Museum Kereta Ambarawa

Lewat Kabupaten Semarang, Yuk Mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa

Lewat Kabupaten Semarang, Yuk Mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa
5 (100%) 3 votes

Jika Anda hendak wisata ke Semarang dan melewati kabupaten Semarang, jangan lupa mampir ke museum kereta api Ambarawa.

Terletak di Jalan Stasiun No.1 kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, museum kereta api Ambarawa ini dulunya merupakan stasiun kereta api. Namun sekarang dialihfungsikan menjadi sebuah museum  yang memiliki kelengkapan kereta api yang pernah berjaya pada zamannya.

Menurut sejarah yang saya baca di Wikipedia Indonesia, stasiun kereta api Ambarawa dibangun Pada 21 Mei 1873 di atas tanah seluas 127.500 m². Dulu, stasiun ini dikenal sebagai Stasiun Willem I. Tahun 1976 ditutup dan diubah menjadi museum kereta api, dengan mengumpulkan lokomotif yang pernah andil dalam pertempuran khususnya mengangkut tentara Indonesia.

museum kereta api ambarawa

TIKET BANJARMASIN KE SEMARANG

Meski sudah tidak difungsikan sebagai stasiun, museum ini melayani perjalanan dengan kereta wisata dengan rute PP  Ambarawa-Bedono untuk lomotif uap dan Ambarawa-Tuntang untuk lokomotif diesel.

Kereta wisata Ambarawa-Bedono beroperasi dari museum ini menuju Stasiun Bedono kecamatan Jambu Semarang. Panorama keindahan alam seperti lembah yang hijau antara Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dapat disaksikan sepanjang perjalanan.

Sementara untuk kereta wisata Ambarawa-Tuntang, berangkat menuju Stasiun Tuntang, yaitu stasiun kereta api yang terletak di kecamatan Tuntang, daerah perbatasan antara Salatiga dan kabupaten Semarang yang berjarak sekitar 7 km dari museum. Di sepanjang jalan dapat dilihat lanskap menawan berupa sawah dan ladang dengan latar belakang Gunung Ungaran,Gunung Merbabu, dan Rawa Pening di kejauhan.

Anda dapat menyewa kereta api untuk melakukan perjalanan wisata tersebut dengan tarif mulai Rp 7.500.000 pergerbong berkapasitas 40 orang.

Tapi jangan kuatir, Anda yang datang ke museum ini tanpa rombongan masih dapat menikmati kereta wisata tanpa harus menyewa satu gerbong kereta. Datang saja pada hari Minggu atau hari libur nasional. Museum menjual tiket kereta wisata satuan dengan harga Rp 50.000 perkarcis. Kereta wisata diberangkatkan dua kali sehari yaitu pada pukul 11.00 dan pukul 14.00. Datangkah lebih awal, karena tiket kereta wisata sangat diminati pengunjung. Kemarin saat saya tiba di sana pukul 13.00, tiket kereta wisata diinformasikan sudah habis terjual pada pukul 11.30.

museum ambarawa

Tak usah berkecil hati jika kehabisan tiket kereta. Anda masih bisa masuk ke dalam kereta api yang ada di  museum ini dengan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000,- perorang. Selain dapat melihat koleksi kereta api, beraneka barang antik juga dipajang di museum ini seperti telepon antik, peralatan telegraf morse, dan bel antik.

antik

Menarik bukan? Dengan mengunjungi museum kereta api Ambarawa Anda bisa menikmati wisata alam sekaligus wisata sejarah.

(Visited 9,740 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Lewat Kabupaten Semarang, Yuk Mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa' have 13 comments

  1. March 24, 2015 @ 4:26 pm Hidayah Sulistyowati

    Aku sama si sulung pernah naik ini belasan tahun lalu *berasa lampau bangeeet

    Reply

  2. March 24, 2015 @ 6:33 pm Lestari

    Aku belom pernah ke sini :(((

    Reply

  3. March 25, 2015 @ 9:04 am munif

    pernah sekali naik keretanya, sepanjang perjalanan pamandangannya menyejukan mata… 🙂

    Reply

  4. March 25, 2015 @ 11:06 am Inung Djuwari

    aku pinginnn naik kereta uapnya….dulu pas kesana cuman naik yang kereta2an, dari Stasiun Ambarawa ke Tuntang dan kembali lagi ke Sta Ambarawa.
    Bener banget, kita bisa menikmati wisata alam, terutama rawa pening.

    Reply

  5. June 15, 2015 @ 9:07 am intan kurnia

    aku bulan juni tanggal 4, 2015 kemarin kesini

    Reply

  6. June 19, 2015 @ 1:17 pm Yunita

    Mba, kalao naik kereta turun di stasiun apa ya yang terdekat sama museum ini?

    Reply

    • July 5, 2015 @ 2:10 pm Nachesya

      Saya dr solo kl mau ksana naik kereta turun dmn???? Pgin liburan ke semarang naik kereta tp g th wisata apa yg dekat dr stasiun tawang sari

      Reply

      • July 14, 2015 @ 6:42 am rahmiaziza

        Kalo naik kereta bisanya ya turun Semarang mba. Terus naik bis lagi ke Ambarawa. Karena kereta ini hanya buat kereta wisata, jurusannya seperti yang sudah saya sebutkan dalam artikel saja

        Reply

        • August 15, 2015 @ 10:07 am dewi minar

          Assalammualaikummbak Rahmi..sy boleh dpt info donk mau k ambarawa..brp tiketnya..?? Klo sewa 1 gerbong brp yaa..?? Gmana prosedurnya..?? Oiya mbak Rahmi ada info ttg travel k kudus..?? Tks info. Wass.

          Reply

          • August 21, 2015 @ 5:02 am Rahmi Aziza

            Mbak Dewi, coba hubungi PT KAI Daop 4 sebulan sebelum rencana berwisata,bhubungi 108 untuk minta nomor kontaknya. Saya dengar2 pesannya ke situ dan memang harus jauh2 hari. Sewa segerbong mulai 7,5 juta waktu kmrn saya tanya ke sana. Kalo ga mau sewa segerbong naik kereta diesel aja Rp 50.000 perorang rutenya sama, tapi khusus hari minggu dan libur nasional yang ini.

  7. July 13, 2015 @ 11:02 pm maya

    halo..
    boleh tanya ya.. kalo dari Semarang ke Ambarawa menggunakan transprotasi umum bagaimana ya caranya?
    dan berarti museum ini sudah mulai dibuka lagi ya? soalnya kapan lalu teman saya bilang kalau museum ditutup sementara waktu karena dalam masa renovasi.
    terima kasih ya..

    Reply

    • July 14, 2015 @ 6:47 am Rahmi

      Naik bis aja mba ke ambarawanya kalo dari Semarang. Dari Terbotyo banyak. Kalo dari kota bisa nyegat di Java Mall. Udah dibuka lagi kok mba stasiunnya

      Reply

  8. September 18, 2015 @ 7:13 am nisa

    ass. mba rahmi, saya kepingin sekali bawa keluarga kesana, kalau pesen tiket kereta yg 50 rb jauh2 hari bisa nggak ya, soalnya takut udah jauh2 tiketnya habis. trus berapa lama ya perjalanan dari kota semarang ke ambharawa, soalnya rencananya saya menginap di kota semarang. tks infonya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool