Ngabuburit di Semarang

Jalan Pahlawan, Tempat Ngabuburit Anak Muda Semarang

Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk mengisi waktu menunggu saat buka puasa atau yang lebih populer disebut ngabuburit. Di Kota Semarang, ada beberapa tempat favorit yang sering digunakan oleh anak-anak muda untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Ngabuburit di Semarang

Salah satu lapak di Jl Pahlawan Selama Ramadhan

Salah satu tempat yang selalu ramai dijadikan tempat tujuan untuk ngabuburit adalah di Kawasan Jalan Pahlawan yang merupakan jalan penghubung utama menuju Simpang Lima. Tiap menjelang waktu berbuka hingga malam hari, jalan ini didatangi ribuan orang. Tempat yang lapang, terang, dan tersedianya aneka jajan membuat malam di Jalan Pahlawan Semarang selalu ramai, terutama saat akhir pekan.

Ngabuburit di Semarang

Menanti tiba buka puasa di Jl Pahlawan

Dulu, Jalan Pahlawan ramai karena menjadi pusat perkantoran pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selain kantor Gubernur dan DPRD Jawa Tengah, di sini juga terdapat perkantoran penting lainnya seperti Polda Jateng, Kejaksaan Tinggi Jateng, Disperindag Jateng, BPS Jateng serta Perum Perhutani.

Sejak awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata Jalan Pahlawan. Trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang menjadi lebih luas dan lapang. Lampu-lampu kota dipercantik, fasilitas tempat sampah ditambah, pohon-pohon baru juga ditanam di sepanjang trotoar. Bagi yang pernah lewat Jalan Pahlawan sebelum tahun 2010, dijamin akan pangling. Ada banyak perubahan di sana-sini.

Ngabuburit di Semarang

Anak-anak muda sedang menyiapkan dagangan di Jl Pahlawan

Selama bulan Ramadan, selepas Ashar banyak orang akan berdatangan ke Jalan Pahlawan. Pasalnya, banyak muncul pedagang musiman yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk berbuka.

Uniknya, para pedagang di Jalan Pahlawan didominasi oleh anak-anak muda yang masih sekolah atau kuliah. Keuntungan hasil dagangan yang didapat digunakan untuk kegiatan sosial atau mendukung aktivitas sekolah/kampus lainya. Namun, ada juga yang digunakan untuk keperluan dan kebutuhan pribadi mereka sehari-hari.

Ngabuburit di Semarang

Transaksi dengan pembeli di Jl Pahlawan

Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki di Jalan Pahlawan Kota Semarang, pembeli tidak perlu bersusah payah mencari makanan dan minuman karena para pedagang akan dengan sigap menawarkan menu andalannya. Menu-menu wajib berbuka seperti kolak pisang, es buah, teh manis, gorengan, dan barbagai jenis makanan dan minuman lainnya bisa dijumpai di sini.

Ngabuburit di Semarang

Parkir motor ngabuburit di Jl Pahlawan

Soal harga, tidak perlu khawatir karena semua yang dijual di sini tidak akan menguras isi kantong. Harganya hanya berkisar antara Rp 2.500 sampai Rp 10.000 saja untuk satu porsi menunya.

Selain pedagang musiman, di Jalan Pahlawan juga ramai didatangi berbagai komunitas, seperti: komunitas pecinta otomotif, komunitas sepeda onthel, hingga komunitas pecinta binatang berkumpul. Jika anda mengunjungi Kota Semarang selama bulan Ramadhan, jangan lupa sempatkan diri untuk ngabuburit di Jalan Pahlawan.

Jalan Pahlawan, Tempat Ngabuburit Anak Muda Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 810 times, 1 visits today)



'Jalan Pahlawan, Tempat Ngabuburit Anak Muda Semarang' have 2 comments

  1. June 23, 2015 @ 12:30 am Rahmi

    Banyak mahasiswa jualan takjil ya di Jl.Pahlawan. Dulu temen2ku pada jualan juga, aku milih jadi pembeli aja lah hehehe

    Reply

  2. June 25, 2015 @ 8:47 am slamet riyadi

    pernah jualan es jus di sini…
    iya, rame biyanget anak muda kreatif yang menambah penghasilan dari jualan takjil, ada juga yang ngasi secara cuma cuma

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool