Masakan India, Kuliner Unik di Semarang

Halo Ezytravelers…. Sudah hampir jelang liburan akhir tahun lho. Ada rencana mau jalan-jalan kemana? Kira-kira mau nyobain wisata alam dan wisata kuliner di Semarang kah? Meski kental dengan budaya setempat, jangan salah lhooo.. Di Semarang ada berbagai pilihan kuliner memikat dari berbagai daerah maupun kuliner / jajanan a la luar negeri. Salah satunya adalah masakan India.

Jalan-jalan ke kota Semarang biasanya memang selalu identik dengan ikon kota ini. Apa cobaaa…

Iya benar, rasanya enggak sah banget ya Ezytravelers kalau sudah menjejak bumi Semarang tapi belum mengakrabi yang namanya Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Pagoda Avalokitesvara, Gereja Blenduk, wisata kota tua maupun berburu oleh-oleh kuliner khas Semarang.

Ada yang menggugah selera juga lho di : Resto Jepang yang Cozy di Semarang

Tapi oke oke saja loh meski belum semua destinasi wisata tadi dijabanin,  Ezytravelers boleh kok menikmati sisi lain yang disajikan oleh Semarang. Tahu sendiri kan kalau kota Semarang itu merupakan kota pesisir. Sejak jaman dahulu kala, kota pesisir selalu menjadi bagian dari suatu daerah yang paling mudah terpapar budaya asing. Lihat saja berbagai kota pelabuhan seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan beberapa kota pelabuhan besar lain di Indonesia, bakalan terlihat betapa kayanya ragam percampuran budaya.

Di Semarang sendiri, selain pengaruh budaya Cina ada juga ciri khas dari negara lain yang terlihat di beberapa tempat yang ada di sudut-sudut kota. Seperti layaknya kota lain yang welcome pada budaya luar, di Semarang ada berbagai hunian yang terbentuk berdasarkan sejarah akulturasi budaya di masa lalu. Misalnya nih Pecinan (kampung yang dihuni keturunan Tionghoa/Cina) dan Pekojan (kampung yang dihuni keturunan Koja).

Tak cuma huniannya saja loh yang nampak, pengaruh-pengaruh budayanya pun tetap tertinggal di Kota Lunpia ini. Salah satu pilihan kuliner yang terpengaruh dari budaya luar ini adalah menu masakan India.

Apa sih yang terlintas di benak Ezytravelers saat mendengar tentang masakan India? Roti Cane? Nasi kebuli? Nasi biryani?

Nasi Biryani – Masakan India Menggugah Selera

Iya, benar sekali. Beberapa ragam menu yang telah disebutkan di atas memang menjadi ciri khas dari eksistensi budaya India yang telah masuk ke wilayah negara lain. Di Semarang pun ragam masakan India juga ada loh. Jadi bagi Ezytravelers yang kira-kira ingin menikmati mantapnya sajian khas India, tak perlu jauh-jauh harus pergi ke negara aslinya. Saat jalan-jalan ataupun mampir ke Semarang, Ezytravelers bisa juga loh menyantap berbagai menu masakan India yang menggugah selera di sini.

Resto Khoja yang berada di Jalan Pandanaran, tepatnya di jalan samping Toko Buku Merbabu, menyediakan banyak menu masakan India yang beneran mantap rasanya.

masakan India - nasi biryani

Paket keluarga – Nasi Biryani

Pilihan nasi a la India bisa dilihat-lihat dulu di menunya. Yang paling hits sih memang Nasi Kebuli dan Nasi Biryani. Udah paten banget kan ya kedua nasi itu di benak para penikmat kuliner? 🙂

Paket hemat keluarga ada loh bila Ezytravelers ingin menikmati lezatnya masakan India ini namun tak ingin terlalu dalam merogoh kocek. Seperti foto di atas itu, sajian Nasi Biryani tadi bisa disantap untuk 3 orang. Lengkap sekali sajiannya, dalam satu pinggan lebar tersebut Nasi Biryani-nya disertai pula dengan potongan-potongan daging kambing, tomat dan bawang bombay.

masakan India yang menggugah selera di Semarang

Seperti foto di atas ini loh, Ezytravelers penampakan Nasi Biryani a la Resto Khoja dari dekat. Entah kenapa ya, kalau nasi jenis ini terbuat dari beras yang panjang-panjang seperti itu teksturnya. Dan khas banget nasi biryani yang diolah oleh restoran khusus masakan India, nasinya bakalan terdiri dari dua warna seperti ini. Sajiannya tampak begitu memikat, bagaimana dengan rasanya? Beneran enaaaaakkkkk loh Ezytravelers…. nasi dengan cita rasa khas masakan India tadi (yang entah formula resep dan bumbunya apa saja) bakalan tambah mantap saat dinikmati bersama dengan emping goreng dan sambal khas. Sambal khas yang menjadi pendamping nasi biryani tadi tampak sebagai berikut : khoja-acar-dan-sambal-pendamping-masakan-india

Ada potongan tomat yang di-mix dengan potongan cabai rawit nan pedas. Ada juga bawang merah cincang yang dipadu dengan cabai rawit setan (jenis cabai rawit yang pedasnya sudah level huh hah huh hah tak ketulungan). Kedua sajian sambal ini lebih terasa sebagai acar karena ada campuran cuka dan jeruk nipisnya. Hmmm… kesegaran sambal tadi memang pas untuk mendampingi rasa gurih dan bumbu-bumbu pekat yang ada di nasi biryani tadi.

Hanya ada makanan besar saja kah di sana?

Tentu tidak dong Ezytravelers, di Resto Khoja tadi ada juga masakan India lainnya yang berupa cemilan. Ada yang tau apa cemilan khas dari negara tersebut?

camilan khas ala masakan india sambosa

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang

Ya, benar sekali, di tempat makan tadi juga disediakan sambosa, semacam penganan yang terdiri dari kulit dari tepung dengan isian olahan daging kambing berbumbu rempah nan pedas. 2 potong sambosa ini bakalan free didapatkan dengan membeli paket keluarga menu nasi biryani sesuai yang terhidang di atas tadi.

Jadi gimana Ezytravelers, mau menikmati masakan India bareng-bareng saat bertandang ke Semarang? Yuk cap cuuuss..

Masakan India, Kuliner Unik di Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 449 times, 1 visits today)

About

Ibu dua orang anak yang gemar ngomong gak penting, senang kumpul-kumpul plus ngumpulin buku


'Masakan India, Kuliner Unik di Semarang' have 1 comment

  1. January 10, 2017 @ 4:06 pm Sandra Nova

    Sore-sore liat ginian.. glegh.. sayang pas kemaren ke Semarang ngga sempet kesini huhuhu 🙁

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool