Mencicipi Soto Segeer Mbok Giyem Boyolali

Mencicipi Soto Segeer Mbok Giyem Boyolali
5 (100%) 1 vote

⁠⁠⁠⁠Hahaiii Ezytravelers, sedang kurang enak badan? Yuk saya ajak mencicipi Soto Segeer yang bikin Ezytravelers makin segar dan sehat. Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kuah dengan bahan baku utama daging sapi atau ayam. Dengan tambahan bahan pelengkap, seperti mi, bihun, sayuran, dan bumbu pelengkap lainnya. Soto bisa ditemukan di seluruh daerah yang ada di Indonesia ini. Boyolali yang terletak di antara kota Semarang dan Solo, juga memiliki kekayaan kuliner khas soto dengan beragam nama. Salah satunya adalah Soto Segeer Mbok Giyem yang terletak di Jalan Pandanaran Boyolali. Bahkan Soto Segeer Mbok Giyem yang merupakan makanan khas Boyolali ini telah merambah di kota-kota di Indonesia.

Soto Segeer Boyolali

⁠⁠⁠⁠
Saya sudah sering banget mampir mencicipi Soto Seger Mbok Giyem yang terkenal kelezatannya. Usaha keluarga yang turun temurun ini dulunya dikelola oleh Mbok Giyem. Namun sekarang kedua anaknya yang melanjutkan usaha keluarga ini, yaitu Soto Segeer Hj. Fatimah dan Agus. Namun keduanya mengelola soto dengan nama yang berbeda. Dan sayaaa, suka racikan bumbu kedua tempat tersebut. Tapi kalo pengen menikmati yang lebih komplet, bisa memilih Soto segeer yang dikelola oleh Hj. Fatimah. Ada dua pilihan, yaitu Soto Ayam atau Soto daging Sapi.

Namun hari Minggu lalu, saya bertiga bareng suami dan si bungsu mampir menyicipi Soto Segeer Mbok Giyem di Jalan Pandanaran. Warung soto yang terletak selatan Pasar Sunggingan ini sering jadi tempat sarapan kami bila sedang menuju kota Solo. Berangkat dari Semarang masih pagi, jadi malas sarapan di rumah. Emang niatnya sarapan di Soto Segeer Mbok Giyem aja.

Nah, saya paling suka dengan beragamnya pelengkap makan soto di sini. Apa saja sih yang biasanya suka saya pilih untuk pelengkap makan soto? Hmm, ada lentho, macam-macam sate, tempe goreng, tahu bakso, dan bakwan jagung. Pokoknya komplet banget deh pelengkap teman makan soto di sini. Saking kompletnya kadang suka bingung mau memilih yang mana, hahaha.

Soto Segeer Boyolali

Soto Segeer Boyolali

Begitu pesanan soto diantar ke meja kami, langsung deh tercium aroma kuah soto yang menghantar kesedapan rasanya. Asap yang menguar dari kuah bening di mangkuk kecil mulai mengaduk-aduk rasa lapar di perut saya. Ahhh, saya nggak sabar mencicipi kelezatan kuah yang segar dan gurih. Saya segera mengambil sate usus untuk teman menikmati Soto Segeer Mbok Giyem.

Soto Segeer Boyolali

Soto Segeer Mbok Giyem terbuat dari bumbu seperti soto umumnya di daerah Jawa Tengah. Yaitu berupa campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi, ketumbar, yang dihaluskan dan ditumis hingga menguarkan aroma harum. Karyawan Soto Segeer Mbok Giyem, menceritakan bahwa untuk menciptakan aroma harum dari kuah sotonya, ia selalu menumis dengan waktu berjam-jam. Jadi bumbu yang ditumis mesti benar-benar kering.

Semangkuk soto terdiri dari nasi dengan pelengkap isian berupa kecambah, bihun, daun seledri, irisan daging sapi yang empuk, dan taburan bawang goreng. Hmmm, kalau yang tengah flu, menikmati semangkuk soto panas bikin tubuh jadi segar kembali. Flu bakal plong begitu indra penciuman menghirup gumpalan asap yang harum dari kuah bening di mangkuk. Sebagai pelengkap kesegaran, tersedia irisan jeruk nipis di meja sehingga penikmat soto bisa mencampur perasan air jeruk sesuai selera. Bagi yang suka pedas, tersedia pula sambal dan kecap untuk memperkaya cita rasa soto.

Soto Segeer Boyolali

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, promo tiket, dan tiket pesawat Semarang

Harga seporsi soto di sini cukup murah. Kami bertiga memesan tiga mangkuk soto dengan lauk pelengkap masing-masing setusuk sate dan tempe goreng, hanya membayar kurang lebih 70 ribu rupiah. Itu pun saya masih membawa 2 bungkus Rujak Cireng untuk oleh-oleh si sulung yang kali ini nggak bisa ikut jalan-jalan. Di warung soto ini memang menawarkan beragam jajanan yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung sebagai oleh-oleh. Selain Cireng, ada juga Pisang Goreng, Lentho, Kremesan Ayam dalam toples, Getuk Pisang, Risoles, dan masih banyak lagi deh. Nah, Ezytravelers, kalo sedang dalam perjalanan darat dari Solo ke Semarang, jangan lupa mampir menyicipi Soto Segeer Mbok Giyem di Boyolali. Nikmati jelajah rasa kuliner khas kota Boyolali yang akan memanggil kalian untuk datang kembali. See you next destination.

(Visited 168 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Mencicipi Soto Segeer Mbok Giyem Boyolali' have 8 comments

  1. January 3, 2017 @ 7:11 pm Kurnia amelia

    Soto nya segerrr baangettt kayaknya apalagi pake sate ati ampelaaa beuh mantapp.

    Reply

  2. January 4, 2017 @ 2:43 am Hastira

    wah perlu nih dicoba

    Reply

  3. January 4, 2017 @ 2:59 am Dewi Nielsen

    Mupeng tingkat dewa mbak liat wujud soto, sate, bakwan..mau semuanyaaa..sudah lama sekali tidak menikmati makanan lezat seperti ini…

    Reply

  4. January 4, 2017 @ 10:10 am qhachan

    Suamiku asli boyolali tp aku blm pernah makan ini. Dia ngga suka soalnya, padahal aku mupeng. Besok cuss ndiri deh

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool