Kebun Teh

Memetik Teh di Kebun Teh Medini Semarang

1001 pesona keindahan alam terhampar di Bumi Nusantara. Puji Syukur kepada Sang Pencipta atas anugerahnya karena salah satunya berada di Semarang. Gunung Ungaran, pesona alam terselip dalam setiap jengkal sisi-sisinya. Termasuk warisan masa lampau pun ada disana. Peninggalan kolonial Belanda berupa perkebunan teh, kopi, karet dan cengkih yang tumbuh subur di hampir seluruh lereng Gunung Ungaran.

kebun teh Medini Ungaran

Petak petak Kebun Teh Medini di Lereng Gunung Ungaran

Gunung Ungaran memiliki daya tarik tersendiri dimasa lalu. Kesuburan tanah dan iklim yang cocok membuat jatuh hati Belanda untuk membuat perkebunan. Sedangkan letak topografi yang berbukit-bukit menjadi tempat strategis untuk pertahanan dan dibangunlah goa-goa untuk perlindungan oleh tentara Jepang.

Teh, minuman yang sudah akrab di lidah orang Indonesia, khususnya bagi orang Semarang. Teh, diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara medis. Adanya kandungan antioksidan, senyawa perisa dan pewarna menjadikan teh minuman yang istimewa.

Tahukah kamu? berasal dari mana Teh yang kamu minum?

Di kebun teh Medini, Gunung Ungaran Jawa Tengah terhampar luas puluhan hektar perkebunan teh yang menghasilkan teh dengan kualitas tinggi. Di sinilah teh teh sebut berasal. Seluas mata memandang, hanya hamparan hijau tanaman teh yang nampak seperti karpet hijau berpetak petak membentang dari bukit hingga lembah. Kamu bisa ke sini dengan kendaraan dari Kendal atau jalan kaki melalui jalur pendakian Gunung Ungaran via camp Mawar.

pemetik teh

Pemetik teh

Minggu kemarin saya berkunjung ke sana, bertatap mata secara langsung dengan para pemetik teh yang sedang melaksanakan tugasnya. “bade muncak mas?” Sapa ramah dari ibu ibu pemetik teh. Ketika saya hendak membantu memetik teh, Ibu pemetik teh tersebut dengan ramah mengajari saya cara memetik teh yang benar dan memilih daun mana yang boleh dipetik. Memetik teh itu tidak sembarangan lho.

Saya pernah bertemu dengan mandor kebun yang sedang mengawasi pemetik sambil menenteng HT. Sempat curhat colongan sebentar, lalu diajarkan rumus cara memetik teh yang baik. Peco + 3M. Rumus petik ini, mengharuskan memetik pucuk teh yang masih kuncup lancip dengan tiga daun muda. Petikan pucuk daun ini yang nantinya akan diproduksi menjadi teh hijau dengan kualitas nomor satu.

Obrolan bersama mandor pun berlanjut semakin hangat di bawah sinar matahari dan dinginnya udara Gunung Ungaran. Banyak informasi menarik tentang teh dan tetek bengengknya yang saya dapatkan dari pak mandor dan para pemetik teh. Dalam sehari, mulai dari jam delapan sampai jam dua siang biasanya pemetik dapat 20- 50Kg. Kemudian teh ditimbang dan diangkut oleh truk dua kali, yaitu jam sepuluh dan jam dua siang.

Kebun Teh

Spot Menarik di Perkebunan Teh Medini

Dari sini lah teh teh yang kita minum tersebut berawal. Ada hal menarik lainnya dari kebun teh yang begitu luas dari bukit sampai ke lembah ini. Sangat memanjakan mata, terutama Landscape-nya. Banyak sekali spot menarik yang sayang jika luput dari bidikan kamera. Spot di atas adalah salah satunya.

Kebun Teh Medini, hmmmm jadi ingin ke sana lagi.

Memetik Teh di Kebun Teh Medini Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,528 times, 1 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Memetik Teh di Kebun Teh Medini Semarang' have 2 comments

  1. May 20, 2015 @ 5:03 pm Johanis Adityawan

    wah asiiik… ayo kesini…

    Reply

    • May 20, 2015 @ 5:09 pm slamet riyadi

      sekalian muncak gunung ungaran jo, blusukan di goa jepang juga wajib hukumnya

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool