Soto Bangkong

Kenikmatan Rasa Soto Bangkong Semarang yang Melegenda

Kenikmatan Rasa Soto Bangkong Semarang yang Melegenda
5 (100%) 1 vote

Berkunjung atau liburan di Semarang tak lengkap rasanya jika belum mampir ke salah satu icon wisata kuliner di Kota Semarang yang sudah puluhan tahun melegenda. Soto Bangkong namanya, dan semangkuk soto ayamnya yang lezat dengan aneka jenis sate memanjakan lidah dan membuat ketagihan.

Salah satu kuliner yang mudah dijumpai di mana mana, adalah soto, dan di banyak daerah di Indonesia cukup banyak yang menjadikan menu soto sebagai menu kuliner khasnya, tentu dengan sentuhan dan bumbu bumbu khas daerah masing masing. Sebenarnya, soto bukanlah kuliner asli Indonesia, tetapi dari Cina yang bernama caudo. Karena adanya interaksi dengan bangsa Cina selama ratusan tahun, caudo diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, termasuk juga masyarakat Kota Semarang. Setelah terjadi akulturasi dengan budaya Jawa, caudo oleh masyarakat jawa lebih sering disebut dengan soto. Orang Pekalongan menyebutnya dengan tauto, sedangkan orang makasar menyebut dengan coto.

Soto Bangkong Semarang

Di Semarang terdapat warung soto yang rasanya melegenda dan telah ada sejak tahun 1950-an. Warung soto tersebut adalah Soto Bangkong. Namun jangan mengira bahwa soto ini menggunakan daging bangkong (sejenis katak) untuk campuran sotonya. Bangkong adalah nama tempat dimana warung soto ini berada. Berada di satu sudut jalan Bridjen Katamso, dimana tempat ini juga populer dengan sebutan Bangkong. Pada masa awal Soto Bangkong ini berdiri, tidak berupa bangunan permanen, melainkan dalam bentuk pikulan yang digelar di depan Kantor Pos. Seiring dengan waktu dan keuletan pemiliknya akhirnya bisa menempati tempat permanen yang berada di sebelah tempat soto ini mangkal.

TIKET BANDUNG KE SEMARANG

Berada persi di sebelah Kantor Pos Bangkong, sekilas dari luar tidak ada yang istimewa dengan warung soto yang menyajikan soto ayam dan ayam goreng sebagai menu utamanya ini. Tetapi saat masuk, penataan interiornya yang klasik membuat nyaman untuk berlama lama di sini. Tidak lama setelah memesan, mangkuk soto dengan tambahan aneka perkedel dan juga sate yang disajikan terpisah dalam wadah tersaji di meja makan. irisan jeruk nipis, sambal dan juga kecap tak lupa sebagai pelengkap. Sedikit berbeda dengan yang disajikan dibanyak warung lainnya, mangkuk yang digunakan di warung Soto Bangkong ini sedikit mungil dan agak tinggi bentuknya.

Racikan bumbu bumbu pada Soto Bangkong ini ini terasa pas dan mampu membuat lidah menari. Tanpa sadar semangkuk soto yang berisi nasi dengan suwiran daging ayam, tomat, caisim, soun, dan taburan bawang goreng habis tanpa sisa. Tak hanya soto ayam yang bisa dinikmati di warung soto yang buka setiap hari Senin – Minggu, pukul 07:00 – 22:00 WIB ini tetapi juga bisa dicicipi ayam goreng, garang asem, sate ayam, sate kerang, sate telor puyuh, tempe bergedel, rempelo ati goreng atau semur, brutu goreng dan semur, sayap goreng / semur hingga menthok goreng. Semangkuk soto yang lezat bisa dijadikan asupan tenaga yang penuh gizi di pagi atao sore hari sebelum berkeliling menjelajah tempat wisata di Semarang.

(Visited 550 times, 1 visits today)



'Kenikmatan Rasa Soto Bangkong Semarang yang Melegenda' have 5 comments

  1. March 23, 2015 @ 2:42 pm Dwi Pramono

    Memang Soto Bangkong ini punya kharisma sendiri. Minimal “tanduk alit” kalau mampir ke sini.

    Reply

  2. March 23, 2015 @ 3:36 pm munif

    lokasinya dekat kantor, tapi mau mampir ke sini kok ga jadi-jadi ya… 😀

    Reply

  3. March 23, 2015 @ 4:39 pm Inung Djuwari

    baru tahu kalo soto pakai caisim

    Reply

  4. March 24, 2015 @ 9:32 am Lestari

    Aku belom pernah makan di sinii 😀

    Reply

  5. March 24, 2015 @ 2:12 pm Dewi Rieka

    kesukaan bapak ibuku nih mas, tiap ke semarang kudu ke sini, wajib hukumnya hehe

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool