salatiga' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool