Masjid Agung Jawa Tengah

Melihat Indahnya Kota Semarang dari Menara Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan Masjid yang termegah dan juga terbesar di Jawa Tengah. Tepatnya ada di Kota Semarang. Dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Kompleks Masjid ini terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 m2.  Masjid Agung Jawa Tengah terletak di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden RI pada saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid yang megah ini merupakan salah satu lokasi wisata di Semarang yang cukup populer. Memiliki beberapa fasilitas yang lengkap seperti convention hall, kios souvenir, kios makanan, gedung perkantoran, perpustakaan, hotel, hingga sebuah menara yang dinamakan dengan Menara Asmaul Husna, yang mana ketinggiannya mencapai 99 meter serta memiliki 19 lantai yang terdiri dari 4 bagian utama. Lantai 1 untuk studio Radio Dais MAJT, lantai 2 untuk ruangan museum, yang berisi tentang perkembangan Islam di Jawa dan juga museum tentang pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah, lantai 18 merupakan cafeteria, dan lantai 19 adalah gardu pandang. Dari keempat bagian dari menara MAJT bagian yang paling diminati oleh pengunjung adalah gardu pandang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Melalui gardu pandang inilah kita bisa melihat hampir keseluruhan indahnya kota Semarang dari ketinggian 300 kaki. Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang sepertinya perlu sekali mengunjungi tempat ini secara langsung. Karena selain bisa menikmati indahnya kota Semarang dari ketinggian. Anda juga bisa melihat indahnya kota Semarang dari atas menara ini lebih dekat lagi dengan memanfatkan teropong yang sudah tersedia di gardu pandang ini. Cukup dengan mengeluarkan uang beberapa rupiah saja Anda sudah bisa menggunakan teropong tersebut.

Menara ini dibuka setiap harinya mulai pukul 7 pagi, yang dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama menara dibuka mulai dari jam 7 pagi sampai dengan 11 siang, kemudian sesi kedua menara akan dibuka mulai pukul 1 siang sampai dengan 5 sore, dan sesi terakhir menara dibuka mulai pukul setengah 7 malam sampai dengan jam 9 malam. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar 7000 rupiah saja yang nantinya akan dijadikan infaq di masjid Anda sudah bisa menikmati indahnya Kota Semarang melalui menara Asmaul Husna di Masjid Agung Jawa Tengah ini.

Masjid Agung Jawa Tengah

Sangat disarankan untuk naik ke menara ini pada saat menjelang matahari terbenam atau waktu sore hari. Karena jika pas kebetulan cuaca sedang cerah, Anda akan berkesempatan melihat matahari terbenam. Sangat menarik pastinya. Namun, jika Anda sekaligus ingin melihat tentang sejarah perkembangan Islam di museum yang juga masih satu bangunan dengan menara ini, disarankan untuk berkunjung mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 3 sore karena lewat jam 3 sore museum sudah ditutup.

Masjid ini selain sebagai fungsi utamanya untuk tempat ibadah. Juga merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Semarang. Terkadang, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga masuk kedalam salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi bagi wisatawan dari luar Semarang.

Melihat Indahnya Kota Semarang dari Menara Masjid Agung Jawa Tengah
4 (80%) 2 votes
(Visited 4,279 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'Melihat Indahnya Kota Semarang dari Menara Masjid Agung Jawa Tengah' have 3 comments

  1. April 29, 2015 @ 8:31 am Dwi Pramono

    Meskipun tinggal di Kabluk, yang nggak 1 km dari lokasi, saya belum pernah naik ke menara 🙁 Lha kalau ke sana selalu saat antriannya panjang. 🙂 Ditunggu artikelnya tentang resto putar di lantai 7 Menara MAJT (masih adakah?)

    Reply

    • December 22, 2016 @ 9:31 am Nia1009

      Oh ya…paling rame itu hari apa? Dan apakah tempatnya bagus sekali? Terima kasih

      Reply

  2. February 12, 2017 @ 12:25 pm Dinda Ayu Imaningrum

    Alhamdulilah pengen balik lagi kesana, semakin malem viewnya makin bagus daei atas menara

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool