libur Lebaran di Semarang

Wisata Seharian Saat Libur Lebaran di Semarang Bareng Keluarga

Ezytravelers sudah punya destinasi saat libur lebaran nanti?

Terutama kalian yang mudik ke Semarang dan sekitarnya. Udah punya itinerary liburan yang bisa dinikmati bareng keluarga? Biasanya lebaran identik dengan jalanan luar kota yang macet. Udah lihat waze dan semua rute jalan berwarna merah. Itu bikin males banget pastinya.

Nah, saya sharing solusi One Day Trip Liburan Bareng Keluarga Saat Lebaran. Nggak perlu pergi sampai jauh keluar kota. Cukup sisihkan waktu sehari liburan yang dekat dengan kota Semarang. Iya, kalian cukup menyisihkan waktu untuk Wisata Sehari Saat Libur Lebaran di Semarang Bareng Keluarga.

Semarang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Wisata heritage udah banyak ditulis di artikel yang ada di hellosemarang.com ini. Silahkan cari dalam label khusus ya. Tapi kalo Ezytravelers pengen wisata alam dengan lokasi yang dekat dari kota Semarang, ada banyak pilihan. Meski bukan bagian dari kota Semarang, tempat wisata yang saya tuliskan ini menjadi favorit warga kota.

Saya pilihkan tiga tempat wisata saja untuk One Day Trip, agar Ezytravelers dan keluarga bisa eksplore sepuasnya. Karena mengingat arus jalan saat lebaran kadang macet juga, jadi tiga tempat wisata dalam satu hari sudah cukup. Salah satunya adalah tempat ngehits di Candi Gedong Songo. View-nya keren banget. Berasa di negri di atas angin yak.

libur Lebaran di Semarang

Namun kalo Ezytravelers punya waktu banyak selama libur lebaran, boleh loh berkunjung ke Wonosobo yang eksotis. Di sana ada satu tempat wisata yang menawan dan bisa menyusuri kawasan telaga dengan naik gethek. Jangan cemas, aman kok karena air telaga kan tenang. Dan penumpangnya juga nggak banyak, cukup lima sampai enam orang. Baca yuk dalam artikel berikut :

Wisata Sehari Libur Lebaran di Semarang Bareng Keluarga :

 

1. Candi Gedong Songo

Ke Semarang tanpa mampir mengunjungi Candi Gedong Songo rasanya ada yang kurang. Bener nggak sih?

Yup, karena keelokan candi dan alam yang berada di sekelilingnya, bikin kalian terpikat untuk datang lagi. Apalagi pengelola Candi Gedong Songo memahami kebutuhan pengunjung untuk foto selfie di tempat wisata. Jadi meski kalian udah pernah mengunjungi candi Gedong Songo, diharapkan bakal datang lagi. Karena Candi Gedong Songo baru saja berbenah dengan mempercantik kawasan wisata.

libur Lebaran di Semarang

Dekat tempat pembelian tiket masuk, tersedia panggung yang cukup luas dengan tulisan Candi Gedong Songo berukuran besar. Spot ini sering dijadikan foto para pengunjung Candi Gedong Songo untuk menghabiskan waktu libur Lebaran di Semarang. Saya sebenarnya juga pengen foto di depan tulisan warna putih dan merah, namun karena banyak pengunjung sedang istirahat di sana, gagal deh rencana saya.

libur Lebaran di Semarang

Meski sudah berulang kali mengunjungi situs candi ini, saya iyakan ajakan keluarga suami yang pengen lagi kesana. Apalagi Candi Gedong Songo sekarang makin cantik dengan taman bunga mulai dari gerbang depan hingga ke area candi pertama.

Selebihnya masih sama kalo soal fasilitas. Seperti kuda yang bisa disewa untuk mencapai candi yang paling tinggi tempatnya. Atau kalo kalian ingin foto dengan menunggang kuda, juga bisa. Cukup sisihkan duit sebesar lima ribu atau sepuluh ribu, kalian bisa bergaya bak cowboy di perkebunan.

 

2. Air Terjun 7 Bidadari

Dari Candi Gedong Songo kita melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata berikutnya untuk libur Lebaran di Semarang. Air Terjun 7 Bidadari bisa ditempuh dari Candi Gedong Songo menuju Sumowono. Kemudian pilih jalur yang menuju Limbangan atau Boja. Dari Sumowono kurang lebih sekitar 3 km, kalian akan menemukan tempat latihan TNI serta asramanya. Nantinya ada petunjuk jalan yang mengarahkan kalian menuju wisata Air Terjun 7 Bidadari.

Jalan menuju lokasi air terjun lumayan, jauhnya sekitar 7 km. Namun pemandangan sepanjang jalan bikin kalian nggak akan bosan. Perkebunan penduduk, sawah yang menghampar, serta rumah penduduk yang rapi menjadi pemandangan yang indah.

Asiknya mengunjungi lokasi wisata Air Terjun 7 Bidadari adalah tempatnya sangat cantik. Jalan menuju lokasi air terjun juga cukup dekat dari tempat parkir. Suara gemuruh Air Terjun 7 Bidadari sudah tertangkap pendengaran meski belum terlihat jelas. Air yang jernih dan mengalir deras sangat menarik pandangan mata.

Saya mengamati ada tujuh asal air terjun yang mungkin menjadi penyebab nama Air Terjun 7 Bidadari digunakan. Katanya sih karena dulunya ada 7 bidadari sedang mandi di bawah guyuran air yang terjun dari atas bebatuan.

libur Lebaran di Semarang

Melihat air yang jernih bikin pengunjung tak ingin berpangku tangan. Banyak yang foto-foto sendirian atau bersama teman seperjalanan di lokasi air terjun. Atau bermain air yang mengalir di sungai.

Hmmm, saya pun nggak nahan pengen menyentuh dan bermain air seperti pengunjung lainnya. Airnya jernih banget, dan dingin. Untuk cuci muka pun bikin segar. Letih pun sirna usai membasuh muka dengan air tersebut. Jangan khawatir dengan limpahan air yang lumayan juga debet airnya. Pengelola akan melarang pengunjung foto di lokasi air terjun bila daerah atas sedang diguyur hujan lebat.

3. Bantir Hills

Warga Semarang dan sekitarnya saat ini sedang tertarik liburan di tempat yang tengah hits. Bantir Hills merupakan tempat wisata untuk menghabiskan waktu libur Lebaran di Semarang yang lagi menjadi perbincangan hangat para pelancong. Lokasinya dekat dengan Air Terjun 7 Bidadari. Nggak sampai 1 km jaraknya dari air terjun tersebut, kalian sudah bisa mencapai lokasinya. Bantir Hills juga terlihat dari jalan raya yang menghubungkan Sumowono dengan Boja.

Bantir Hills menawarkan panorama alam yang menawan. Pemandangan gunung, sawah, pohon yang rindang, serta kawasan pemukiman penduduk menjadi panorama indah bagi wisatawan. Tak hanya panorama alam yang memikat pandangan. Bantir Hills memiliki spot foto bagi penyuka selfie yang senang memasang hasil foto di Instagram atau media sosial lainnya.

Untuk mencapai Bantir Hills di puncak bukit, Ezytravelers mesti melakukan trekking sejauh 1000 meter. Butuh fisik yang bugar untuk melintasi trek sepanjang perjalanan menuju puncak bukit. Namun lelah itu akan terbayar lunas kala menjumpai pemandangan alam yang menakjubkan. Ezytravelers bisa menyaksikan deretan gunung bila cuaca cukup cerah. Namun kemarin sebagian langit tertutup awan, jadi saya nggak bisa menyaksikan pemandangan cantik dari bukit.

Sepanjang jalan kalian juga bisa memilih spot untuk foto-foto. Ada rangka bentuk love yang kayaknya ngehits banget. Di tempat wisata alam mana pun, pasti kalian akan menjumpai spot foto bentuk love. Ada yang dihias tanaman rambat dengan bunga-bunga cantik di sekelilingnya.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo hari raya dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

 

libur Lebaran di Semarang

Pilihan spot foto lainnya ada Gazebo yang desainnya unik dan modern. Ada juga beberapa rumah pohon yang juga ngehits di tempat wisata alam lainnya. Atau mungkin kalian bisa nyobain foto di Gardu Pandang yang tak kalah keren. Pantas lah kalo Bantir Hills makin hari menjadi destinasi wisata warga Semarang dan sekitarnya.

Terlebih para pemilik akun Instagram, yang butuh memamerkan foto koleksinya di tempat-tempat kece. Dan yang bikin tempat ini favorit adalah tiket masuk masih murah. Hanya biaya parkir untuk motor sebesar dua ribu rupiah. Sementara untuk mobil biayanya cuma lima ribu rupiah. Hmmm, destinasi wisata yang murah meriah ya.

Mengunjungi tiga tempat dalam waktu sehari sudah cukup. Kalo urusan mengisi perut, kemarin kami memilih makan sate kelinci di kawasan Candi Gedong Songo. Kebetulan usai menyusuri kawasan wisata sudah menjelang makan siang. Nggak ada warung favorit sih, karena semua kayaknya sama kalo soal rasa dan harga. Kalo Ezytravelers kurang suka sate kelinci, tersedia sajian menu lain yaitu sate ayam, mie bakso, atau mie ayam.

Kemarin saya mengunjungi tiga tempat wisata alam tersebut seharian, dan masih bisa pulang sekitar pukul lima sore. Berangkat dari rumah Ibu, di kawasan Pedurungan sekitar pukul tujuh pagi. Cukup banget bagi kami mengeksplore tiga tempat wisata yang makin ngehits belakangan ini untuk libur Lebaran di Semarang.

Kalian bisa nyaman menikmati tiga tempat tanpa terjebak macet di jalan lintas propinsi. Karena ketiga kawasan itu memiliki alternatif jalan dari Ungaran atau Kabupaten Semarang dan dari Boja. Kalo wisata sehari, kalian masih bisa menyisihkan waktu sepanjang libur lebaran untuk silaturahmi dengan teman dan kerabat.

Bagaimana, lebaran hari keberapa akan berkunjung ketiga tempat ini Ezytravelers?

Picture : Bantir Hills by Mara Solehah

 

Wisata Seharian Saat Libur Lebaran di Semarang Bareng Keluarga
Vote Us
(Visited 188 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Wisata Seharian Saat Libur Lebaran di Semarang Bareng Keluarga' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool