Toko Oleh-Oleh Purwokerto

Kuliner Favorit Tempe Kripik dan Tempe Mendoan dari Purwokerto Yang Tak Terlupakan

Vote Us

Hai Ezytravelers, siapa aja nih yang pernah jalan-jalan ke Purwokerto? Kota yang berada di kaki Gunung Slamet ini memiliki banyak destinasi wisata yang luar biasa cantiknya. Itulah kelebihan kota yang berada di lereng atau kaki gunung, biasanya memiliki kekayaan alam. Dari destinasi wisata alam, dengan pegunungan serta pepohonan menghijau, udara sejuk, hingga kuliner khas yang selalu menjadi favorit pendatang. Dan Purwokerta memiliki banyak sekali kuliner khas Tempe Mendoan yang selalu dicari oleh wisatawan untuk oleh-oleh bagi kerabat di kota asal.

Mendoan Purwokerto, siapa yang nggak kenal? Nyaris semua penduduk di negeri ini sudah pernah menyicipinya di kota masing-masing. Iya, meski mereka belum pernah ke Purwokerto, kalo sekedar menyicipi mendoan bisa di mana saja. Banyak orang Purwokerto yang merantau dan membuka usaha menjajakan mendoan yang khas.

Nah, kebetulan hari sabtu dan Minggu awal bulan Maret lalu, saya dan suami serta teman-teman SMP berkunjung ke Purwokerto. Ada undangan dari teman kami yang akan menikahkan putri sulungnya. Saya suka banget silaturahmi bareng teman-teman, jadi ada alasan jalan-jalan kaaannn?!

Seperti waktu saya silaturahmi di rumah teman dan bisa kulineran di sini :

http://hellosemarang.com/wisata-kuliner-unik-di-iwak-kali-laras-soropadan-magelang/

Karena berangkat hari Sabtu malam, tiba di Purwokerto menjelang subuh. Setelah mandi dan menyiapkan busana untuk menghadiri undangan di restoran, kami sempatkan mampir di taman wisata Baturaden. Rencananya sambil menanti jam 11, kami jalan-jalan dulu di tempat wisata yang udah menjadi landmark kota Purwokerto. Dan pulangnya mampir belanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di Semarang.

Alhamdulillah, kami nggak tersesat karena ada yang menjadi penunjuk jalan. Jadi kami bisa belanja oleh-oleh di toko yang sudah populer dan menjadi tujuan para wisatawan di Purwokerto. Tempat yang telah direkomendasikan teman kami adalah Toko Tempe Kripik & Nopia – Tempe Mendoan ECO 21, Sawangan Purwokerto.

Toko Oleh-Oleh Mendoan Purwokerto

Bagian depan toko terdapat deretan kompor gas dengan penggorengan yang terisi minyak berlimpah. Salah satu di antaranya sedang digunakan menggoreng Tempe Keripik khas Purwokerto. Dan saya baru tahu di sini, bahwa Tempe Keripik itu dikemas dalam keadaan setengah panas. Setahu saya, pengemasan gorengan itu harus dalam keadaan dingin. Eh tapi di sini enggak tuh. Saya sampai terheran-heran melihat pekerja di Toko ECO 21 memasukkan Keripik yang masih panas ke dalam plastik. Dan yang bikin saya makin heran adalah, isi di dalam kemasan plastik tidak berkeringat.

“Ini ada rahasianya, dan memang Tempe Kripik harus dikemas begitu sudah ditiriskan usai diangkat dari wajan,” tutur pekerja yang saya tanya tentang cara pengemasan yang unik itu.

Beranjak ke dalam toko yang lumayan luas dengan pengunjung yang hilir mudik membelanjakan uangnya. Saya pun memilih beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan famili kami di Semarang. Anak-anak suka banget Tempe Keripik dan Sele Pisang. Jadi saya pun memilih keduanya untuk mereka. Sementara untuk ibu dan ibu mertua, saya memilihkan Getuk Goreng dan Mendoan yang masih mentah.

Tempe Kripik Purwokerto

Getuk Goreng

Getuk Goreng terbuat dari singkong dengan pilihan rasa orisinal, Durian, Coklat, dan Pandan. Saya memilih dua rasa, yaitu Getuk Goreng Durian dan Orisinal untuk keluarga. Sementara Tempe Mendoan saya memilih yang masih mentah. Menurut si penjual, Satu kemasan terdiri dari 20 biji tempe mendoan mentah, tepung siap pakai, dan kecap. Oiya, kecapnya bikinan Toko ECO 21, asli dari dapur mereka sendiri yang khas rasanya. Harga satu paket (dalam wadah besek) adalah Tiga puluh tujuh ribu. Kita bisa loh memesan untuk digoreng sehari atau dua hari setelah dibeli.

Tempe Mendoan Purwokerto

“Kalo ingin digoreng lusa, sehari sebelumnya tempe diangin-anginkan di atas meja dulu,”
Saya sempat mendapat saran dari penjualnya yang ramah dan sangat membantu selama proses belanja. Oiya, kalo kalian malas membeli tempe mendoan mentah, mereka menawarkan juga mendoan yang udah matang. Mendoan ukuran besar seperti ini memang menjadi trademark kota Purwokerto. Tinggal menanti mendoan digoreng, kita bisa sambil belanja oleh-oleh lainnya.

Yuk keliling Semarang! Eits, ambil promo Tiket Pesawat Jakarta SemarangHotel di Semarang & Paket Wisata Murah sekarang!

Toko ECO 21 ini terletak di daerah Sawangan. Daerah ini merupakan sentra pembuat Tempe Keripik dan Mendoan yang sudah berpuluh tahun menetap di sana. Di toko oleh-oleh ini nggak hanya menjual Tempe Keripik dan Tempe Mendoan. Ada banyak jajanan lain, seperti Nopia, Keripik Bayam, Paru, Tahu, Ceker, dan keripik yang lainnya. Ada juga bermacam coklat, wedang instant, dan tentunya kecap khas untuk makan mendoan. Di samping itu juga ada banyak jajanan dari daerah lain, seperti Enting-enting gepuk dari Salatiga, atau Bakpia dari kota Jogja.

Deretan toko oleh-oleh ini terletak di jalan Soetoyo Purwokerto. Daerah ini lebih dikenal dengan nama Sawangan. Jadi kalo Ezytravelers mau belanja oleh-oleh, bilang aja pada pengemudi taxi minta diantar ke Sawangan. Jalan raya dengan dua lajur ini cukup lebar dan dekat dengan lampu traffic light.

(Visited 54 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Kuliner Favorit Tempe Kripik dan Tempe Mendoan dari Purwokerto Yang Tak Terlupakan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool