Makanan khas buka puasa di Semarang

Makanan Khas Saat Kalian Buka Puasa di Kota Semarang

Ramadhan tiba … Ramadhan tiba, asyikkk.

Alhamdulillah ya bisa bertemu bulan penuh berkah lagi. Dan senangnya adalah saat bulan Ramadhan, kita bisa bertemu lagi dengan beragam kuliner lokal. Jadi ceritanya nungguin bisa memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, atau mau kulineran nih Ezytravelers?

Hihihiii, gak apa sih niat keduanya, agar makin semangat ya ibadahnya. Dan memang paling asyik bisa wisata kuliner makanan khas buka puasa di Semarang. Hmm, jadi lapar nih kalo mengingat makanan khas buka puasa di kota Semarang.

Sebagai kota pesisir yang dulunya menjadi tempat bertemunya para pendatang dari berbagai belahan bumi, Semarang memiliki keragaman budaya. Akulturasi budaya menjadikan kota Semarang pun memiliki makanan khas yang unik dan lezat. Sayangnya makanan khas ini kadang hanya muncul saat peristiwa penting. Seperti saat bulan Ramadhan, ketika hampir setiap warga menyajikan kuliner khas untuk buka puasa.

Di Semarang sudah sejak lama ada tempat yang menawarkan kuliner khas untuk buka puasa. Tepatnya di depan Masjid Kauman yang dekat dengan Pasar Johar. Biasanya sebelum Shalat Ashar, pedagang makanan khas buka puasa di Semarang sudah mulai menyiapkan sajiannya. Ada deretan tenda yang seragam dengan beragam kuliner. Namun yang sering dicari oleh warga kota Semarang adalah makanan khas yang hanya ada setiap Ramadhan tiba.

Saya pernah juga menuliskan tentang Bubur India, yang hanya ada saat bulan Ramadhan. Baca yuk dalam artikel berikut :

Berikut makanan khas buka puasa di Semarang yang wajib Kalian coba:

1. Ketan lopis

Jajanan khas yang selalu ada di Pasar Ramadhan di Masjid Kauman ini sekarang susah ditemukan. Di pasar tradisional pun kadang sudah sulit menemukan penjualnya. Ketan Lopis adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan. Dimasak dengan bahan-bahan seperti kelapa parut, pewarna dari daun suji, air kapur sirih, kemudian dibungkus dengan daun pisang, dan disemat dengan lidi.

Cara penyajiannya biasanya dengan ditaburi parutan kelapa muda dan saus gula Jawa.

2. Serabi Solo

Jajanan yang berasal dari kota Solo ini juga sering ada di pasar Ramadhan. Makanan khas buka puasa di Semarang ini terbuat dari tepung beras, santan, dengan toping beragam. Seperti meses, nangka, pisang, vanila, keju, dan yang lainnya.

Serabi Solo

Cita rasa manis yang berasal dari adonan dan toping serabi, menjadikan jajanan khas ini selalu dicari untuk buka puasa. Meski berasal dari Solo, namun sejak saya kecil pun Serabi Solo sudah jadi kuliner khas di Semarang.

3. Sate Ayam dan Sayur Nangka Muda

Nah, jajanan khas Semarang yang mulai punah dan sulit ditemukan adalah Sate Ayam dengan pelengkap sayur Nangka Muda. Wah, membayangkan sajian kuliner yang bikin kenyang ini aja udah bikin ngiler.

Sebenarnya sama dengan Sate Ayam umumnya. Hanya yang membedakan adalah penambahan sayur Nangka Muda. Bikin makin maknyus deh rasanya. Seporsi murah, cuma sepuluh ribu udah dapat lontong satu lonjor, sate lima tusuk, dan sayur nangka.

4. Bubur India di Masjid Jami’ Pekojan

Kalo makanan khas buka puasa di Semarang yang satu ini tidak ada yang jual. Trus kalo pengen nyicipi gimana dong? Makanan Berbuka Bubur India

Yuk, saya ajak ke Masjid Jami’ Pekojan di Semarang. Bubur India ini merupakan sumbangan warga yang tinggal di sekitar Masjid Jami Pekojan. Biasanya memang hanya disajikan tiap bulan Ramadhan untuk buka puasa bagi muslim yang datang ke masjid. Kalo Ezytravelers ingin menikmati Bubur India, datang aja menjelang buka puasa di Masjid Pekojan.

Bubur India di Masjid Jami Pekojan ini terbuat dari beras, bumbu rempah, daun pandan, kunyit, serai, lada, garam, dan bumbu lainnya. Ada juga sayurnya yaitu wortel, daun bawang, dan seledri. Bubur India ini disajikan dalam mangkok dengan diguyur kuah gule. FYI, kuah gulenya seringnya sih gule Ayam. Tapi beberapa kali juga ada Gule Kambing atau Gule Sapi. Rasanya enak, dengan campuran aroma rempah yang pas, lembutnya bubur beras, dan kuah gule yang encer.

5. CORO dan Ketan Biru

Makanan khas Semarang ini bisa dibilang sulit ditemukan pada hari biasa. Namun bila bulan Ramadhan, Ezytravelers bisa menemukannya di Pasar Ramadhan yang ada di dekat Masjid Kauman.

Makanan Buka Puasa khas Semarang

CORO (bacanya seperti Bogor), adalah makanan dengan cita rasa manis. Cara menikmati CORO dengan menyajikannya bersama kuah santan. Jadi klop deh, rasa manis CORO dipadu gurihnya santan cukup kental. Biasanya penjual CORO juga menyajikan Ketan Biru. Kalo Ketan Biru ini biasanya disajikan dengan enten-enten. Yaitu kelapa parut yang sudah dimasak dengan gula jawa hingga berwarna coklat.

6. Tahu Petis

Makanan khas buka puasa di Semarang berikutnya adalah Tahu Petis. Tahu yang baru diangkat dari wajan, masih panas dan diiris tanpa putus, kemudioan dioles petis. Duhhh, enaknyaaa, bakal nggak sadar kalo udah habis tiga atau empat tahu dalam sekali makan, hahahaaa. Ini lapar atau doyan ya?!

Tahu Petis

Petisnya udah dimasak dan dikasih bumbu bawang putih, sedikit air, daun jeruk, dan gula pasir secukupnya. Jadi petisnya nggak terlalu kental, karena ada penambahan air putih. Makan Tahu Petis dengan cabai rawit hijau, udah deh kelar hidup kalian.

7. Tahu Bakso

Meski berasal dari tetangga kota Semarang, yaitu Kabupaten Semarang, Tahu Bakso sudah jadi menu buka puasa yang tersaji di meja makan keluarga, atau rumah makan. Banyak pula pedagang kaki lima yang menyajikan Tahu Bakso dengan beragam isi. Ada Tahu Bakso isi daging ayam, udang, dan yang paling banyak adalah Tahu Baksi isi daging sapi.

Dinikmati bareng saus kecap yang sudah diberi bumbu dan irisan cabai rawit. Hmmm, menikmati satu buah Tahu Bakso udah bikin kenyang perut kalian.

Siapa yang gak mau traveling hemat? Ambil promo murah Explore Budaya Semarangpromo hari raya dan booking hotel murah. Yuk berangkat!

Masih banyak makanan khas Semarang yang banyak disajikan di Pasar Ramadhan tiap tahun. Terutama Kue Gandjel Rel, yang memiliki cita rasa unik. Ada juga Pes Roti, yaitu roti tawar, irisan buah kelapa muda, sandan, serta gula yang dibungkus dengan daun pisang dan disemat lidi serta dikukus. Rasa gurih, manis, dari bahan-bahan berkwalitas yang bikin penikmatnya bahagia karena kenyang.

Makanan khas buka puasa di Semarang yang selalu ada saat bulan Ramadhan, membangkitkan banyak kenangan. Tentunya bagi mereka yang pernah tinggal di Semarang, baik yang menetap maupun yang sementara. Pasti lah memiliki kenangan dengan kuliner lokal. Dan kenangan itu akan selalu ingin diciptakan lagi dengan wiata kuliner menu buka puasa saat berkunjung ke Semarang.

 

Makanan Khas Saat Kalian Buka Puasa di Kota Semarang
Vote Us
(Visited 120 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Makanan Khas Saat Kalian Buka Puasa di Kota Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool