batik semarang

Melihat Lebih Dekat Proses Pembuatan Batik Semarang

Merencanakan wisata ke Semarang, jangan lupa jadikan sanggar batik Semarang 16 sebagai destinasi wisata Anda.

Batik Semarang? Ya meskipun tidak begitu dikenal sebagai kota Batik seperti Pekalongan, Jogja, atau Solo, Semarang juga punya batik sendiri lho. Salah satunya batik Semarang 16.

batik semarang

Di sanggar batik ini kita bisa melihat bagaimana proses membuat batik mulai dari menenun, mendesain batik tulis, mencanting, pembuatan batik cap, pencelupan, dan penjemuran.

batik semarang

1.menenun, 2.menggambar pola, 3.mencanting, 4.pencelupan

Pendiri batik Semarang 16, Umi S Adi Susilo memang sejak awal sudah berkomitmen untuk membuat batik dicintai oleh semua kalangan. Oleh karena itu pihaknya sangat terbuka menerima wisatawan yang berkunjung untuk melihat proses pembuatan batik. Beliau bahkan aktif melakukan pelatihan membatik untuk semua kalangan, berpameran di banyak tempat baik Indonesia maupun luar negeri, serta mengikuti fashion show baik karya sendiri maupun karya para desainer lain.

Ciri khas Batik Semarang 16 adalah motif yang mengambil kekhasan Kota Semarang. Misalnya saja motif tugu muda, kota lama, lumpia, batik tahu pong, dan berbagai motif yang mengambil tema kota Semarang mulai dari landmark, flora fauna khas, dunia kuliner, hingga kisah-kisah legendaris.

TIKET ONLINE MURAH KE SEMARANG

Mengapa dinamakan batik Semarang 16? Kata Semarang tentu saja menunjukkan kota dimana batik ini diproduksi, sementara angka 16 berasal dari Surat ke-16 dalam Alquran, yaitu An-Nahl yang berarti Lebah Madu, yang merupakan salah satu bahan dalam membatik dan juga pernah dibuat sebagai motif batik.

Lokasi sanggar yang berada di desa Sumberejo kelurahan Meteseh ini cukup jauh dari hiruk pikuk kota. Sehingga bisa sekaligus menjadi ajang refreshing bagi Anda yang sudah jenuh dengan suasana perkotaan. Menuju ke tempat ini kita akan melewati pemandangan desa yang masih cukup asri dan sejuk.

Bangunan di dalam sanggar batik ini begitu kental dengan nuansa Jawa. Sangat indah dan bisa menjadi latar yang menarik untuk berfoto ria.

Bila Anda sudah cukup puas melihat lebih dekat bagaimana proses pembuatan batik, jangan lupa kunjungi juga galeri batik yang berada di lokasi yang sama, untuk melihat berbagai macam produk jadi dari batik Semarang 16. Produk yang ada dalam galeri ini dijual lho, jadi Anda bisa sekaligus berbelanja batik untuk oleh-oleh maupun koleksi pribadi.

Gallery Batik Semarang

Dengan menyaksikan proses pembuatan batik di sanggar batik Semarang 16 ini, dapat membuat kita lebih memahami bahwa sebagai karya seni, batik melalui proses penciptaan yang cukup panjang. Sehingga membuat kita lebih menghargai warisan budaya dunia dari Indonesia, yang sudah diakui oleh Badan Perserikatan Bangsa Bangsa Urusan Kebudayaan ini.

Melihat Lebih Dekat Proses Pembuatan Batik Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,988 times, 3 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Melihat Lebih Dekat Proses Pembuatan Batik Semarang' have 13 comments

  1. March 3, 2015 @ 11:09 am Hidayah Sulistyowati

    Boleh tuh kapan-kapan melihat proses bikin batik, trus belanja sekalian. Deket rumahmu kayaknya ya, mba Rahmi 🙂

    Reply

    • March 3, 2015 @ 11:25 am rahmiaziza

      Iyo mba deket banget, tapi aku baru tahu gara2 diajak Asmarie dkk tour waktu itu hihi kuper yo

      Reply

  2. March 3, 2015 @ 11:16 am munif

    wah keren juga ya tempatnya, sayangnya cukup jauh dari pusat kota, tapi dekat dengan Undip… 🙂

    Reply

  3. March 3, 2015 @ 8:38 pm Lestari

    Piknik ke sini yukk sama geng :)) *kode

    Reply

  4. March 4, 2015 @ 1:20 am Dewi 'Dedew' Rieka

    pengen kesanaaa….hayuk atuh diagendakan…jjs lagi kayak waktu ke Solo..

    Reply

  5. March 4, 2015 @ 9:03 am Uniek Kaswarganti

    Hayuuukk serbu rame2 yok…. bareng sama anak2 pasti senang mereka. Kan ada tur nge-batiknya juga kan Mi? Itu loh yg pengunjung mencoba utk membatik sendiri

    Reply

  6. March 5, 2015 @ 4:47 am Gioveny

    Batik memang nggak ada matinya ya.. Motifnya banyak banget 😀

    Reply

  7. March 5, 2015 @ 12:07 pm Inung Nie

    i luv batik…. <3
    hayukksss kesana bareng2…. 🙂

    Reply

  8. March 6, 2015 @ 12:39 am Dian Nafi

    batik memang nggak ada matinye 🙂

    Reply

  9. March 7, 2015 @ 7:38 pm Johanis Adityawan

    wah ternyata deket rumah hehehe baru tahu ini..

    Reply

  10. May 5, 2015 @ 3:14 pm Hello SEMARANG / 10 Tempat Mencari Oleh-oleh di Semarang

    […] kembali batik Semarangan salah satunya dipelopori Batik Semarang 16. Berbagai produknya tidak saja digemari masyarakat umum, namun juga menjadi buruan pejabat, artis, […]

    Reply

  11. May 29, 2015 @ 6:13 am Bimo Aji Widyantoro

    Pengen Batik Semarang juga <3
    Solo dan Jogja sudah punya nih

    Reply

  12. May 31, 2015 @ 1:26 pm Ahmad

    Wah, Meteseh? Dekat dengan rumah ternyata.

    Reply


Would you like reply to rahmiaziza

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool