Onde-Onde

Lezatnya Onde-onde MbahNyol Semarang

Halo…hai…apa kabar semua? Semoga senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan, aamiin. Tak terasa sudah akan weekend lagi. Apakah sudah mempunyai rencana jalan-jalan ke suatu tempat? Atau akan menghabiskan waktu dirumah saja? Atau mungkin bagi Anda yang ada di luar Kota Semarang akan terbang ke Semarang untuk berwisata?

Kalau Anda memilih berwisata ke Semarang dan bingung memilih kudapan ketika sedang wisata di Semarang? Atau bingung memilih oleh-oleh untuk kerabat selepas jalan-jalan di Semarang? Informasi berikut ini semoga dapat menjadi referensi Anda.

Kudapan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh kalau sedang bertandang ke Semarang. Namanya Onde-onde. Jajanan tradisional ini adalah jenis jajan pasar yang sampai saat ini masih menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Konon jajanan ini bukan asli Indonesia. Tetapi entahlah, saya belum menemukan sejarahnya. Mungkin ada yang akan sharing tentang asal-usul Onde-onde? Boleh sharing disini.

Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan didalamnya berisi kacang hijau dan diluarnya atau dikulit onde-onde ditaburi wijen. Jenis onde-onde itu banyak. Ada yang terbuat dari tepung terigu, dan biasanya tidak berisi. Hanya tepung terigu yang terasa manis yang kemudian di goreng, jadi garing diluar, empuk didalam dan tetap ada taburan wijennya. Ada lagi onde-onde yang bentuknya kecil-kecil dan digoreng sangat kering, layaknya kue kering. Biasanya onde-onde yang digoreng garing ini tidak ada isinya juga tetapi bertaburan wijen. Mungkin wijen menjadi ciri khas kue onde-onde itu sendiri.

Onde- onde Semarang

Onde-onde baru saja diangkat dari penggorengan

Di Semarang tepatnya di Puri Anjasmoro terdapat penjual Onde-onde yang pasti enaklah. Garing diluar dan maknyus didalam. Si pemilik menamakan onde-onde buatannya dengan Onde-onde Mbah Nyol. Disebut Mbah Nyol karena pemilik suka melucu atau membanyol ataupun bersifat konyol.

Kedai Onde-onde di Semarang

Kedai Onde-onde MbahNyol

Onde-onde MbahNyol ini tersedia dalam lima varian yaitu rasa original, coklat, pandan, kopi dan keju. Untuk rasa original kulit terasa gurih dan dipadu dengan isi kacang hijau kupas yang manis. Rasa coklat, kulitnya saja yang berasa coklat dalamnya tetap berasa kacang hijau yang legit. Begitu juga yang rasa pandan dan kopi, hanya kulit luarnya yang terasa kopi juga pandan, dalamnya sama berisi kacang hijau kupas yang ditumbuk halus. Kalau untuk rasa keju, kulitnya gurih dan isiannya selain kacang hijau ada tambahan kejunya. Jadi ada manis dan gurihnya. Perbuah dihargai Rp. 3.000,00 saja.

Wisata Kuliner di Semarang

Varian Onde-onde MbahNyol

Onde-onde ini enak dihidangkan bila masih hangat, tetapi tergantung selera juga sih, kalau tidak suka hangat, dingin pun tetap lezat. Bila tidak habis dalam sehari, simpan di lemari pendingin dan masih tetap bisa disajikan kembali keesokan harinya. Penyajiannya cukup dengan menghangatkan terlebih dahulu ke dalam microwave. Bila untuk oleh-oleh di luar kota Semarang pun bisa. Begitu sampai di kota tujuan, taruh di kulkas dan hangatkan dalam microwave sebelum disajikan. Mudah bukan.

Onde- Onde Semarang

Di toko Onde-onde MbahNyol ini selain menyediakan Onde-onde juga terdapat kudapan lainnya. Seperti pastel, risoles, tahu bakso, tahu bacem dan kroket dengan harga rata-rata Rp. 3.000,00 perbuah, kecuali pastel yang harganya Rp. 5.000,00/buah. Ada juga pia, seperti pia kacang hijau, coklat dan keju, hargabya juga Rp. 3000,00 perbuah. Camilan lain seperti kripik singkong, kripik kentang juga tersedia. Kedai dibuka dari jam 5.30 sampai dengan 16.30 setiap harinya.

Lezatnya Onde-onde MbahNyol Semarang
5 (100%) 3 votes
(Visited 3,808 times, 1 visits today)



'Lezatnya Onde-onde MbahNyol Semarang' have 13 comments

  1. April 17, 2015 @ 12:23 pm Soviana

    Udah lama pengen nyobain ini tapi belum kesampaian. Padahal deket banget dari rumah hahaha

    Reply

  2. April 17, 2015 @ 1:09 pm herlambang

    Ketoe menggoda ki sing bulet2 tur warna warni.. makanan mahal dan becita seni tinggi ki Soale wijene di teplekke siji2.. njlimet tenan.. kudu di jajal..!!

    Reply

    • April 17, 2015 @ 7:15 pm Inung Djuwari

      iya bener mas Herlambang….butuh pirang jam kui nempleki wijen per onde-onde…hahaha

      Reply

  3. April 17, 2015 @ 3:39 pm Uniek Kaswarganti

    Bawain lah Nung ntar klo ketemu lagi, deket kantormu to iki?

    Reply

  4. April 17, 2015 @ 6:23 pm Hidayah Sulistyowati

    Iyaaa…bawain ntar pas kopdaaar *inga-inga

    Reply

  5. April 18, 2015 @ 5:25 pm ifa

    Sayange g sampai malam ya

    Reply

  6. April 25, 2015 @ 2:55 pm Kartika

    akh! Menggoda banget onde-ondenya. nitip kirimin ke Bogor Mbaaaaaak, mauuuu :((

    Reply

    • April 26, 2015 @ 1:09 am Inung Djuwari

      Hayukss ke semarang saja mbak…. Bisa makan sepuasnyaa

      Reply

  7. August 19, 2016 @ 12:32 am Tanti

    Rasanya tuh …….. pas dikunyah enak bgt, blm prnh makan onde2 seenak ini. Apalagi pas msh panas.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool