Kuliner Semarang

Kulineran Asyik Minggu Pagi di Semarang

Ada yang tau kalau di Semarang itu patung Diponegoro merupakan simbol apa?

Yup, betul sekaliiiii… Dimana ada patung tersebut, di situlah kampus Universitas Diponegoro berada. Bagi yang sudah pernah melakukan perjalanan wisata ke Semarang tentunya sudah familier dengan keberadaan kampus lama dan kampus baru dari universitas ini. Dulu sih lebih sering disebut dengan ‘kampus bawah’ dan ‘kampus atas’. Kampus bawah identik dengan kampus fakultas-fakultas sosial macam Fakultas Hukum, FISIP, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra. Sebaliknya kampus atas identik dengan fakultas-fakultas eksakta macam teknik, kesehatan masyarakat, MIPA, dan lainnya.

Namun semenjak seluruh S1 semua fakultas dipindah ke kampus atas, kampus bawah yang berada di Jalan Imam Bardjo, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Erlangga menjadi sepi. Kini kampus bawah hanya digunakan untuk mahasiswa pasca sarjana.

Saya termasuk generasi ‘kampus bawah lama’ ๐Ÿ˜‰ Masih ingat sekali di ketiga ruas jalan yang saya sebutkan tadi berbagai macam kuliner dengan level kantong mahasiswa. Namun seiring dengan berpindahnya semua fakultas ke kampus atas, kini daerah ini tak seramai dulu lagi. Beberapa warung idola saya sudah hilang tergerus menipisnya demand ๐Ÿ™

lontong sayur

Tapi tak selamanya kampus bawah sepi loh. Di hari minggu pagi geliat kuliner di sepanjang Jalan Imam Bardjo SH meningkat pesat. Berpindahnya aneka lapak ke ruas jalan ini dimulai dengan diberlakukannya larangan berjualan di seputar Simpang Lima. Pedagang tiban Minggu pagi pun beralih ke seputar kampus dan Stadion Diponegoro.

Berbagai lapak jualan serempak meramaikan geliat Minggu pagi di Kota Semarang, mulai dari lapak aksesoris, baju, sepatu, perlengkapan kamar, batik dan aneka kuliner memenuhi segala sudut jalan di kedua wilayah yang saya sebutkan di atas tadi. Jadi bisa asyik belanja-belanji, pilihannya banyak sekali. Setelah lelah menyusuri jalan dan berbagai stand jualan, kita bisa beristirahat sembari menikmati aneka kuliner asyik di sana.

Di sepanjang Jalan Imam Bardjo SH, tepatnya di depan gerbang kampus bawah Universitas Diponegoro, surga kuliner tersaji untuk kita. Mulai dari menu-menu yang pas untuk sarapan hingga ke berbagai cemilan kekinian ada semua di sana. Mau lontong sayur? Ada. Komplit pula ada koyornya. Makanan khas Kudus juga ada loh. Lentog… ya betul sekali. Lentog yang dijual tepat di depan joglo pusat kegiatan mahasiswa Undip itu enak banget. Lontong yang diguyur sayur santan berisi nangka muda dan tahu itu sungguh menggugah selera. Silakan dicoba ๐Ÿ˜‰

Nasi uduk Jakarta pun tersedia untuk menuntaskan rasa lapar setelah berjalan-jalan Minggu pagi. Berlokasi di depan Kantor Pos, lapak nasi uduk ini merupakan salah satu pilihan kuliner yang tak pernah sepi pembeli. Sepasang bapak-ibu separuh baya dengan telaten meladeni pesanan para pelanggannya. Nasi uduk ini di saat hari-hari biasa memang berjualan di depan kantor pos itu. Hanya saja gerobaknya agak lebih ke barat sedikit, bukan pas di belokan jalan menuju Erlangga seperti pada Minggu pagi ini.

Terus ada apa lagi donk?

nasi pecel blitar

Nasi pecel Blitar pun ada. Nasi kebuli dengan cita rasa khas Timur Tengah juga ada, berlokasi tepat di depan gedung Bank Indonesia. Belum lagi berbagai soto dan sate ayam, sudah siap saja menyambut para pejalan-jalan pagi. Tinggal pilih saja mau yang mana.

aneka angkringan

ย Mau cari angkringan? Ada donk. Yang ini juga berlokasi di depan gedung BI. Kalau mau cari cemilan pun pilihannya tak kalah dengan versi makan besarnya. Cireng dan cilok ada, siomay, batagor, sosis bakar, jajan pasar, risol mayo, klapertaart, bahkan capucino cincau yang segar pun ada. Ayooo mau cari apa lagi nih?

Bagi sobat blogger dan sahabat Hello Semarang yang sedang berada di Semarang pas hari Minggu, jangan lewatkan kulineran asyik di seputaran kampus Undip bawah ini yaaaa…. See you there ๐Ÿ˜‰

Kulineran Asyik Minggu Pagi di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 889 times, 1 visits today)


About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Kulineran Asyik Minggu Pagi di Semarang' have 2 comments

  1. June 4, 2015 @ 7:57 pm Titik Asa

    Wah..makasih rekomendasinya Mbak.
    Saya Sabtu pagi insya Allah sudah di Semarang. Pengen keluyuran mengunjungi beberapa tempat wisata. Minggu pagi moga saya bisa berkunjung ke tempat yg Mbak tuliskan ini. Minggu siang sd malam saya akan menikmati Loenpia Jazz.
    Terima kasih Mbak.

    Salam,

    Reply

  2. February 8, 2017 @ 10:36 pm Fika Yosna

    Kalo mau masukin di blog ini gmana ya ??? aku mau masukin warung makan ku nih buka bubur ayam jamur di daerah imam barjo semarang minta responnya yaa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool