Serabi Notosuman Solo

Jangan Lewatkan Manisnya Serabi dan Nikmatnya Sate Buntel Saat ke Solo

Jangan Lewatkan Manisnya Serabi dan Nikmatnya Sate Buntel Saat ke Solo
5 (100%) 2 votes

Mengulas tentang wisata kuliner Solo memang tidak ada habisnya. Jika minggu kemarin saya menulis Wisata Kuliner Solo, Jangan Lewatkan 3 Menu Ini. Minggu ini, beberapa kuliner Solo yang belum dibahas akan saya ulas, yaitu serabi dan sate buntel. Tentu dengan harapan, wisatawan yang memiliki waktu untuk sekaligus mengunjungi Joglosemar (Jogja – Solo – Semarang), setelah liburan ke Semarang, bisa melanjutkan untuk berburu kuliner di Solo dan Jogja ataupun sebaliknya.

Yuk Baca Tentang Kuliner Lainnya : Wisata Kuliner Solo, Jangan Lewatkan 3 Menu Ini

 

Serabi Notosuman

Serabi kini memang bisa kita jumpai diberbagai kota. Namun tetap tidak lengkap ke Solo jika tidak menikmati atau membawa serabi sebagai oleh-oleh. Karena di Kota Solo lah serabi ini berasal. Satu nama yang sangat terkenal adalah Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman Solo, kuliner solo

Nama Notosuman sendiri berasal dari daerah di Solo, dimana serabi tersebut banyak dibuat. Menurut berbagai sumber, serabi mulai banyak dibuat sekitar tahun 1923 silam. Generasi awal pembuatnya, menciptakan kue serabi dengan bahan baku tepung beras. Serabi ini bisa jadi merupakan pengembangan dari makanan yang sebelumnya telah banyak dibuat warga di daerah tersebut, yakni apem Jawa.

Apem dahulu banyak dijual di Solo, karena saat itu banyak disukai masyarakat. Sementara sejarah kapan mulai banyaknya penjualan apem kurang banyak diketahui. Yang jelas berdasarkan cerita yang banyak beredar, nama Serabi Notosuman dipilih agar orang tahu bahwa generasi awal pembuat serabi adalah di Kampung Notosuman.

Saat ini di Kota Solo memang banyak pembuat serabi, namun yang tetap banyak dikenal adalah Serabi Notosuman. Untuk mendapatkan serabi Notosuman memang tidak hanya di tempat asalnya, namun jika ingin membeli serabi sekalian mengunjungi tempat asalnya bisa ke Jalan Mohammad Yamin. Di sini ada dua toko yang menawarkan Serabi Notosuman.

Makanan khas Solo yang terbuat dari bahan dasar olahan tepung beras, santan, gula, garam, dan pewangi daun pandan ini, terkenal dengan rasa manisnya. Cara memasaknya cukup unik, setiap serabi harus dimasak di wajan penggorengan khusus untuk memasak serabi yang berbentuk bulat dan kecil. Karena satu wajan kecil digunakan untuk satu serabi sekali masak, maka dibutuhkan banyak wajan untuk membuat banyak serabi.

Ada dua macam serabi yang banyak ditawarkan, yaitu serabi biasa dan serabi coklat. Untuk serabi biasa atau juga disebut serabi putih, biasanya dijual sedikit lebih murah dari serabi coklat. Yang membedakan serabi putih dengan serabi coklat adalah taburan meises di atasnya. Dengan perbedaan itu, maka rasa serabi coklat lebih manis dari serabi putih.

Sate Buntel

Aneka olahan daging kambing memang selalu menggoda untuk dinikmati. Apalagi jika Anda sedang berkunjung ke Solo, ada banyak pilihannya. Mulai dari sate kambing, tengkleng, gule, tongseng, dan tentunya sate buntel. Tidak mudah menemukan menu sate buntel selain di Kota Solo, jadi jangan lupa mencobanya ketika Anda mengunjungi kota ini.

Sate Buntel Solo, kuliner solo

Ada banyak pilihan tempat untuk menikmati sate buntel di Solo. Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah di Warung Sate Mbok Galak. Usaha warung sate ini sudah dirintis sejak sebelum tahun 1980. Tidak heran jika warung ini banyak menjadi rujukan penikmat aneka menu kambing.

Nama Mbok Galak sendiri karena awalnya terbiasa berbicara lantang, orang lantas menamai Mbok Galak. Namun, jangan dikira pelayanan di sini galak. Para pegawai akan melayani para tamu dengan ramah saat mengunjungi warung yang terletak di Jalan Ki Mangunasarkoro 122 Solo ini.

Sate buntel yang merupakan salah satu menu unggulan di sini memang istimewa. Menu ini seperti namanya berupa daging kambing yang dicincang kemudian dibungkus atau dibuntel dengan lemak tipis. Proses membakarnya sama dengan sate biasa, ada beberapa belahan agar daging matang sampai dalam.

Begitu digigit lezatnya langsung terasa. Karena dagingnya sudah dicincang sehingga kita bisa dengan mudah menikmatinya. Nikmatnya menu ini benar-benar bandel, sehingga kita tidak akan berhenti menyantapnya hingga tinggal tusuknya. Seporsi sate buntel berisi 2 tusuk sate dengan ukuran cukup besar.

Selain sate buntel, di tempat ini kita  juga bisa memesan sate kambing, tongseng, tengkleng, dan gule. Jika beruntung kita bisa ketemu artis atau pejabat di tempat ini, karena tempat ini sering dikunjungi artis atau pejabat saat ke Solo, bahkan Presiden Jokowi sebelum jadi presiden merupakan pelanggan di sini

Jika ingin mengunjungi, setiap hari Warung Sate Mbok Galak buka dari pukul 07.30 – 17.30. Warung ini cukup penuh di jam makan siang, terutama di akhir pekan atau di hari libur nasional.

Yuk Pesan Paket Wisata dan Paket Tour Murah Hanya di Ezytravel.co.id
(Visited 141 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Jangan Lewatkan Manisnya Serabi dan Nikmatnya Sate Buntel Saat ke Solo' have 3 comments

  1. August 16, 2016 @ 3:56 pm Dewi 'Dedew' Rieka

    sukaaa serabi dan penasaran dengan satenya…ah pengen ke solo 🙂

    Reply

    • August 16, 2016 @ 4:32 pm munif

      bikin ketagihan mbak sate buntelnya… 😀
      di semarang juga ada di sate kambing 29

      Reply

  2. August 25, 2016 @ 7:12 am slamsr

    sate buntel itu semacam tempura..
    kalau serabinya… saya paling suka…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool