Ketep Pass, Mengamati Gunung Merapi

Ketep Pass, Mengamati Gunung Merapi
3.67 (73.33%) 3 votes

Hai Ezytravelers, seperti yang kalian ketahui, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di Indonesia. Gunung ini terakhir mengalami erupsi pada tahun 2010. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2930 mdpl. Terletak di perbatasan antara Provinsi D.I. Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Sleman di Provinsi D.I. Yogyakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah. Jalur pendakian Gunung Merapi hanya bisa melalui satu jalur, yaitu jalur Selo, Kabupaten Boyolali. Namun, untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi bisa melalui beberapa tempat. Salah satunya adalah obyek wisata Ketep Pass di Kabupaten Magelang.

Ketep Pass merupakan obyek wisata yang menawarkan pemandangan berupa deretan pegunungan, termasuk Gunung Merapi. Ketep Pass terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Berjarak sekitar 30 Km dari obyek wisata Candi Borobudur. Obyek wisata Ketep Pass destinasi wisata di jalur Solo-Selo-Borobudur. Diresmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tanggal 17 Oktober 2012. Akses untuk menuju Ketep Pass sangat mudah. Jika dari kota Semarang, kalian bisa melalui Kota Magelang atau kawasan wisata Kopeng.

Pemandangan Gunung Merapi

Selama perjalanan melalui Kota Magelang, kalian akan melewati jalur utama Semarang- Yogyakarta yang selalu ramai dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jika melalu jalur kecamatan Kopeng bisa melalui Kota Salatiga dan kemudian menuju kawasan wisata Kopeng. Di jalur ini kalian bisa menikmati hamparan perkebunan warga, deretan pegunungan, jalanan yang berkelok-kelok, udara segar dan kehidupan masyarakat desa. Selain itu, kondisi jalan bagus dan tidak ramai. Perjalanan menuju Ketep Pass bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Gardu Pandang Ketep Pass

Untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung, pihak pengelola obyek wisata Ketep Pass menyediakan berbagai fasilitas. Seperti gardu pandang, musalla, warung, toilet, teropong, mini studio, dan museum. Tiket masuk Ketep Pass sebesar Rp 10.000/ orang. Dengan membayar tiket sebesar itu, kita sudah bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika cuaca cerah, Ezytravelers juga bisa melihat Gunung Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain itu, beberapa gunung dan bukit juga terlihat dari obyek wisata Ketep Pass. Hamparan perkebunan warga dan udara nan sejuk juga bisa dinikmati.

 

Ketep Volcano Theatre

Ketep Volcano Theatre merupakan fasilitas bioskop mini yang ada di obyek wisata Ketep Pass. Ketep Volcano Theatre diresmikan pada tanggal 21 Maret 2003 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral saat itu, Bapak Purnomo Yusgiantoro. Bioskop mini ini bisa menampung sekitar 70 orang. Bioskop ini menyajikan film dokumenter tentang Gunung Merapi. Mulai dari proses terbentuknya Gunung Merapi, penelitian, jalur-jalur pendakian, letusan dahsyat Gunung Merapi, hingga peristiwa-peristiwa yang sering terjadi di Gunung Merapi. Durasi film sekitar 25 menit. Untuk bisa masuk ke Ketep Volcano Theatre, setiap pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 9.000/orang.

Ketep Volcano Theatre

Ketep Volcano Center

Ketep Volcano Center diresmikan pada tanggal 11 November 2003 oleh Bapak Mardiyanto, Gubernur Jawa Tengah saat itu. Ketep Volcano Center merupakan fasilitas berupa museum vulkanologi yang ada di obyek wisata Ketep Pass. Museum ini berisi berbagai macam informasi tentang vulkanologi, mulai dari dokumentasi dan bukti tentang kegunungapian, replika Gunung Merapi, mitigasi bencana gunung meletus, hingga manfaat dari gunung berapi. Seperti untuk pertanian, energi, pertambangan, penelitian, dan pariwisata.

 

Pelataran Pancaarga

Pelataran Pancaarga merupakan puncak dari obyek wisata Ketep Pass. Pelataran Pancaarga berarti pelataran lima gunung. Karena dari pelataran ini, Ezytravelers bisa melihat lima gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Tentu saja hal itu haru didukung dengan cuaca yang cerah. Selain itu, beberapa gunung kecil dan bukit juga bisa dilihat dari pelataran Pancaarga, antara lain adalah gunung Andong, Gunung Tidar, Gunung Telomoyo, dan Bukit Menoreh.

Pelataran Pancaarga dengan pemandangan Gunung Merbabu

Obyek wisata Ketep Pass sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Baik bersama teman, maupun bersama keluarga. Obyek wisata Curug Sewu memiliki lokasi dan akses yang mudah dijangkau, kondisi jalan yang baik, fasilitas yang lengkap dan nyaman, pemandangan yang bagus dan udara yang sejuk. Hal ini menjadikan obyek wisata Ketep Pass sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Magelang. Pengunjung tidak hanya dari Kabupaten Magelang, namun juga dari Kota Semarang, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Selain sebagai destinasi wisata, obyek wisata Ketep Pass juga berfungsi sebagai media dokumentasi, penelitian dan edukasi.

Obyek Wisata Ketep Pass
Tiket Masuk: Rp 10.000/orang
Tiket Ketep Volcano Theatre: Rp 9.000/orang
Tiket Teropong : Rp 5.000/orang
Parkir Sepeda Motor : Rp 2.000/motor

Mau jalan-jalan di Semarang? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel murah di Semarang, paket wisata murah, dan tiket pesawat Semarang
(Visited 227 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Ketep Pass, Mengamati Gunung Merapi' have 6 comments

  1. January 16, 2017 @ 11:38 am Dewi 'Dedew' Rieka

    Sukaaa artikelnya, lengkap dan bikin mupeng jadi pengen kesanaaa..anak-anak bisa piknik sekaligus dapat ilmu bermanfaat yaaa

    Reply

  2. January 18, 2017 @ 5:44 pm Ika Puspitasari

    Aku malah belum pernah ke sini, huhuu. Pengen deh…kesana

    Reply

    • January 22, 2017 @ 3:13 pm Rivai Hidayat

      ayok mbak ika…masa kalah sama aku yang udah beberapa kali kesana..hhehehe

      Reply

  3. January 19, 2017 @ 8:49 am Hidayah Sulistyowati

    Aku kesini brarti udah lama banget yak, abis diresmikan dulu. Anak2 aja masih kecil, hehee. Tapi aku.nggak punya dokumentasinya, jaman belum kenal sosmed 🙂

    Reply

    • January 22, 2017 @ 3:12 pm Rivai Hidayat

      aku udah beberapa kali kesini mbak wati..tapi ga pernah bosen…hehhee

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool