kopi tahlil kota pekalongan

Kopi Tahlil : Kopi Khas Kota Pekalongan

Ketika berbicara tentang kopi, selalu saja memiliki cerita tersendiri. Apalagi Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kopi di dunia. Tentu saja setiap daerah di Indonesia memiliki cara-cara tersendiri dalam pengolahannya. Baik itu ketika proses tanam, peracikan, maupun dalam penyajiannya. Penyajian secara tradisional dan modern bisa ditemui di berbagai kedai kopi. Salah satunya adalah Kopi Tahlil.

kopi tahlil kota pekalongan

Kopi Tahlil merupakan minuman khas dari Kota Pekalongan. Sebuah kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa yang dikenal dengan sebutan Kota Batik. Selain itu, Kota Pekalongan juga ditetapkan sebagai salah satu kota kreatif oleh Unesco. Kota Pekalongan juga terkenal dengan kulinernya yang unik. Baik itu makanan, maupun minuman. Salah satunya adalah Kopi Tahlil. Menurut cerita, kopi ini muncul karena adanya kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Kota Pekalongan, yaitu Tahlilan. Yaitu sebuah acara doa bersama ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia. Kopi tersebut selalu disajikan ketika acara tersebut. Oleh sebab itu, kemudian dikenal dengan sebutan Kopi Tahlil.

Kopi Tahlil merupakan akulturasi budaya Arab yang ada di Kota Pekalongan. Warga Kota Pekalongan terdiri dari berbagai etnis. Namun, etnis Jawa dan Arab merupakan etnis terbesar. Budaya seperti acara tahlilan pun sering diadakan. Minuman kopi sering disediakan dalam acara tersebut.

kopi tahlil kota pekalongan

Kopi Tahlil bukanlah kopi murni. Namun memiliki cita rasa yang khas yang berasal dari campuran bahannya. Kopi ini terdiri dari campuran dari kopi yang dicampur dengan rempah-rempah. Seperti jahe, cengkeh, serai, kayu manis, kapulaga, pandan, dan pala. Sehingga rasa yang dihasilkan tidak hanya pahit, namun juga pedas. Aroma dan rasa rempah-rempah yang dicampurkan juga terasa di lidah. Rempah-rempah ini juga dipercaya bisa mengembalikan dan menjaga kesehatan orang yang meminumnya. Penyajian Kopi biasanya juga bisa ditambah dengan gula dan susu. Meskipun begitu, rasa-rasa rempah-rempah masih tetap terasa.

tiket mudik murah

Cara pembuatan Kopi Tahlil terbilang sangat sederhana. Semua rempah-rempah dikeprek dan dihancurkan. Kemudian direbus selama dua jam. Setelah itu ditambah gula merah, baru diseduh dan dicampurkan kedalam kopi bubuk. Kopi Tahlil juga bisa ditambah dengan susu kental manis.

kopi tahlil kota pekalongan

Saat ini, Kopi Tahlil dapat ditemukan dengan mudah. Tidak hanya ketika ada acara Tahlilan saja. Para penjual kopi ini mulai tersebar di beberapa sudut Kota Pekalongan. Tidak sulit untuk menemukan para warung kopi ini. Biasanya mereka berjualan dengan menggunakan tenda-tenda di atas trotoar jalan raya. Warung kopi mulai buka pada malam hari. Warung Kopi Tahlil sekarang menjadi tempat nongkrong favorit bagi warga Kota Pekalongan, khususnya anak muda. Warung kopi ini selalu ramai dikunjungi. Para penikmat kopi pun rela untuk lesehan menggunakan tikar di sepanjang trotoar. Karena ramainya, sebuah warung Kopi Tahlil bisa tutup lebih awal karena kopi yang sudah habis terjual.

kopi tahlil kota pekalongan

Segelas Kopi Tahlil dihargai dengan harga Rp 3.000- Rp 4.000. Selain menjual kopi, warung kopi ini juga menjual berbagai makanan. Seperti sego megono, gorengan, ketan, sate, mie instan, dan jajan tradisional lainnya. Harganya terjangkau dan aman di kantong. Selain itu, warung kopi ini juga mengajarkan kejujuran pada para pembelinya. Di warung ini, pembeli bisa langsung ambil tikar dan duduk di trotoar. Nanti pelayan akan menanyakan tentang kopi tahlil yang dipesan. Untuk makanan, pembeli bisa langsung mengambilnya. Tak pernah dicatat oleh para pelayan atau penjual. Jadi pembeli mesti mengingat apa dan berapa makanan yang sudah dimakan ketika akan membayar.

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Tiket pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang dan Tour murah Indonesia. Mau?

Keberadaan Kopi Tahlil telah menjadi sebuah akulturasi budaya di Kota Pekalongan. Kopi yang dulunya hanya ada ketika acara Tahlilan telah berubah menjadi sebuah minuman yang bisa dinikmati setiap malam. Pilihan tempat pun juga mudah untuk ditemui. Harga yang terjangkau pun menjadikan kopi ini bisa dinikmati semua kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Terkadang sebuah warung Kopi Tahlil menjadi sebuah tempat nongkrong dan bertukar ide. Bisa jadi sebuah ide-ide besar lahir dari warung kopi ini.

Kopi Tahlil : Kopi Khas Kota Pekalongan
5 (100%) 1 vote
(Visited 45 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Kopi Tahlil : Kopi Khas Kota Pekalongan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool