Candi Tugu Semarang

Menelisik Sejarah Candi Tugu Semarang

Bagi Anda yang sedang wisata ke Semarang. Anda akan banyak menemukan bangunan–bangunan bersejarah yang nilai historisnya menarik untuk kita pelajari. Seperti hal nya bangunan kota lama dan juga wisata lawang sewu. Ada salah satu tempat di sebuah kecamatan Tugu Semarang yang mempunyai banyak cerita sejarah pada zaman kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Masyarakat sekitar menyebutnya Candi Tugu.

Candi Tugu ini mulanya menurut masyarakat sekitar adalah Watu Tugu (Batu Tugu). Bentuk dan teksturnya yang menyerupai stupa candi sehingga kebanyakan orang menyebutnya dengan sebuah Candi Tugu. Ada beberapa pemahaman antara para ilmuwan dan juga Masyarakat sekitar mengenai Candi Tugu ini. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa bangunan Tugu tersebut adalah sebuah pembatas antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Namun oleh penduduk setempat ada yang beranggapan bahwa Watu Tugu itu adalah dulunya sebuah dermaga dan Tugu tersebut difungsikan sebagai pengikat kapal-kapal yang sedang berlabuh. Argumen tersebut dikuatkan dengan ditemukannya sebuah besi jangkar kapal di lokasi situs pada era 70-an. Sehingga masyarakat Tugu meyakini bahwa dulunya lokasi Watu Tugu merupakan sebuah dermaga atau pelabuhan.

Candi Tugu Semarang

Kalau Anda melihat di sekitar Candi Tugu. Ada beberapa bangunan candi di sekelilingnya, itu merupakan bangunan candi yang sudah di pugar kembali oleh Pemkot Semarang pada tahun 80-an. Bangunan asli yang sebenarnya adalah Watu Tugu tersebut yang masih menjadi misteri sejarah seperti pada paparan di atas. Sekilas kita melihat bangunan candi tersebut adalah candi buatan yang menyerupai bangunan candi Gedhong Songo di Ungaran.


Watu Tugu Semarang

Menelisik kontur pesisir Semarang pada zamannya Sampoo kong dengan dibangunnya Klenteng di Gedung Batu yang konon juga merupakan dermaga tempat pemberhentian kapal dari Cina. Maka garis pantai kota Semarang pada zamannya adalah menjorok beberapa kilo dari garis pantai sekarang. Jika ini benar maka, keberadaan Watu Tugu merupakan bukit paling dekat dengan pantai laut Jawa saat itu. Asumsi-asumsi ini akan semakin menguatkan kebenaran dari cerita masyarakat Tugu, yaitu wilayah tugurejo sebagai bagian dari dermaga pelayaran zaman dahulu, tidak sekedar tapal batas dua kerajaan besar.

Posisi Candi Tugu ini tepatnya berada di Jalan Mangkang KM 11, sekitar 2 km dari kampus IAIN Walisongo, atau sekitar 800 meter dari RSUD Tugurejo. Lokasi Candi Tugu ini sepertinya tak diketahui oleh banyak wisatawan luar. Karena memang lokasinya yang jauh dari perkotaan, dan tidak memiliki akses masuk seperti pada lokasi-lokasi wisata di Semarang pada umumnya. Untuk menuju lokasi Candi Tugu ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Dan tidak ada tiket masuk atau tidak dipungut biaya sama sekali. Namun terkadang juga ditemukan oknum yang meminta uang keamanan atau parkir kendaraan di sekitar lokasi.

Seringkali tempat ini dijadikan sebagai wisata bagi masrakat sekitar. Baik untuk hanya sekedar main-main dan mengambil objek foto ataupun pernah juga dijadikan sebagai foto pre wedding.

Menelisik Sejarah Candi Tugu Semarang
5 (100%) 3 votes
(Visited 5,359 times, 1 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'Menelisik Sejarah Candi Tugu Semarang' have 4 comments

  1. April 13, 2015 @ 6:02 am Hidayah Sulistyowati

    Udah denger tapi aku belum pernah kemari 🙂

    Reply

  2. April 13, 2015 @ 2:38 pm badroe

    tempat favorit buat ngademin pikiran 😀 bisa lihat sawah terus ada kereta lewat dan bisa lihat laut pantai utara jawa.

    Reply

  3. October 20, 2015 @ 8:27 am dewi lartikasari

    Candi tugu itu tempat maen waktu kecil
    Asyiik buat petak umpet

    Reply

  4. May 14, 2016 @ 8:36 pm ars jepara

    Keren.mistik.sejarah kuno jawa yg terabaikan sebagian besar keturunan jawa.kasian akses jalan minin.kurang terawat.kurang perhatian.padahal tonggak sejarah jawa yg tersembunyi.lorong waktu.coba aja didatangkan mister tukul jalan2.mungkin pemkap bisa memperhatikan.sayang bukan hanya tapal batas kerajaan/termaga.tapi masih banyak rahasia gaib yg belum terungkap.hanya kalangan tertentu yg tau rahasia besar goib candi tugu.good luck semarang.semoga rahasia peradapan jawa terungkap di candi tugu.amin bravo java dwipa

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool