ikonik di semarang

Inilah Rute Perjalanan ke Tempat Ikonik di Semarang Dalam Waktu Sehari!

Ezytravelers, jalan-jalan ke tempat ikonik di Semarang yuk! Tak perlu membutuhkan waktu berhari-hari untuk jalan-jalan ke tempat tersebut. Terutama bagi kalian yang berasal dari luar kota, dan pengen eksis saat berada di Semarang. Wajar lah ya, foto-foto di tempat ikonik ketika kita datang ke tempat tersebut. Kali ini saya akan berbagi tips dan pengalaman untuk melakukan trip ke tempat ikonik di kota Semarang dalam waktu sehari.

Bagi kalian yang tiba di Semarang melalui Bandara Ahmad Yani, kalian dapat melakukan rute perjalanan sebagai berikut:

1. Belajar Sejarah di Museum Ranggawarsita.

Carilah transportasi yang aman dan nyaman menurut Ezytravelers untuk keluar dari kawasan bandara. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Museum Ranggawarsita, yang berada tak jauh dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Di sana kalian dapat melihat beragam koleksi museum dan belajar tentang sejarah.

ikonik di semarang

Salah satu koleksi yang ada di Museum Ranggawarsita Semarang

Museum Ranggawarsita dapat kalian kunjungi pada hari Selasa – Jumat pukul 7.30 – 15.30 dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 14.00. Kalian bisa meminta ditemani guide museum yang ramah dan kalian akan tahu perihal sejarah dan cerita akan benda-benda koleksi yang ada di dalam museum.

2. Klenteng Sam Po Kong Yang Melegenda

Setelah kalian puas muter-muter Museum, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Klenteng Sampokong salah satu tempat ikonik di Semarang. Tempat ini tak kalah populer di Semarang. Di sana kalian dapat melihat sebuah bukti sejarah datangnya Laksamana Ceng Ho dan para prajuritnya yang konon terdampar di Semarang.

ikonik di semarang

salah satu patung yang berada di Klenteng Sam Po Kong

Kosongkan memori kalian dan jangan biarkan baterai kamera kalian kosong, karena kalian akan menyesal bila sampai tidak puas berfoto di tempat ini. Cukup keluarkan uang Rp. 5.000 saja kalian bebas berfoto di area Klenteng Sam Po Kong.

Baca Juga: Kebun Durian Watu Simbar di Semarang

3. Ikon Kota Semarang yang Tak Dapat Terlupakan, Tugumuda

Ke Semarang, tak mampir ke Tugu Muda? Berati perjalanan kalian kurang sah! Memori kamera kalian masih sisa, kan? Yuk foto-foto di Tugumuda dan pamerkan pada temanmu, bila kalian sudah sampai di Semarang. Dari Klenteng Sampokong, kalian dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju Tugumuda menggunakan taksi, atau ojek.

ikonik di Semarang

Mampirlah ke Tugumuda, sebuah monumen bukti perjuangan para pahlawan di Semarang pada pertempuran 5 hari Semarang. Untuk masuk ke area Tugumuda kalian tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, karena kawasan ini bebas biaya.

4. Museum Mandala Bhakti Yang Sering Terlupakan 

Nah, kalian sudah sampai di Tugumuda? Mampirlah ke Museum Mandala Bhakti. Tempat ini kerap kali dilupakan oleh para wisatawan, padahal letak museum ini tak jauh dari Tugumuda yang kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan.

ikonik di semarang

photo by semarangplus

Museum Mandala Bhakti merupakan museum perjuangan TNI yang terletak di sekitar kawasan Tugu Muda. Bangunan Museum ini dirancang oleh arsitek Belanda I.Kuhr E. dari Firma Ooiman dan Van Leeuwen. Bangunan Museum Bhakti Mandala awalnya digunakan untuk sebagai Raad Van Justitie atau pengadilan tinggi bagi rakyak Eropa di Semarang.

Bangunan yang masih terlihat kokoh ini diperkirakan dibangun pada tahun 1930. Kalian dapat berkunjung ke Museum ini pada hari Selasa-Kamis pada pukul 08.00-18.00, Jumat pada pukul 08.00-10.30 dan pada hari Minggu pukul 08.00-12.00. Jangan datang di hari Senin dan hari libur nasional, karena museum tutup pada hari tersebut.

5. Historikal Lawang Sewu dan Keunikannya

Masih kurang lengkap bila kalian sudah jalan-jalan menyambangi Tugumuda dan Museum Mandala Bhakti, tapi tidak mampir ke Lawang Sewu yang merupakan tempat ikonik di Semarang. Sempatkan mampir ke Lawang Sewu untuk menghitung pintu yang ada di bangunan tersebut, benarkah berjumlah seribu? Gedung tua ini merupakan gedung bersejarah di kota Semarang.

ikonik di semarang

Salah satu sisi Lawang Sewu

Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 menelan biaya yang cukup mahal karena material Lawang Sewu diimpor dari Eropa dengan pesanan khusus. Tak heran bila bagunan ini masih nampak kokoh meski sempat mangkrak bertahun-tahun.  Namun kini, bila kalian datang ke Lawang Sewu kalian dapat menikmati pemandangan bangunan yang indah setelah proses renovasi.

Untuk masuk ke Lawang Sewu, kalian cukup membayar dengan satu lembar uang Rp. 10.000-an tanpa guide. Lawang sewu dapat dikunjungi hingga malam hari, tapi HTM yang dikenakan agak sedikit mahal karena pengunjung harus didampingi oleh pemandu.

6. Belanja Oleh-oleh dan Menyantap kuliner khas kota Semarang

Sudah jalan-jalan ke tempat ikonik di Semarang, sekarang saatnya untuk mencicipi kuliner khas Semarang dan membeli oleh-oleh. Dari Lawang Sewu, kalian dapat berjalan kaki sedikit ke arah Pandanaran. Sekitar 100 meter terdapat shelter shuttle bus wisata plat merah. Kalian dapat menumpang shuttle bus tersebut menuju PKL Jalan Batan Mintoro untuk mencicipi berbagai macam kuliner yang ada di Semarang. Selain itu, kalian juga dapat menumpang bus tersebut sampai ke Jalan Pandanaran untuk membeli beraneka ragam oleh-oleh khas Semarang.

ikonik di semarang

photo by hellosemarang

Untuk rute shuttle bus tersebut mulai dari PKL Jalan Batan Mintoro, Jalan Thamrin, Jalan Pandanaran, memutar di Tugumuda – Jalan Pandanaran – Jalan Kyai Saleh (MC’D Pandanaran) – Kembali ke PKL Jalan Batan Mintoro. Dengan interval waktu 15 menit dan jam operasional pukul 09.00 – 22.00. Dengan armada Isuzu plat merah berkapasitas 16 orang. Mobil ini merupakan fasilitas untuk para wisatawan yang datang ke Semarang. Uniknya shuttle bus tersebut bergambar tempat ikonik di Semarang.

Gimana? Kalian penasaran ingin mencoba rute trip tersebut? Yuk, datang ke Semarang dan perbanyak koleksi foto kalian di tempat-tempat ikonik di Kota Semarang.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini:  Paket Wisata, hotel di Semarang, dan paket tour murah

Sumber Foto : Seputar Semarang, ransel wisata, jejak jelata, Semarang plus,

Inilah Rute Perjalanan ke Tempat Ikonik di Semarang Dalam Waktu Sehari!
5 (100%) 1 vote
(Visited 131 times, 1 visits today)

About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Inilah Rute Perjalanan ke Tempat Ikonik di Semarang Dalam Waktu Sehari!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool