Festval Budaya Deng 2017

Menanti Festival Budaya Dieng 2017Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara masih 4 bulan lagi, tepatnya 4-6 Agustus di Dataran Tinggi Dieng. Tapi kemeriahan dan gaungnya sudah mulai terasa ya. Ya, pemerintah dan berbagai pihak sangat bersemangat untuk menyambut salah satu pesta budaya kebanggaaan Jawa Tengah ini. Bahkan, tiket dan paket wisata untuk festival ini sudah dijual jauh hari, beberapa bulan sebelumnya lho.

Sebenarnya apa sih Dieng Culture Festival?

Dieng Culture Festival atau Festival Budaya Dieng tahun ini merupakan tahun ke-8 acara kegiatan budaya ini diadakan secara rutin dan dikemas lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan. Berbagai rangkaian acara yang menampilkan pesona budaya Dieng yang unik dan menarik akan digelar selama tiga hari di negeri di atas awan itu. Festival budaya dengan tagline ‘The Spirit of Culture’ ini hadir dengan semangat baru, mengingatkan kita semua agar tak bosan mencintai budaya bangsa sendiri. Jangan kalah dengan euforia konser Coldplay yaaa, Ezytravelers!

Kegiatan Festival Budaya Dieng diantaranya adalah pemotongan rambut gimbal anak Dieng, kirab budaya, pesta lampion, pesta kembang api, hingga acara yang ditunggu penggemar musik jazz tanah air, Jazz di atas awan! Rangkaian acara itu tak lengkap tanpa kalian menjelajahi desa wisata Dieng. Benar-benar pengalaman tak terlupakan, bukan?

Ya, keunikan acara budaya yang tradisional berpadu dengan acara festival jazz di atas awan yang modern. Unik bukan? Tak heran, kalau tiket untuk rangkaian acara ini dijual jauh hari. Dan dengan cepat sold out, Ezytravelers. Jadi, jika kalian berencana ingin menyaksikan acara ini Agustus nanti, mulai sekarang pesan

tiketnya di Ezytravel.co.id ya.

Apa menariknya ritual cukur rambut anak gimbal ini? Ya, anak-anak daerah Dieng yang berambut gimbal adalah salah satu keunikan yang bisa kita temui hanya di Dieng. Tak ada yang tahu, mengapa anak-anak ini bisa berambut gimbal tanpa pergi ke salon buat minta ditata ala rapper ini. Namun menurut kepercayaan masyarakat, anak-anak berambut gimbal ini adalah titisan leluhur Suku Dieng.

Kepercayaan masyarakat Dieng, anak-anak yang berambut gimbal harus dibuatkan upacara adat untuk memotong rambut gimbal ini. Mereka akan meminta sesuatu dan harus dikabulkan. Setelah rambut gimbal dipotong dan keinginan mereka terpenuhi rambut mereka akan tumbuh seperti biasa. Di acara Festival Budaya Dieng inilah mereka akan mengikuti upacara adat pencukuran rambut gimbal mereka.

Sebelum ritual cukur rambut diadakan, sebelumnya diselenggarakan dahulu kirab budaya yaitu pawai yang diikuti oleh anak-anak berambut gimbal yang akan dicukur rambutnya, pemangku adat, warga masyarakat Dieng dan barisan kesenian daerah seperti barongsai, rampak yakso dan tek-tek. Kirab budaya ini biasanya dimulai dari rumah pemangku adat dan berkeliling melewati jalan utama.

Yang menarik minat wisatawan juga adalah meriahnya acara Jazz di atas awan yang ditunggu-tunggu penggemar musik tanah air, Ezytravelers. Nahh siapa yang para pemusik pendukung acara Jazz di Atas Awan tahun ini? Pasti lebih meriah dan seru yaa.

Terus, Ezytravelers yang penyuka drama Korea atau yang penggemar film Disney Tangled pasti tak sabar menunggu pesta lampion tahun ini di . Iyaaa, kita hanya sering menonton pesata lapion di drama Korea yang romantis. Nah, sekarang Ezytravelers bisa membawa pasangan nih untuk menyaksikan sendiri syahdu dan romantisnya pesta lampion di festival ini. Benar-benar pengalaman tak terlupakan!

Terbaru di Festival Budaya Dieng 2017 akan ada Festival Caping Gunung. Apa itu fesitval caping gunung? Konon, untuk lebih memperkenalkan budaya Jawa pada wisatawan yang hadir. Seperti yang kita ketahui, topi caping petani yangberbentuk kerucut itu punya makna atau filosofi mendalam, yaitu simbol dari gunung.  Bagian bawah menunjukkan kehidupan itu sendiri sedangkan bagian atas adalah puncak dari kehidupan atau perjalanan menuju keabadian.

Penasaran seperti apa festival caping gunung ini? Jangan lupa Ezytravelers untuk segera memesan paket wisata Dieng Culture Festival 2017 di Ezytravel.co.id agar tidak kehabisan. Ada pilihan paket wisata khusus untuk mengikuti kegiatan festival budaya Dieng secara lengkap sudah komplit dengan tempat menginap yang representatif nanti. Jadi, nggak usah nunggu lama. Buruan pesan ya, Bisa nangis gerung-gerung nanti kalian jika sampai kehabisan tiket, hehe.

Vote Us
(Visited 33 times, 1 visits today)

About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Festval Budaya Deng 2017' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool