Makanan Khas Temanggung Yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Temanggung Yang Wajib Kamu Coba!
5 (100%) 1 vote

Ezytravelers,

Kegiatan traveling tak pernah bisa lepas dari sebuah kegiatan kuliner. Dimana pun Ezytravelers berada pasti akan merasa penasaran dengan makanan khas daerah tersebut. Temanggung merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di dataran tinggi. Udara yang sejuk membuat tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain kalian berkunjung ke spot wisatanya, tak ada salahnya bila kalian mencicipi kuliner Temanggung ini.

Kuliner Temanggung yang yang wajib kalian coba pertama kali datang ke Temanggung.

  • Nasi Goreng Tembakau

kuliner temanggung

Kedengarannya memang sangat unik. Apa enaknya nasi dicampur dengan tembakau? Jika kalian belum pernah mencobanya maka kalian akan berkomentar seperti itu. Dataran tinggi di Temanggung memang tumbuh subur tanaman tembakau. Daerah ini adalah penghasil tembakau terbesar di pulau Jawa. Banyak sekali pabrik-pabrik rokok kretek yang mengambil stok tembakau dari Temanggung.

Berbicara mengenai menu nasi goreng tembakau, tentunya kalian akan merasa terheran-heran. Pasalnya tembakau memang tidak enak dimakan, namun kali ini akan diramu dengan nasi goreng yang menjadi makanan favorit kita.

Nasi goreng tembakau adalah nasi goreng yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan dicampur dengan sedikit biji tembakau. Jadi, ketika sesuap nasi goreng masuk kedalam mulut kita akan terasa sedikit getir dan pahit. Selain rasa getir yang kita rasakan, ada rasa rempah-rempah dan potongan cabe hijau yang pedas.

Untuk satu porsi Nasi goreng tembakau ini dipatok dengan harga sekitar Rp15.000 saja dengan porsi yang terbilang banyak dan rasa yang tak kalah unik dan lezat. Nasi goreng ini hanya kalian dapatkan di Temanggung saja.

  • Bakso Uleg

kuliner temanggung

Kuliner Temanggung yang lainnya adalah Bakso uleg. Bagi pecinta makanan pedas, bakso ini bisa menjadikan menu favorit pilihan Ezytravelers. Kelihatannya, bakso ini seperti bakso pada umumnya. Ada kuah dan bakso yang berbentuk bulat. Namun, keunikan bakso ini adalah cabe yang diuleg sebelum kuah bakso disiramkan ke dalam mangkuk.

Wuhh…gak kebayang kan? Rasa pedasnya seperti apa? Pokoknya jika Ezytravelers suka sama makanan pedas. Kuliner ini wajib dicoba! Selain pedas yang dihasilkan oleh cabe hijau yang diuleg, ada pula rasa pedas yang dihasilkan oleh merica di kuah bakso tersebut.

Bakso ini cocok sekali bila disantap saat sore hari, ketika udara di Temanggung mulai dingin. Ditambah lagi waktu musim hujan. Belum lagi ditambah dengan irisan lontong sebagai pelengkap.

Untuk bakso uleg yang super pedaas ini, kalian tak perlu kawatir untuk merogoh kocek yang terlalu dalam. Bakso uleg ini kalian cukup membayar sekitar Rp10.000 saja.

  • Kupat Tahu

kuliner temanggung

Mungkin Ezytravelers sudah tidak asing mendengar kupat tahu. Ya, betul! Kupat tahu adalah kuliner yang berbahan dasar ketupat serta irisan tahu yang digoreng setengah matang, dengan topping tauge dan irisan kol. Kudapan ini pun menjadi salah satu kuliner Temanggung yang digemari oleh wisatawan.

Ada yang beda dari kupat tahu Temanggung dengan kupat tahu lainnya. Meskipun bumbu yang disiramkan menggunakan bumbu kacang, tapi rasa rempah dan merica yang tak ketinggalan.

  • Kopi Temanggung

kuliner temanggung

Selain terkenal dengan tembakaunya, Temanggung juga terkenal dengan kopi arabikanya. Kopi-kopi Temanggung tumbuh di lereng gunung Sumbing. Kebanyakan tumbuhan kopi ini tumbuh berdampingan dengan tanaman bakau. Sehingga citarasa yang dimiliki kopi khas Temanggung ini sangatlah berbeda.

Kopi Temanggung ini sudah membanjiri pasar lokal maupun internasional. Permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya membuat petani-petani kopi di kawasan ini memiliki kreativitas yang tinggi untuk mengolah kopinya menjadi beraneka ragam rasa. Seperti halnya Natural Wine Coffee yang diproses melalui tiga kali fermentasi, sehingga mengeluarkan rasa asam dan getir yang pekat layaknya sebuah wine. Selain itu ada Kopal (Kopi Alpukat). Kopal ini diproses seperti biasa, hanya saja proses penanaman pohon kopi berdampingan dengan pohon alpukat, sehingga  rasa yang dimilikinya manis seperti buah alpukat.

Nah, bila Ezytravelers sedang melakukan perjalanan ke Temanggung atau liburan ke Temanggung, tak ada salahnya kalian mencicipin hidangan khas Temanggung tersebut. Akan terasa kurang bila Ezytravelers tidak mencicipi beberapa hidangan yang ada di Temanggung. Selain itu Ezytravelers juga bisa mencicipi kopi khas Temanggung.

Tak sulit bila ingin mencicipi kuliner Temanggung tersebut atau ingin sekedar ngopi cantik ketika datang di Temanggung. Ezytravelers dapat mencari kedai-kedai kopi yang berada tak jauh dari alun-alun Temanggung. Begitu pula dengan beberapa kudapan Khas Temanggung tersebut.

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang
(Visited 429 times, 1 visits today)

About

Seorang gadis yang doyan jalan-jalan. Selalu menceritakan cerita perjalanannya melalui tulisan dan foto.


'Makanan Khas Temanggung Yang Wajib Kamu Coba!' have 1 comment

  1. November 23, 2016 @ 4:59 pm rivai hidayat

    sudah pernah cicipi semua. semuanya enak 😀

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool