bakmi kadin jogja

Mencicipi Pedasnya Oseng-Oseng Mercon dan Segarnya Bakmi Kadin Jogja

Mencicipi Pedasnya Oseng-Oseng Mercon dan Segarnya Bakmi Kadin Jogja
5 (100%) 1 vote

Kawasan Joglosemar atau Jogja, Solo, dan Semarang memang sangat kaya dengan beragam tempat wisata dan kuliner. Letak ketiga daerah yang tidak terlalu jauh, juga sangat memungkinkan para wisatawan untuk berkunjung ke tiga daerah tersebut sekaligus. Jika Anda liburan ke Semarang dan masih punya waktu, bisa melanjutkan untuk jalan-jalan ke Solo maupun Jogja.

Bagi yang wisata ke Jogja, tentu Jalan Malioboro menjadi salah satu tujuan utamanya. Sambil menikmati suasana, pengunjung bisa berbelanja aneka barang untuk oleh-oleh. Di sekitar Malioboro juga banyak tempat wisata dan kuliner yang bisa dengan mudah dikunjungi.

Jika perut terasa lapar saat jalan-jalan di Malioboro dan sekitarnya, bisa mengunjungi dua tempat ini, yaitu Oseng-oseng Mercon dan Bakmi Kadin. Letak dua tempat kuliner tersebut memang tidak jauh dari Malioboro, Anda bisa naik becak yang banyak ditawarkan di sekitar Malioboro, sambil menikmati suasananya.

Oseng-Oseng Mercon

Jika Anda pecinta menu masakan pedas, Oseng-oseng Mercon bisa jadi salah satu tujuan wisata kuliner Anda. Olahan koyoran sapi ini, kini bahkan telah menjadi salah satu menu khas Kota Gudeg ini. Banyak penjual yang menawarkannya di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan, tidak jauh dari Jalan Malioboro.

oseng-oseng-mercon jogja

Pelopor menu Oseng-oseng Mercon adalah Bu Narti. Warungnya buka sejak tahun 1998, saat krisis ekonomi sedang melanda negeri ini. Namanya yang unik mengundang orang yang lewat untuk mencoba. Mercon dalam bahasa Indonesia berarti petasan, sebuah nama yang tepat untuk menggambarkan ledakan pedas menu ini.

Seporsi oseng-oseng mercon berisi kikil, gajih, dan kulit sapi atau biasa disebut koyoran oleh masyarakat Jogja. Ketika disajikan terlihat cukup berminyak dengan hiasan cabe di sana-sani. Dari penampilannya sudah terlihat kepedasan menu ini. Cepatlah menyantapnya dengan nasi putih agar oseng-oseng mercon ini tidak lekas kaku.

Pedasnya sungguh luar biasa, bagi pecinta menu pedas tentu akan terpuaskan. Namun bagi yang agak sensitif dengan rasa pedas, pasti akan dengan cepat melahap nasi yang dihidangkan, agar berkurang rasa pedasnya. Tanpa sadar keringat mengalir segar membasahi muka, menunjukkan betapa pedasnya menu khas ini.

Untuk menikmati racikan oseng-oseng mercon Bu Narti harganya cukup terjangkau. Jika Anda ingin menu lain, jangan kuatir di tempat ini juga menyediakan berbagai menu penyetan, seperti ayam dan bebek goreng atau bakar. Oseng-oseng mercon Bu Narti ini buka setiap hari dari pukul 17.00 – 23.30 WIB.

Bakmi Jawa Kadin

Bakmi Jawa merupakan bakmi rebus atau sering disebut bakmi godhog yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Proses memasaknya cukup khas, mi dimasak di atas tungku tanah liat dengan api dari arang. Untuk memasaknya pun, meski pembeli sedang antre, tidak langsung banyak porsi, namun per satu porsi di wajan kecil.

bakmi kadin jogja

Ciri khas lain dari bakmi Jawa adalah penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan. Tentu terbayang kan bagaimana lezatnya menu ini. Nah, salah satu tempat yang cukup terkenal untuk menikmati menu ini di Yogyakarta adalah di Bakmi Kadin, letaknya tidak jauh dari kawasan Malioboro, tepatnya di Jalan Bintaran Kulon No. 3 & 6 Yogyakarta.

Nama Bakmi “Kadin” dipilih karena warung ini dekat dengan kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta, selain itu Kadin juga merupakan singkatan dari Karto Kasidin, pendiri warung ini. Warung bakmi ini cukup legendaris karena telah menawarkan menu bakmi Jawa sejak tahun 1947.

Warung Bakmi Kadin cukup luas dengan kapasitas hingga ratusan orang, deretan tempat masak yang khas pun terlihat berjejer siap pelayani pelanggan yang datang. Tempat ini biasanya sangat ramai pada waktu jam makan malam. Jika Anda tidak ingin antri untuk menyantap, sebaiknya datang di siang hari. Warung ini buka dari pukul 10.00 – 24.00 setiap harinya.

Bakmi Jawa di Bakmi Kadin tentu tidak berbeda dengan di tempat lain. Namun cita rasanya yang nikmat membuat tempat ini mampu bertahan hingga saat ini. Seporsi Bakmi Kadin di dalamnya berisi bakmi, telur, irisan daging, capcay, serta sayur kol, tomat, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Untuk menemani seporsi bakmi, Anda juga bisa memesan minuman khas di sini yaitu Bajigur.

Yuk Cari Hotel Murah di Semarang hanya di Ezytravel.co.id, jangan lupa juga Tiket Pesawat ke Semarang nya yaa …
(Visited 175 times, 1 visits today)


About

Aktif mengenalkan Wisata Semarang melalui berbagai media


'Mencicipi Pedasnya Oseng-Oseng Mercon dan Segarnya Bakmi Kadin Jogja' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool