Inilah Prosesi Potong Rambut Gimbal di Dieng Culture Festival!

Ezytravelers tentunya pernah mendengar Dieng Culture Festival kan? Festival ini digelar setiap tahun? Ada yang unik mengenai Festival Dieng ini. Salah satunya adalah “Potong rambut gimbal”. Mungkin bagi kalian yang belum tahu bisa menyimak bahasan berikut.

dieng culture festival

Potong rambut yang dilakukan di Dieng bukanlah sebuah acara potong rambut biasa. Namun sebuah prosesi sakral. Anak yang lahir di Dieng dengan rambut gimbal merupakan anak titisan leluhur suku Dieng. Oleh karena itu harus ada prosesi sakral untuk memotong rambutnya.

Ada sebuah kepercayaan tersendiri dalam prosesi potong rambut gimbal pada acara Dieng Culture Festival

Bila Ezytravelers datang ke Dieng Culture Festival dan bertemu dengan salah seorang anak yang berambut gimbal. Bisa dipastikan dia adalah anak suku Dieng. Mereka adalah anak-anak yang dianggap ajaib  menurut kepercayaan setempat.

Dianggap sebagai titisan dewa. Mereka pun dianggap memiliki keberuntungan sendiri. Dengan adanya anggapan-anggapan tersebut maka perlakuannya pun istimewa bahkan untuk memotong rambutnya sekalipun.

Harus ada upacara khusus untuk memotong rambut anak-anak Dieng

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival

Ada sebuah kepercayaan yang diyakini masyarakat Dieng mengenai prosesi potong rambut ini. Salah satunya adalah adanya ritual khusus dalam proses potong rambut saat Dieng Culture Festival berlangsung. Jika tidak ada upacara khusus konon sang anak akan mudah sakit dan bisa membawa bencana bagi keluarganya.

Salah satu syarat potong rambut ini adalah, harus berasal dari keinginan sang anak sendiri. Selain itu sang anak harus dicukupi segala permintaannya. Anehnya, kadang permintaan sang anak suka tidak masuk akal seperti minta kambing, atau minta barang milik tetangga. Meskipun begitu permintaan tersebut harus dipenuhi.

Rambut mereka dipotong oleh pejabat daerah setempat

Setelah semuanya setuju, maka prosesi potong rambut pun bisa dilaksanakan. Anak-anak yang akan dipotong rambutnya diajak dalam prosesi kirab dari rumah pemangku adat Desa Dieng. Anak-anak kemudian diarak menuju kompleks candi Arjuna dengan menggunakan delman. Mereka menggunakan baju serba putih dan ikat kepala berwarna putih pula.

Setelah itu, mereka secara bergantian melakukan prosesi potong rambut oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Setelah prosesi potong rambut selesai, maka rambut mereka dilarung di Telaga Balekambang.

Ezytravelers bisa menyaksikan prosesi potong rambut ini pada serangkaian Dieng Culture Festival 2017 nanti

Mungkin bila di antara kalian masih banyak yang penasaran dengan ritual adat di Dieng. Kalian bisa menyiapkan dana untuk merencanakan pergi ke Festival Dieng yang jatuh pada Bulan Agustus mendatang. Acara ini sudah menjadi agenda tahunan.

Saatnya explore Semarang! Ambil promo Tiket pesawat ke Semarang dan Hotel di Semarang yang murah banget. Bisa juga nih kalau mau tour murah keliling dunia, cek di: Paket tour murah

Acara tersebut ramai digelar dan dihadiri oleh sejumlah orang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak higga orang dewasa. Rangkaian acaranya pun banyak sekali. Selain potong rambut gimbal. Banyak sekali acara-cara hiburan yang dapat Ezytravelers saksikan bila datang ke sana. Biasanya ada pagelaran jazz atas awan, pelepasan ratusan lampion dan masih banyak lagi.

Kalian harus merencanakan jadwal cuti di bulan Agustus mendatang. Jangan sampai ketinggalan momen menarik ini ya! Serangkaian acara tersebut dinamakan Dieng Culture Festival. Kalian bisa kok mengikuti open trip yang dibuka oleh sejumlah kalangan.

Pemandangan Dieng pun sungguh memikat hati

Selain mengikuti serangkaian acara DCF maka kalian pun bisa semata-mata menikmati pemandangan alam yang ada di sekitaran Dieng. Wisata budaya dan wisata alam dapat kalian eksplorasi lebih dalam. Tak rugi bila kalian datang ke Dieng pada saat acara tersebut.

Persiapan trip pun bisa kalian rancang mulai hari ini. Selain ikut open trip kalian juga bisa datang sendiri untuk menikmati destinasi wisata dan menikmati prosesi ritual yang sudah di jadwalkan. Udara dingin yang kalian rasakan pun bisa kalian halau dengan menyeduh purwaceng, salah satu minuman asli Banjarnegara.

***

Nah, bagaimana? Kalian masih penasaran dengan prosesi potong rambut gimbal anak-anak Dieng? Buruan atur jadwal untuk datang ke Dieng saat acara tersebut dimulai.

Inilah Prosesi Potong Rambut Gimbal di Dieng Culture Festival!
5 (100%) 1 vote
(Visited 55 times, 1 visits today)


About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Inilah Prosesi Potong Rambut Gimbal di Dieng Culture Festival!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool