Kuliner Khas Dari Boyolali Yang Wajib Kalian Jadikan Oleh-Oleh

Kuliner Khas Dari Boyolali Yang Wajib Kalian Jadikan Oleh-Oleh
5 (100%) 1 vote

Helo Ezytravelers, saya masih pengen mengajak kalian menjelajahi kota Boyolali. Kota yang menjadi penghubung wilayah Semarang dengan Solo ini sejak lama terkenal sebagai sentra penggemukan sapi perah. Karena banyaknya tempat  penghasil daging dan produk turunannya, seperti susu, abon sapi, hingga keju. Dan akhirnya makin menambah kuliner khas Boyolali yang wajib jadi oleh-oleh bila berkunjung atau melintas kota ini.

Boyolali pun terkenal memiliki wisata alam yang beragam. Mulai dari pemandian Tlatar yang merupakan sumber mata air alam yang tak pernah surut airnya. Hingga wisata di lereng gunung Merapi dengan hutan dan air terjun yang memikat wisatawan. Kuliner khas Boyolali juga banyak ragamnya. Dari produk turunan sapi seperti, susu sapi, murni, keripik paru, abon sapi, hingga keju yang sudah terkenal. Ragam kuliner khas Boyolali ini sekarang makin mudah dijumpai dan menjadi oleh-oleh sering dibeli oleh wisatawan.

Apa saja Kuliner Khas Boyolali yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kalian berkunjung kesana?

iToko oleh-oleh kuliner Boyolali

Oleh-oleh Khas Boyolali

Yuk, saya ajak kalian menjelajahi kuliner khas yang wajib kalian jadikan oleh-oleh saat berkunjung di kota Boyolali.

 
1. Abon Sapi
 
Sebagai sentra penggemukan sapi dan menjadi primadona unggulan kota Boyolali, Abon Sapi merupakan pilihan yang wajib kalian beli. Apalagi Abon merupakan kuliner yang sangat cocok dipadukan sebagai lauk tambahan. Nasi kuning kalau tanpa abon seperti makan telur mata sapi tanpa kecap. Bahkan Abon pun sering pula dijadikan isian jajanan tradisional seperti lemper.

Abon Sapi produksi Boyolali sering jadi bekal orang yang akan berangkat haji. Saya dulu juga bawa Abon Sapi ke tanah suci. Lumayan buat stok lauk kalau kangen masakan Indonesia. Susu Sapi

Susu Sapi Boyolali

Abon Sapi

Di kota Boyolali banyak sekali dijumpai warung tenda di pinggir jalan yang menyediakan wedangan. Ada juga yang menyajikan susu sapi segar dan jajanan seperti pisang goreng, sosis solo, mendoan, dan yang lainnya. Saya sering juga ngintil pak suami sampai ke Solo, dan menemukan banyak warung tenda yang menawarkan menu susu sapi segar dengan beragam rasa. Dan hampir semua mendapat pasokan bahan susu dari kota Boyolali. Kalo Ezytravelers ingin menghangatkan tubuh saat melintas di daerah Boyolali, mampir deh di salah satu warung tendanya. Minum susu sapi bikin tubuh jadi makin bugar, perut kenyang, dan hati senang, haha.

http://hellosemarang.com/kuliner-khas-selo-dari-jagung-bakar-hingga-jadah-dan-wajik-mbah-karto/
 
2. Marning

Marning Kuliner Khas Boyolali

Marning

Ezytravelers tahu Marning? Jajanan khas yang terbuat dari jagung. Jajanan ini beda dengan pop corn ya, yang empuk dan gampang digigit, hihii. Namun Marning memiliki sensasi rasa yang renyah saat digigit, renyah dan bikin meriah. Apalagi kalo makan Marning rame-rame, berasa ada paduan suara, hahaha.

Marning merupakan kuliner khas Boyolali dan biasanya terdapat beragam rasa. Ada yang asin dan gurih, manis pedas, dan pedas. Marning Boyolali juga renyah karena sudah mengalami proses produksi dibikin lebih empuk. Nggak keras seperti kebanyakan marning yang dijual di pasar. Beberapa industri rumah di Boyolali bahkan membuat jenis marning yang pecah atau remuk. Rasanya pun beragam, ada yang manis, pedas, dan gurih.

3. Keju

Keju Indrakila Boyolali

Keju Indrakila Boyolali

Apakah ada yang tahu kalo Boyolali merupakan daerah penghasil keju? Produksi susu sapi segar yang berlimpah menjadi alasan untuk mendirikan pabrik keju di daerah ini. Pabrik keju ini menjadi yang pertama ada di Jawa Tengah. Terletak di Jalan Prof. Soeharso Boyolali, yang merupakan jalan satu arah dari terminal menuju arah Solo.

Produksi keju dari Indrakila cukup beragam. Namun sayang sekali meski sering ke Boyolali, saya belum sempat mampir kesana. Padahal saya pengen banget beli langsung di pabriknya. Biasanya kan titip beli pada keluarga yang tinggal di Boyolali. Keju dari Boyolali ini memiliki rasa yang tak kalah dengan keju dari benua Eropa. Kabarnya bahkan pemilik resto dan hotel di Bali, banyak memesan keju Indrakila.

4. Kembang Jambu

Nah, kalo jajanan yang satu ini udah saya kenal sejak jadi menantu orang Boyolali. Tiap kali mudik, saya selalu mendapat suguhan kembang jambu di dalam toples kaca. Saya jadi ketagihan mencicipi kalau main kesana. Dan setelah tahu tempat pembeliannya, saya memilih beli sendiri. Ada dua jenis kembang jambu, yang gurih dan manis.

Saya lebih suka kembang jambu yang original atau gurih. Dan biasanya saya lebih suka beli di pasar Ampel. Di samping bisa beli dengan harga murah, juga boleh pilih berat timbangannya. Kalo bingung mau ngasih oleh-oleh buat tetangga, saya pilih ke pasar Ampel. Tinggal beli 5 kilo saja, terus sampai di rumah dibungkus lagi dalam plastik dan saya bagi ke tetangga. Ngirit lah oleh-olehnya!

5. Mentho/Lento

Lento Boyolali

Mentho Lento

Yang suka makan soto di Boyolali pasti pernah melihat sajian Mentho di piring. Kuliner khas Boyolali ini merupakan salah satu lauk pelengkap makan soto. Mentho atau Lento terbuat dari campuran tepung, kacang tanah atau kacang tolo yang renyah. Jajanan ini menjadi pelengkap yang wajib ada setiap makan sambel tumpang atau soto di Boyolali.

6. Ayam Goreng Kampung

Saya paling suka tiap kali ke Boyolali, mendapat suguhan ayam goreng. Di Boyolali memiliki kuliner ayam goreng yang khas rasa bumbunya. Biasanya saya selalu mampir beli untuk oleh-oleh orang rumah. Kan pulang dari luar kota tuh pengennya leyeh-leyeh saja, jadi tinggal masukin ayam di kulkas. Besok paginya tinggal goreng dan ayam siap saji di meja makan. Praktis banget kan?!

Yang paling terkenal dan menjadi tujuan belanja ada di Jalan Kates. Ulam Sari ini sudah menjajakan sajian ayam goreng kampung sejak puluhan tahun yang lalu. Harganya juga nggak mahal, worth it banget lah.

Lento Boyolali

Ayam Goreng Kampung

Sebenarnya nggak hanya tujuh ragam kuliner khas Boyolali di atas aja yang wajib Ezytravelers beli bila sedang di Boyolali. Masih ada lagi Kripik Belut, Dodol Susu, Jenang, Bolu Kelapa, Madu Mongso, dan yang lainnya. Semua jajanan ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh sepanjang jalan Banaran, Boyolali. Siap-siap aja kekepin dompet kalo nggak pengen jebol. Semuanya enak dan murah sih, hahaha.

Temukan Berbagai Pilihan Harga Termurah disini: Paket Wisata, Hotel di Semarang, dan Paket Tour Murah 

Wokey, sudah banyak ceritanya nih tentang kuliner khas Boyolali yang jadi favorit keluarga saya. Tiap kali ke Boyolali, dan ini sering banget, saya selalu mampir beli oleh-oleh untuk keluarga di Semarang. Teman-teman blogger Semarang juga pernah saya bawakan oleh-oleh dari Boyolali. Nanti ya kalau kopdar, saya bawakan lagi. Sampai jumpa Ezytravelers.

(Visited 817 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Kuliner Khas Dari Boyolali Yang Wajib Kalian Jadikan Oleh-Oleh' have 2 comments

  1. February 2, 2017 @ 11:30 am Dewi 'Dedew' Rieka

    penasaran dengan keju boyolali aku mba, kereeen yaaa

    Reply

    • February 2, 2017 @ 12:59 pm Hidayah Sulistyowati

      Iya mba, enak dan produksi anak bangsa. Ntar ya aku kesana dulu langsung, agar bisa cerita banyak tentang keju Boyolali.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool