Mangrove Ecotourism Tapak Tugurejo Semarang

Mangrove Ecotourism Tapak Tugurejo Semarang
5 (100%) 2 votes

Mangrove adalah sebuah daya tarik wisata tersendiri. Semarang sebagai salah satu daerah pesisir juga mempunyai spot mangrove yang indah untuk dikunjungi. Tidak hanya untuk refreshing melepas penat tapi juga untuk ecotourism atau sebuah area tempat wisata di Semarang yang mengandung unsur ekologi dan edukasi. Jadi bisa dapat banyak manfaat. Pulang dari sini pengetahuan akan pentingnya mangrove bertambah dan yang tidak kalah penting refreshing sejenak menikmati debur ombak dan melihat pemandangan hijaunya mangrove pesisir.

Tapak tugurejo adalah sebuah desa nelayan yang terletak di daerah pinggiran semarang utara. Kawasan khas pesisir yang panas berpadu dengan semilir angin pantai dan aroma laut yang tercium saat mendekati tempat ini. Sebuah desa yang dikembangkan untuk tujuan konservasi daerah pesisir ini mampu mengembangkan masyarakatnya dan mengambil manfaat ekonomi dengan banyaknya pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan belajar untuk menjaga pentingnya daerah pesisir untuk Semarang.

Jajaran tambak langsung menyapa ketika memasuki area ini. Setelah membayar retribusi dan parkir anda akan memasuki jalan yang akan langsung menuju ke area mangrove tapak. Jangan heran jika disini sangat ramai, karena tidak hanya dikunjungi untuk ecotourism, tapi juga sebagai spot memancing favorit para mancing mania Semarang. Mereka bisa betah berjam jam menghabiskan waktu untuk menikmati udara pantai sambil menunggu kail disambar ikan.

Tidak bisa mendadak untuk menikmati ecotourism ini. Anda harus terlebih dulu booking kapal dan menanyakan kesiapan pemandu lokal. Disini cuma boleh warga dan nelayan lokal yang menyewakan perahu mereka. Pada umumnya mereka sudah siap untuk memandu para wisatawan. Kebanyakan justru turis dari luar negeri yang berkunjung kesini untuk studi mangrove. Ada juga pelajar yang akan study lapangan untuk mempelajari ekologi pesisir dan mengenal mangrove yang ada disekitar daerah Tapak Tugurejo. Sangat cocok untuk dikunjungi ketika sedang liburan di Semarang.

Wisata eco-edu hutan mangrove Tapak (dok.PRENJAK)

Wisata eco-edu hutan mangrove Tapak (dok.PRENJAK)

Disana nanti kita akan berjalan menyusur sungai sampai ke tempat mereka menambatkan perahu. Dalam perjalanan kita akan dijelaskan jenis jenis mangrove, kegunaan dan fungsi ekologisnya didaerah pesisir. Disini juga menyediakan bibit mangrove. Jadi pengunjung diminta untuk berdonasi dengan cara menanam mangrove. Semacam mengadopsi mangrove itu, ditanam kemudian diberi label nama kita. Seteleh sekian lama kita bisa menengok kembali mangrove yang ditanam.

Setelah naik perahu, suguhan pemandangan alam berupa mangrove yang tumbuh subur membentuk kanopi teduh. Silakan membawa teropong jika anda menyukai aktivitas bird watching, karena disini dengan mudah dijumpai banyak burung burung laut yang mencari makan. Setelah kanopi mangrove habis, maka hamparan laut pesisir utara Jawa akan membentang didepan anda. Perahu akan bergerak maju menuju pulau Tirang. Sebuah pulau yang dulunya sebesar kampung, karena abrasi tinggal seluas 50 x 200 meter saja. Disinilah pengenalan pentingnya ekologi daerah pesisir dan pentingnya mangrove dijelaskan. Mangrove bukan hanya tanaman yang diambil manfaatnya namun juga penahan ombak paling tangguh yang pernah ada. Jalinan akar yang kuat menjadi fondasi untuk garis pantai kita di Semarang.

Jadi sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Belajar, berwisata dan memberikan pelajaran pentingnya mangrove. Yuk, kita ber-ecotourism ke Tapak, Tugurejo.

(Visited 1,044 times, 1 visits today)


About

A passionate writer, full time transportation provider, a part time junker


'Mangrove Ecotourism Tapak Tugurejo Semarang' have 1 comment

  1. January 18, 2016 @ 5:50 pm cakra

    selamat sore.
    mas ada contact person dari pengurus mangrove nggak mas ?
    terimakasih
    mohon balasannya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool