Jalan-Jalan ke Kebun Teh Kemuning, Kabupaten Karanganyar

Halo Ezytravelers, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki banyak perkebunan teh. Setiap perkebunan teh di Indonesia menghasilkan cita rasa teh yang berbeda-beda. Perkembunan teh tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Di Provinsi Jawa Tengah sendiri terdapat beberapa perkebunan teh, salah satunya adalah Kebun Teh Kemuning, Kabupaten Karanganyar.

Kebun teh Kemuning terletak di desa Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kebun teh Kemuning terletak di kaki gunung Lawu. Sekitar 28 Km dari kota Solo atau kota Surakarta. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil, bus dalam waktu 1-2 jam perjalanan dari kota Solo. Rata-rata suhu disini sekitar 20 derajat celcius. Kebun teh Kemuning memiliki luas 437 Ha dengan ketinggian antara 800 hingga 1.540 mdpl. Kebun teh Kemuning merupakan salah satu destinasi wisata di Karanganyar dan Jawa Tengah.

 

Dari awal berdirinya hingga sekarang, kebun teh Kemuning telah dikelola  oleh beberapa pihak. Kebun teh ini pertama kali dikelola oleh pemerintahan kolonial Belanda dengan nama NV. Cultur Mascave Kemuning. Kemudian pada tahun 1925, pengelolaan diserahkan kepada Johan dan Van Mender Voort. Setelah masa kemerdekaan, pengelolaan kebun teh Kemuning diserahkan kepada Mangkunegeran Surakarta. Pada tahun 1948-1950, kebun teh Kemuning dikelola oleh Pemerintah Militer Republik Indonesia. Singkat cerita, pada tahun 2004 PT. Astra Agro Lestari selaku pengelola mengalami kebangkrutan. Mulai saat itu hingga sekarang, pengelolaan diambil alih oleh PT. Sumber Abadi Tirta Sentosa.

kebun teh kemuning

 

Untuk memasuki kawasan kebun teh, setiap pengunjung akan dikenakan retribusi tiket masuk. Setelah itu pengunjung bisa langsung menikmati suasana kebun teh. Seperti kebun teh lainnya, kebun teh Kemuning menawarkan pemandangan hamparan kebun teh yang sangat luas dan udara yang sejuk. Pengunjung juga bisa melihat gagahnya gunung Lawu dari kawasan kebun teh. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor atau trekking untuk berkeliling kawasan kebun teh. Jalan berupa bebatuan yang disusun dengan lebar sekitar 4 meter yang bisa dilalui mobil.

Tidak hanya menikmati pemandangan, berbagai aktivitas bisa dilakukan ketika berada di kebun teh Kemuning. Seperti trekking, camping, bersepeda, outbond, dan memotret pemandangan hamparan kebun teh. Bagi kalian yang suka selfie, kebun teh Kemuning sangat instagramable banget. Sangat cocok untuk di-posting di akun media sosialmu, khususnya instagram. Selain itu, kebun teh Kemuning sering digunakan untuk olahraga paralayang.

kebun-teh

Selama di kebun teh Kemuning, pengunjung juga bisa melihat para pemetik daun teh. Mereka akan menyambut para pengunjung dengan ramah. Mereka sudah mulai memetik daun teh sejak matahari terbit hingga siang hari. Banyak banyak hal yang bisa jadi bahan obrolan dengan mereka, mulai dari cara dan waktu terbaik untuk memetik daun teh, berapa lama mereka bekerja, upah yang mereka dapatkan dari memetik daun teh, hingga proses pengolahan daun teh sampai menjadi produk teh yang siap untuk disajikan.

pemetik-teh kebun teh kemuning

 

Kebun teh Kemuning sangat cocok sebagai lokasi liburan bareng keluarga dan teman-teman. Memanfaatkan waktu libur untuk melepas lelah dan penat sekaligus menambah keharmonisan dalam keluarga. Anak-anak bisa mencoba berbagai aktivitas, dan lebih mengenal dan dekat dengan alam. Orang tua bisa menikmati udara segar pegunungan dan hamparan kebun teh bareng sambil melihat anak-anak mereka bermain.

Setelah puas menikmati pemandangan hamparan kebun teh bersama keluarga, kini waktunya untuk santap siang. Di kawasan kebun teh terdapat beberapa tenda-tenda yang menjual makanan dan minuman. Mulai dari nasi rames, ayam goreng, bakso, sate, hingga wedang ronde. Selain itu, pengunjung bisa memilih beberapa rumah teh yang ada di sekitar kebun teh. Beberapa rumah teh menyediakan beberapa varian rasa teh, seperti teh rasa jasmine tea, green tea, orange tea, lemon tea, peach tea, ocha tea, mint tea, chinese tea, white tea, blackcurrant tea, dan blueberry tea. Rumah teh tersebut juga menyediakan berbagai cemilan dan makanan yang patut untuk dicicipi. Kapan lagi bisa menyesap secangkir teh sambil menikmati hamparan kebun teh.

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Cari hotel di Semarang, Promo menarik, dan Tiket murah ke Semarang
Jalan-Jalan ke Kebun Teh Kemuning, Kabupaten Karanganyar
5 (100%) 1 vote
(Visited 135 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Jalan-Jalan ke Kebun Teh Kemuning, Kabupaten Karanganyar' have 2 comments

  1. January 2, 2017 @ 1:55 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    Pemandangannya asik banget kenu teh kemuning ini ya

    Reply

    • January 3, 2017 @ 12:58 pm Rivai Hidayat

      Iyaa mbak dewi. Suasananya juga bikin betah di sana

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool