kue moaci semarang

Kue Moaci Semarang, Mungil Putih Dan Legit di Mulut

Kue Moaci Semarang, Mungil Putih Dan Legit di Mulut
5 (100%) 1 vote

Setelah puas berkeliling ke tempat wisata dan mencicipi kuliner khas Semarang, rasanya ada yang belum lengkap kalau tidak mencari oleh-oleh buat orang rumah sebelum meninggalkan kota Semarang. Ada cukup banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa kita bawa pulang, salah satunya yaitu kue moaci.

“Kak Slam, minta tolong beliin oleh-oleh khas Semarang dong”

Suatu sore ada teman dari Bogor yang menelpon, curhat sedang mengikuti acara di Semarang. Dia ingin beli oleh-oleh, tapi jadwal acara terlalu padat dan tidak boleh meninggalkan hotel. Bla…bla..bla… Singkat cerita dia minta tolong untuk dibelikan oleh-oleh buat dia dan teman temannya. Sebagai tuan rumah dan teman yang baik saya belikan 3 kotak wingko dan 3 kotak kue moaci sesuai pesanan.

kue moaci semarang

Camilan berbentuk bulat, mungil, dan putih ini begitu lembut di luar, gurih dan legit di dalam. Ketika masuk di mulut teksturnya begitu empuk dan ada sensasi kenyal dan lengket kalau digigit. Lapisan luarnya terbuat dari tepung ketan, sedangkan bagian dalamnya terbuat dari kacang dan gula karamel. Karena kulit luarnya terbuat dari tepung ketan dan lengket kalau dipegang, maka dilapisi lagi dengan taburan bubuk tepung dan dikemas dengan alas kertas roti.

Kalau cuma makan satu rasanya masih kurang, Saya saja langsung makan 4 biji kalau ukurannya mungil, sekitar 60 gram. Awas! bisa rugi bandar kalau disajikan buat saya. hehe…

Jajanan yang mirip dengan kue mochi dari Jepang ini banyak dijual di pertokoan dan pusat oleh-oleh Semarang di Jalan Pandanaran. Silakan pilih salah satu toko yang berderet di sana. Walaupun begitu, di daerah Kabupaten Semarang juga ada yang menjualnya, terutama tempat atau toko yang biasa disinggahi bus pariwisata, Tahu bakso Bu Pudji Ungaran misalnya. Di sana menjual jenis moaci yang lapisan luarnya ditaburi biji wijen, bukan bubuk tepung.

kue moaci semarang

“Ini onde-onde, klepon atau moaci sih?” batin saya ketika memilih kue moaci.

Iya, bentuk kue moaci kini makin banyak variasinya. Mungkin itulah yang membuat saya salah mengira kue moaci sebagai onde-onde (kue bulat yang lebih besar dari moaci, kulitnya terbuat dari ketan dan ditaburi biji wijen dengan isian kacang hijau). Dari segi rasa kini juga makin banyak pilihan. Mulai dari rasa orisinal kacang gula, stroberi, durian, cokelat dan juga rasa pandan, selain itu untuk taburannya juga ada yang menggunakan wijen. Kalau pakai taburan wijen, ada kelebihannya, yaitu tidak ada lagi cerita mulut dan baju belepotan putih tepung. Tapi kembali lagi ke selera, kalau saya lebih suka yang bertabur wijen, rasanya lebih gurih di luar.

Sejarah Singkat

Saya, sebagai orang Semarang, sedikit sekali info yang saya dapatkan tetang kue moaci ini.  Kemudian asal mula kenapa kenapa kue moaci ini dijadikan oleh-oleh khas semarang juga minim. Penulisan namanya pun masih simpang siur, ada yang menulis moaci, moci, atau mochi. Tapi tenang, tak usah bingung, toh pengucapannya sama dan yang punya toko pun langsung paham apa yang mau dibeli.

Untuk harga cukup reasonable kok, tidak terlalu mahal. Kemarin saya beli di Ungaran 1 bungkus ukuran mini isi 4, dengan berat 60 gram hanya Rp.3000,- saja. Untuk ukuran yang lebih besar isi 10 seharga Rp.18,000,-. Saya kemarin sempat khawatir, kenapa kok tanggal expirednya tinggal 1 minggu saja.

“Mas, kue Moacinya ada yang lebih baru ndak?” tanya saya kepada penjaga toko.

Ternyata daya tahannya memang singkat, karena tidak memakai bahan pengawet, sekitar satu minggu saja. Jadi, jangan sampai salah pilih ya.

Jadi, kalau cari oleh-oleh khas Semarang  buat orang di rumah, Kue moaci bisa jadi pilihan yang tepat. Coba incip sendiri tekstur kulitnya yang kenyal dan isi kacangnya yang legit ya. Hmm… kenyal!

(Visited 2,327 times, 2 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Kue Moaci Semarang, Mungil Putih Dan Legit di Mulut' have 5 comments

  1. June 3, 2016 @ 11:02 pm febridwicahya

    Eh, di ungaran ada kue moaci begini :’ aku kemarin ke ungaran cuma beli tahu bakso sama lumpia aja :’

    Reply

    • June 9, 2016 @ 8:24 am slamsr

      ada mba, di rak yang sebelah kanan. cuma persediannya gak banyak.

      Reply

  2. June 6, 2016 @ 7:30 pm Emakmbolang

    Iya mbak, kelihatan kayal klepon ketimbang moaci

    Reply

    • June 9, 2016 @ 8:25 am slamsr

      kalau dirasa, emang kenyal klepon.
      saya juga suka klepon, ada kucrutan air gula kalau dimakan

      Reply

  3. June 7, 2016 @ 5:16 pm kartika

    mauuu iniii :(((

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool