Loenpia Jazz

Loenpia Jazz, Festival Jazz Terbesar di Semarang

Beberapa tahun terakhir ini, penyebaran musik jazz di Indonesia terasa sangat masif dan makin luas. Seandainya jazz diibaratkan sebagai virus, maka virus itu telah ”menginfeksi” begitu banyak orang termasuk di Semarang. Tiap tahun ada banyak sekali event jazz baik yang berskala internasional maupun lokal. Salah satu pagelaran jazz paling meriah dan selalu ditunggu-tunggu di Kota Semarang adalah Loenpia Jazz 2015 yang akan dilaksanakan tanggal 7 Juni 2015.

Loepia Jazz

Loepia Jazz 2012 di Taman KB

Loenpia Jazz adalah festival jazz tahunan yang dimotori oleh komunitas Jazz Ngisoringin. Loenpia Jazz pertama pada tahun 2012 diselenggarakan di Taman KB di pusat kota Semarang. Acara tersebut diadakan untuk merayakan ulang tahun Komunitas Jazz Ngisoringin.

Loepia Jazz

Loenpia Jazz 2013 “Ngejazz Malu Tak Ngejazz Rindu

Loepia Jazz

Loenpia Jazz 2013 di Kota Lama Foto: Sriyono

Pada tahun 2013, Loenpia Jazz “Ngejazz Malu, Tak Ngejazz Rindu” digelar di kawasan Kota Lama. Pengunjung bisa merasakan pengalaman menikmati musik jazz di kawasan bersejarah yang dipenuhi bangunan-bangunan kuno peninggalan masa kolonial Belanda. Ribuan orang berkumpul dan menikmati musik jazz dari siang hingga petang.

Loepia Jazz

Loenpia Jazz 2014 “Jazz Pol Rem Blong”

Loepia Jazz

Loenpia Jazz 2014 di Kawasan Pecinan. Foto: @loenpiaJazz

Sementara pada tahun 2014 lalu, Loenpia Jazz “Jazz Pol Rem Blong” mengambil lokasi di kawasan Pecinan sebagai venue. Uniknya, panggung-panggung didirikan di tengah-tengah perkampungan yang cukup padat. Beberapa panggung bahkan didirikan di halaman Klenteng yang biasa digunakan untuk ibadah oleh warga setempat

Sedangkan pada gelaran yang keempat tahun 2015 ini, Loenpia Jazz mengambil tagline “Aku Ngejazz Mergo Kowe” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Aku Nge-jazz karena kamu”. Tagline ini berarti bahwa Loenpia Jazz dipersembahkan dengan tulus oleh Komunitas Jazz Ngisoringin untuk Kota dan seluruh warga Semarang.

Loepia Jazz

Logo dan teaser Loenpia Jazz 2015 “Aku Ngejazz Mergo Kowe”

Selaras dengan tagline yang diangkat, lokasi yang dipilih sebagai venue adalah Puri Maerakaca, salah satu obyek wisata di Semarang. Dalam cerita pewayangan, Taman Maerakaca digambarkan sebagai taman terindah di khayangan. Dikisahkan, Sukrasana berjuang sepenuh hati memindahkan taman tersebut ke bumi untuk memnuhi permintaan kakaknya, Bambang Sumantri.

Loepia Jazz

Pre Event Loenpia Jazz 2015 “Aku Ngejazz Mergo Kowe”. Perform di atas Bus tingkat SemarJawi keliling kota Foto @loenpiaJazz

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara akan berlangsung satu hari mulai pukul 12.00 WIB hingga malam hari pada tanggal 7 Juni 2015. Akan ada empat stage yang tersebar di taman mini Jawa Tengah itu yang bisa dinikamati oleh pengunjung. Sejumlah musisi jazz kenamaan Indonesia yang siap ikut serta antara lain: Tohpati, Indro Hardjodikoro juga Peppi Kamadhatu. Selain itu, berbagai komunitas jazz dari penjuru Indonesia seperti Komunitas Jazz Kemayoran, YK Samarinda, Komunitas Jazz Mben Senen Yogyakarta, Komunitas Jazz Ngisoringin juga siap tampil.

Pre event loenpia jazz

Pre Event Loenpia Jazz 2015 “Aku Ngejazz Mergo Kowe”. Perform di atas Bus tingkat SemarJawi keliling kota Foto @loenpiaJazz

“Loenpia Jazz tahun ini akan menghadirkan pengalaman unik tersendiri bagi pengunjung. Salah satunya karena ada tema kuliner yang membungkus keseluruhan acara”, ungkap Humas Loenpia Jazz 2015 Gatot Hendra Putra. Rencananya, di lokasi Loenpia jazz digelar akan disajikan berbagai jenis kuliner yang akan memanjakan selera. “Pengunjung dapat menikmati jazz dan kuliner secara bersamaan, sebagai suatu pengalaman unik yang hanya bisa dinikmati di Loenpia Jazz 2015, dan menguatkan identitas Semarang yang sudah dikenal kaya akan budaya kulinernya”, tambah personil grup band Aljabar tersebut.

Komunitas Jazz Ngisoringin sebagai penyelenggara percaya jika perhelatan ini dapat menjadi sesuatu yang membanggakan bagi Kota Semarang dan warganya. Bahwa melalui jazz dan musik, para musisi dapat memberikan sumbangsih terbaik demi perkembangan budaya Kota Semarang. Loenpia Jazz pada akhirnya bukan hanya sebuah pertunjukan, tetapi juga menjadi sebuah peristiwa budaya yang setiap tahun selalu ditunggu kehadirannya

Baca juga : 10 Alasan wajib datang ke Loenpia Jazz 2015

Loenpia Jazz, Festival Jazz Terbesar di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,213 times, 1 visits today)



'Loenpia Jazz, Festival Jazz Terbesar di Semarang' have 4 comments

  1. May 24, 2015 @ 11:25 am Hidayah Sulistyowati

    Mudah-mudahan saya bisa nonton festival jazz di Maerokoco, nggak sabar menanti tanggal 6 Juni 😀

    Reply

    • May 29, 2015 @ 11:07 am Sofyan Rosydi

      Acara setahun sekali, terlalu sayang untuk dilewatkan

      Reply

  2. May 27, 2015 @ 3:14 pm Rahmi

    Pengen nontooon, moga bojo bisa nemeniin

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool