Ingin Tahu Catatan Rekor di Indonesia, MURI Semarang Tempatnya

Rekor merupakan sebuah capaian tertinggi dalam suatu bidang. Tentu sangat menarik mengetahui berbagai catatan rekor yang telah diciptakan. Apa saja rekor yang telah mampu diraih di Indonesia? Liburan di Semarang bisa jadi jawabannya, karena di kota ini lah terdapat Museum Rekor-Dunia Indonesia atau biasanya disingkat MURI.

Keberadaan MURI di Semarang tidak lepas dari prakarsa dari Jaya Suprana. Pengusaha jamu yang juga dikenal sebagai budayawan ini mendirikan MURI dalam satu lokasi dengan perusahaannya. Yaitu di kawasan industri Jamu Jago Srondol Semarang. Museum ini telah resmi dibuka sejak 27 Januari 1990, diresmikan oleh para pejabat saat itu, yaitu Menko Kesra Soepardjo Roestam dan Menko Polkam Soedomo.

Sejak pertama didirikan masyarakat sangat antusias dengan keberadaan MURI. Hampir setiap hari penciptaan maupun pemecahan rekor terjadi di berbagai daerah, dari kota besar sampai pedesaan di Indonesia. Rekor-rekor yang diciptakan masyarakat untuk MURI bukan hanya rekor-nasional namun juga rekor-dunia.

Galeri MURI Semarang

Berbagai catatan rekor tersebut bisa kita liat saat memasuki gedung dua lantai yang terletak tidak jauh dari Kampus Universitas Diponegoro Tembalang ini. Deretan foto dengan catatan rekor di dalamnya, serta piagam dan piala tampak tertata rapi, sehingga memudahkan pengunjung untuk melihatnya.

Memiliki luas ruang sekitar 600 m2, Gedung MURI terdiri dari ruang eksibisi data dan foto MURI, serta balai pertemuan dan ruang eksibisi Museum Jamu Jago. Keberadaan ruang eksibisi Museum Jamu Jago tentu memperkaya pengetahuan pengunjung. Karena pengunjung bisa melihat berbagai foto dan benda bersejarah perusahaan Jamu Jago, yang didirikan sejak tahun 1918.

Di tengah ruangan museum tampak kursi yang berjejer rapi, sehingga bisa menjadi ruang jeda saat melihat berbagai koleksi rekor yang ada. Atau jika datang secara rombongan bisa menggunakannya untuk mendengarkan keterangan dari pengelola museum. Penempatan kursi-kursi di tengah, juga membuat ruangan museum ini jadi terlihat lebih lega di antara deretan galeri catatan rekor yang ada.

Ruang MURI Semarang

PESAN TIKET MURAH DI EZYTRAVEL

Keberadaan MURI di Semarang tentu merupakan nilai tambah bagi pariwisata di Semarang. Karena MURI merupakan lembaga pertama di Indonesia yang khusus menghimpun data-data rekor superlatif di Indonesia. Berbagai data rekor superlatif yang dibuat oleh putra-putri Indonesia ini tentu bisa menjadi inspirasi untuk selalu berjuang mempersembahkan karsa dan karya yang terbaik di bidang keahlian masing-masing.

Museum yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan 275 Semarang ini terbuka untuk kunjungan umum tanpa dipungut biaya, setiap hari kerja Senin sampai Jumat, mulai pukul 09.00 โ€“ 14.00. Bagi kunjungan rombongan turis, siswa sekolah, lembaga dianjurkan membuat reservasi kunjungan dengan terlebih dahulu menghubungi pihak MURI. Selain di Semarang, mulai tahun 2014 MURI juga membuka Galeri di Mall of Indonesia, Jakarta yang khusus menampilkan rekor-rekor dunia.

Ingin Tahu Catatan Rekor di Indonesia, MURI Semarang Tempatnya
5 (100%) 1 vote
(Visited 933 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Ingin Tahu Catatan Rekor di Indonesia, MURI Semarang Tempatnya' have 17 comments

  1. March 3, 2015 @ 10:47 am Sriyono Suke

    Banyak yang ngiranya MURI itu di Jakarta sono… ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 5, 2015 @ 1:38 pm munif

      bener juga ternyata banyak yg belum tau muri di semarang, untung aku posting di sini jadi pada tau :))

      Reply

  2. March 3, 2015 @ 11:02 am rahmiaziza

    waah asiik gratis ya masuknya *itu yang paling penting ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Reply

  3. March 3, 2015 @ 11:14 am Hidayah Sulistyowati

    Kalo tiket masuk gratis gini kan bisa diakses semua lapisan masyarakat ya ๐Ÿ˜€

    Reply

  4. March 3, 2015 @ 11:26 am munif

    kapan-kapan kita bikin rekor posting bareng terbanyak… :))

    Reply

  5. March 3, 2015 @ 11:30 am munif

    kapan-kapan kita bikin rekor posting blog bersama terbanyak di dunia… ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 4, 2015 @ 10:43 am Uniek Kaswarganti

      Ide bagus ini Mas Munif ๐Ÿ™‚

      Reply

      • March 5, 2015 @ 1:35 pm munif

        rekor terakhir klo ga salah 2012 blogger posting bersama, berarti harus bikin di atas itu… ๐Ÿ™‚

        Reply

  6. March 3, 2015 @ 3:54 pm Iyan Ferdian

    belum pernah kesana ๐Ÿ˜€

    Reply

  7. March 3, 2015 @ 8:03 pm LESTARI

    Baru tauu kalau Rekor Muri di Semarang *katrok.
    Kapan-kapan piknik ke sini yuuukkk. Yang penting grates ๐Ÿ˜€

    Reply

  8. March 4, 2015 @ 1:24 am Dewi 'Dedew' Rieka

    Dakuw kudet banget baru tahu ini ๐Ÿ˜€

    Reply

  9. March 5, 2015 @ 9:57 am Kartika Dwiputriani

    aaaaaaaa pengen dateng ke sini kalo ke Semarang!
    Salam kenal dari hellobogor ๐Ÿ˜€

    Reply

    • March 5, 2015 @ 1:33 pm munif

      salam kenal juga mba, ayo wisata ke semarang… ๐Ÿ˜€

      Reply

  10. March 5, 2015 @ 1:28 pm Slamet Riyadi

    kalau aku malah mengiranya disana itu cuma pabrik jamu

    Reply

  11. March 5, 2015 @ 1:37 pm Inung Djuwari

    sering lewat tapi belum pernah mampir ๐Ÿ˜€

    Reply

  12. March 6, 2015 @ 12:32 am Dian Nafi

    wah, jadi pengen lihat dalemannya. selama ini cuma lewat aja ๐Ÿ˜€

    Reply

  13. March 7, 2015 @ 7:41 pm Johanis Adityawan

    penasaran ada rekor apa aja yang kira2 bisa dikalahin hehe

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool