kawah sikidang gemar melompat

Kawah Sikidang : Kawah yang Gemar Melompat

Kawah Sikidang : Kawah yang Gemar Melompat
4.5 (90%) 2 votes

Halo, Ezytravelers, ada yang sudah pernah jalan-jalan ke Kawah Sikidang?

Yuhuuu… selain mengunjungi Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, ada baiknya juga Ezytravelers menjelajahi salah satu lokasi yang asyik ini : Dieng. Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa tempat wisata yang lokasinya tak begitu jauh terpisah-pisah. Ada satu tempat yang paling menarik di sana yaitu Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang

Adanya kawah merupakan suatu bukti bahwa di dalam perut bumi masih terus terjadi aktivitas vulkanik. Sikidang berbeda dengan kawah-kawah vulkanik lainnya. Yang jelas paling mencolok sebagai perbedaan adalah lokasi kawah itu sendiri. Berbeda dengan kawah vulkanik lain, Sikidang tidak terletak di puncak gunung. Kawah ini terletak di kawasan perbukitan yang relatif mudah dijangkau.

Yuk Sobat Ezy baca jalan-jalan menarik ini : Wisata di Pulau Penjara

Soal lokasi, Sikidang juga sedikit spesial. Kawah satu ini bisa berpindah-pindah tempat. Iya, berpindah dari satu titik ke lokasi lainnya. Perpindahan lokasi ini pula lah yang membuat kawah ini diberi nama Sikidang. Dalam Bahasa Jawa Kidang memiliki arti sejenis rusa.  Sama seperti kidang, kawah ini dianggap suka melompat-lompat.

Hanya saja perpindahan lokasi kawah ini tak secepat loncatan kidang. Butuh waktu bertahun-tahun untuk Sikidang berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Biasanya saat hendak berpindah, kandungan cairan lumpur di kawah tersebut akan surut. Setelah proses ini, Sikidang pun akan berpindah ke titik lainnya.

Sikidang, sebagai bukti aktivitas vulkanik juga memiliki karakter serupa dengan kawah-kawah lain. Satu  yang paling kentara adalah aroma belerang di sekitar kawah.

Saat berkunjung ke kawah ini, bau sulfur menyengat dan kepulan asap putih dari lumpur yang mendidih akan menjadi sambutan pertama. Jadi, kita akan membutuhkan masker atau kain untuk menutup hidung dan mulut. Kalaupun tak membawa dari rumah, kita bisa mendapatkan masker dengan mudah di warung-warung yang berada di areal parkir lokasi wisata tersebut.

Di Sikidang, ada banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan. Yang pertama kali tampak dengan indera penglihatan kita adalah alamnya yang eksotis yang amat sayang bila dilewatkan begitu saja. Di lokasi tersebut akan kita jumpai kawasan perbukitan dan lembah yang warna-warni. Ada beberapa titik yang didominasi batuan abu-abu. Tak jauh dari sana ada lagi lokasi yang batuannya mengandung sulfur. Batuan sejenis ini warnanya tampak dominan kuning.

Lemparkan pandangan lebih jauh lagi, kita akan menemukan bukit-bukit dengan warna tanah cokelat yang kuat. Sebagai latar belakang akan terlihat hutan tropis yang dominan hijau. Kombinasi abu, kuning, cokelat, dan hijau ini menjadi sebuah pemandangan yang amat menarik. Kalau istilah kekiniannya ‘instagramable‘. Jadi bagi siapa saja  yang punya ketertarikan lebih di dunia fotografi, maka spot ini layak sekali diabadikan.

Selain pemandangan indah, kawasan Sikidang juga terkenal lantaran kulinernya yang sedikit ‘aneh’. Satu di antaranya adalah telur rasa belerang. Yaitu, telur yang direbus di kawah Sikidang.

Tak hanya wisata alam dan kuliner, di Sikidang juga ada beberapa lokasi wisata yang berkaitan dengan kesehatan khususnya bagi mereka yang punya masalah dengan penyakit kulit. Seperti kita tahu, gangguan penyakit kulit bisa dilawan dengan sulfur. Nah, di Sikidang mineral satu ini melimpah. Kita pun bisa membawa pulang belerang yang sudah dikemas oleh warga sekitar.

Ezytravelers punya hobi memasak? Ada baiknya mencoba beberapa bahan makanan ekstrim yang dijual para pedagang di kawasan parkir kawah. Antara lain, kentang merah, kentang ungu, terung belanda, sampai cabai dieng yang biasa disebut cabai Gendot.

kawah sikidang

How To Get There?

Bagi Ezytravelers yang akan memulai perjalanan dari Semarang, perjalanan ke arah Dieng tak terlalu sulit. Sobat bisa berangkat dari Terminal Terboyo atau terminal pinggiran seperti Bawen. Pilih saja bus jurusan Purwokerto via Wonosobo, jumlahnya banyak. Mau pilih yang Patas ataupun yang ekonomi ya silakan saja mana yang disuka.

Sampai di terminal Wonosobo, angkutan menuju Dieng pun sudah tersedia. Bus-bus kecil bisa jadi pilihan paling murah. Sampai di kawasan wisata kita bisa menjumpai banyak sekali tukang ojek dengan tarif yang tak terlalu mahal.  Jika enggan naik ojek, sobat bisa memilih angkutan kota.

Yang Perlu Diperhatikan

Kawah Sikidang merupakan sebuah kawah vulkanik. Sama seperti kawah lainnya, Sikidang juga menyimpan bahaya. Satu di antaranya adalah potensinya mengeluarkan gas beracun. Jadi saat berkunjung ke sana mari kita perhatikan dengan seksama papan-papan pengumuman dan para petugas jaga.

Saat ada perintah untuk menyingkir dari area kawah, ada baiknya kita bergegas pergi agar keamanan kita terjamin.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang

(Visited 122 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Kawah Sikidang : Kawah yang Gemar Melompat' have 1 comment

  1. November 22, 2016 @ 1:31 pm Inung

    Wes pirang tahun yaa aku ora mrene.
    Tks informasinya say….lengkap.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool