Mari Mendaki Gunung di Jawa Tengah!

GUNUNG DI JAWA TENGAH

Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak pilihan wisata bagi wisatawan. Hampir semua jenis wisata ada di di provinsi ini. Mulai dari city tour, pantai, event wisata, sport tourism, hingga wisata minat khusus bisa ditemui di daerah Jawa Tengah.

Salah satu wisata minat khusus yang sedang menjamur di masyarakat adalah mendaki gunung. Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa gunung yang pantas untuk didaki dan diekplorasi keindahannya. Berikut daftar beberapa gunung di Jawa Tengah yang layak untuk didaki.

Gunung Ungaran

Gunung ini terletak di Kabupaten Semarang dengan ketinggian 2050 Mdpl (meter dari permukaan laut) dengan tipe gunung jenis stratovolcano. Gunung Ungaran sudah tidak menunjukkan aktivitas vulkanologi. Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang. Bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari kota Semarang.

Ada beberapa jalur pendakian di Gunung Ungaran, namun yang populer adalah jalur basecamp Mawar. Pendakian dari Basecamp Mawar menuju puncak Gunung Ungaran kira bisa ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan.

Basecamp Mawar memiliki berbagai fasilitas, seperti area camping ground, warung, musala, dan hutan pinus. Hampir setiap akhir pekan, basecamp Mawar selalu dipenuhi oleh pendaki. Baik pendaki yang ingin mendaki gunung Ungaran, maupun mereka yang kemping ceria di area camping ground. Basecamp Mawar dikelola oleh Sakpala. Mereka merupakan warga sekitar gunung Ungaran.

gunung_ungaran

Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak diwilayah perbatasn antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi D.I. Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Sleman. Namun hanya jalur kawasan New Selo atau Basecamp Barameru, Kabupaten Boyolali yang masih bisa digunakan untuk pendakian. Sedangkan jalur yang lainnya sudah rusak karena letusan Gunung Merapi. Perjalanan menuju kawasan New Selo bisa ditempuh dalam waktu 2-3 jam perjalanan dari Kota Semarang.

Jalur pendakian Gunung Merapi berupa jalur menanjak dan tidak terdapat sumber mata air. Badan PVMGB dan pengelola Gunung Merapi membatasi pendakian hingga pos Pasar Bubrah. Pendaki dilarang untuk mendaki hingga ke puncak gunung Merapi. Perjalanan mendaki dari Basecamp Barameru menuju Pasar Bubrah bisa ditempuh dalam waktu 4-5 jam perjalanan. Sangat disarankan bagi para pendaki untuk memakai sepatu trekking atau sepatu olahraga.

gunung_merapi

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung di Jawa Tengah yang terletak di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3142 mdpl. Gunung Merbabu memiliki puncak tertinggi yang diberi nama puncak Kenteng Songo.

Gunung Merbabu terkenal memiliki beberapa jalur pendakian. Antara lain adalah jalur Cuntel, Tekelan, Selo, Wekas dan Suwanting. Tiap jalur memiliki karateristik masing-masing. Misalnya jalur Selo dan jalur Suwanting yang menawarkan pemandangan berupa sabana, jalur Wekas yang memiliki sumber mata air dan jalur menanjak. Gunung Merbabu saling berhadapan dengan Gunung Merapi. Gunung Merbabu menjadi salah gunung yang selalu ramai didaki ketika musim pendakian.

gunung_merbabu

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro atau Sundoro merupakan gunung volkano aktif yang memiliki ketinggian 3150 mdpl. Gunung Sindoro terletak di Kabupaten Temanggung. Gunung di Jawa Tengah ini terletak berdampingan dengan gunung Sumbing. Jalur pendakian gunung di Jawa Tengah ini sangat bervariasi, mulai dari perkebunan warga, hutan pinus, hingga kawah gunung berapi.

Beberapa jalur yang biasa digunakan untuk mendaki gunung Sindoro antara lain adalah jalur Kledung, jalur Tambi. Khusus jalur Tambi, pendaki akan disuguhi pemandangan kebun teh Tambi. Di gunung Sindoro masih bisa ditemui beberapa hewan liar, seperti babi hutan. Selain itu, lereng gunung Sindoro juga menghasilkan beberapa varian kopi Temanggung yang sangat nikmat.

gunung_sindoro

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah dan ketiga di pulau Jawa dengan ketinggian 3371 mdpl. Gunung Sumbing masih memiliki aktivitas vulkanologi. Secara administratif, gunung di Jawa Tengah ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan gunung Sindoro, gunung Sumbing sering disebut dengan gunung kembar.

Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain adalah jalur Garung, jalur Banaran, jalur Kaliangkrik dan jalur Bogowongso. Gunung Sumbing dikenal dengan jalurnya yang cukup ekstrim dan cuaca yang cepat berubah, namun memiliki pemandangan yang bagus.

Beberapa jalur menawarkan hamparan padang sabana. Selain itu, di lereng gunung Sumbing juga menghasilkan berbagai varian kopi dan tembakau. Tembakau yang terkenal yang berasal dari lereng gunung Sumbing adalah tembakau Srintil.

Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 mdpl. Gunung Lawu memiliki tiga jalur pendakian, yaitu jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu dan Candi Cetho. Puncak Gunung Lawu dikenal dengan sebutan Hargo Dumilah. Sejak dahulu, Gunung Lawu terkenal dengan mitos-mitos mistisnya.

Di lereng Gunung Lawu terdapat beberapa tempat wisata, seperti kebun teh Kemuning, Candi Sukuh, dan Candi Cetho. Bahkan jalur pendakian Candi Cetho menawarkan pemandangan yang indah selama pendakian. Selain itu, Gunung Lawu terkenal dengan warung pecel Mbok Yem. Warung pecel Mbok Yem terletak di salah satu puncak Gunung Lawu. Warung pecel ini diklaim sebagai warung pecel tertinggi di Indonesia.

Warung Pecel Mbok Yem

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa, setelah gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3428 mdpl. Terletak di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif dan memiliki jalur pendakian yang sulit. Sepanjang jalur pendakian tidak ditemukan sumber mata air.

Beberapa jalur yang menjadi favorit pendakian adalah jalur Blambangan dan jalur Guci. Jalur Blambangan terletak di kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Sedangkan jalur Guci terletak di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal. Di sekitar Gunung Slamet terdapat dua pemandian air panas yang terkenal, yaitu Objek Wisata Baturraden dan Objek Wisata Guci.

gunung_slamet

Gunung Prau

Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng. Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput yang luas yang berupa bukit-bukit kecil dan beberapa pepohonan. Gunung Prau memiliki ketinggian 2555 mdpl, tertinggi diantara beberapa gunung yang ada di dataran tinggi Dieng. Gunung Prau memiliki beberapa jalur pendakian, namun yang populer adalah jalur Patak Banteng dan jalur Dieng Wetan.

Gunung Prau merupakan gunung favorit bagi para pendaki. Waktu tempuh pendakian relatif singkat dan puncak gunung menawarkan pemandangan yang sangat bagus. Jika cuaca cerah, pendaki bisa menikmati golden sunrise dan melihat tujuh puncak gunung, salah satunya adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Puncak Gunung Prau sangat terkenal dengan bukit Teletubbies. Hampir setiap akhir pekan, puncak Gunung Prau selalu dipenuhi oleh ratusan pendaki. Pada bulan Januari-Maret, pengelola menutup semua jalur pendakian dengan tujuan untuk perbaikan ekosistem Gunung Prau.

gunung_prau

Jadi, mau mendaki gunung yang mana dulu? Sebelumnya penuhi kebutuhan traveling Kalian dulu! Cari Tiket pesawat ke Semarang, hotel di Semarang, dan Wisata semarang

Gunung Andong

Diantara gunung-gunung yang dibahas dalam artikel ini, Gunung Andong merupakan gunung yang paling rendah. Ketinggian Gunung Andong yaitu 1726 mdpl. Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang. Bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan dari kota Semarang. Gunung Andong memiliki beberapa jalur pendakian. Sedangkan puncaknya memiliki empat puncak.

Gunung Andong sangat cocok bagi para pendaki pemula. Gunung Andong memiliki waktu tempuh yang relatif singkat dan jalur yang jelas. Hutan pinus menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Puncak Gunung Andong sebenarnya tidak cocok sebagai area camping karena puncaknya sangat terbuka. Pendaki bisa menikmati pemandangan kota Magelang dari puncak gunung.

gunung_andong

Sebetulnya banyak gunung yang terdapat di provinsi Jawa Tengah. Namun, gunung-gunung diatas sering dikunjungi oleh para pendaki. Selain itu, gunung-gunung tersebut telah dikelola dengan baik. Selamat mendaki gunung di Jawa Tengah. Mendakilah dengan bijak dan aman.

Mari Mendaki Gunung di Jawa Tengah!
3.67 (73.33%) 3 votes
(Visited 312 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Mari Mendaki Gunung di Jawa Tengah!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool