Pengolahan Ikan Asap

Menengok Sentra Pengolahan Ikan Asap di Semarang

Menengok Sentra Pengolahan Ikan Asap di Semarang
4.33 (86.67%) 3 votes

Halo sobat travelers, gimana nih pengalaman jalan-jalan di Semarang? Pasti sobat travelers sudah mengunjungi beberapa obyek wisata yang menarik di kota Semarang. Bahkan mungkin juga sobat sudah mencicipi kuliner yang banyak ragamnya di kota kami? Salah satunya adalah Mangut Ndas Manyung atau Welut, yang sangat terkenal kelezatannya dan mampu menggoyang lidah sang penikmat.

Nah, kali ini saya akan mengajak sobat travelers mengunjungi lokasi pembuatan bahan utama Mangut Ndas Manyung di sentra pengolahan ikan asap yang ada di Semarang. Tempat pengolahan ikan asap ini berlokasi di Semarang Utara, bersisian dengan jalan arteri Yos Sudarso. Bila sobat ingin mengunjungi tempat ini, bisa memilih akses jalan Hasanudin yang dekat dengan beberapa hotel murah di Semarang.

Ikan Asap

Ibu Tarni tengah memotong ikan

Adalah Bu Tarni, salah seorang pemilik pengolahan ikan asap, menuturkan kisah suka dukanya berusaha sejak tahun 1983. Dulunya sih mereka mengolah ikan menjadi ikan asap di rumah masing-masing. Tentu saja rumah tinggal menjadi kumuh dan tidak sehat. Kemudan mereka memilih tempat di lokasi yang sekarang telah berubah menjadi rusunawa Bandar Harjo. Namun di sini pun tak lama, hanya selama enam tahun, kepindahan kali ini karena pembangunan rusunawa Bandar Harjo Semarang.

Lokasi yang sekarang ini masih di kelurahan yang sama, yaitu Bandar Harjo. Berada di sisi Timur perumahan Tanah Mas ini, telah mengalami perbaikan dalam prasarana jalan dengan pavingisasi, serta memperbaiki pinggiran sungai dengan pemasangan pondasi tiang pancang. Tentu saja maksud pembangunan ini agar wilayah sentra pengolahan ikan asap tak lagi terkesan kumuh. Terlebih lokasi yang dekat dengan muara sungai yang berlokasi di perumahan Tanah Mas, sudah dibuatkan pintu penghalang air laut masuk ke sungai. Pembangunan pintu penghalang air laut masuk ke sungai ini dibiayai oleh Bank Dunia.

Ikan Asap

Pekerja tengah mengolah daging ikan

Salah seorang pekerja, yaitu ibu Suni menuturkan sudah menjadi pekerja di tempat pengolahan ini sejak belasan tahun. Bersama dua pekerja lain, ibu Suni menusukkan lidi pendek ke dalam irisan daging ikan Manyung, PE (Pari) dan Tongkol. Kemudian menatanya di atas nampan yang terbuat dari kawat. Dan dilanjutkan dengan meletakkannya di atas pemanggang yang terbuat dari tumpukan bata. Dan asap pun langsung membubung tinggi tiap kali pekerja memercikkan air ke atas ikan yang tengah diasapi. Aroma khas ikan asap merebak hingga melekat pada pakaian para pekerja dan orang yang berada di lokasi.

Ikan Asap

Tempat pengasapan

Potongan daging ikan itu diasapi selama beberapa waktu hingga warnanya berubah. Penggunaan batok kelapa adalah agar nyala api bisa merata, hingga bagian dalam daging ikan bisa terkena semua. Kelebihan menggunakan batok kelapa untuk pengasapan ikan agar matang sempurna. Sehingga bila dibawa keluar kota, daging ikan ini masih tetap bagus dan tidak lengket. Kalo bahan pembakaran selain batok kelapa, ikan kerap kali lengket bila sudah berganti hari.

Ikan Asap

Ikan asap siap jual

Ikan asap ini sudah ada pembeli yang memesan. Namun bila sobat travelers ingin membeli ikan asap, tentu saja mereka bakal melayaninya. Di sini, ada banyak rumah pengolah ikan asap yang memiliki pekerja dari penduduk sekitar lokasi.

Gimana, penasaran dengan tempat pengolahan ikan asap ini? Jangan ragu untuk datang berkunjung kesini yaaa.

(Visited 3,234 times, 3 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Menengok Sentra Pengolahan Ikan Asap di Semarang' have 7 comments

  1. May 27, 2015 @ 2:02 pm Wida Zee

    Wahhh ada pengolahan ikan asap tapi sayang aku bukan tipe orang yang suka makan ikan padahal kandungan vitamin dalam ikan itu sangat banyak sekali ๐Ÿ™

    Reply

    • May 27, 2015 @ 9:07 pm Hidayah Sulistyowati

      Udah nyoba masakan khas Semarang? Mangut kepala manyung itu enak banget loh ๐Ÿ˜€

      Reply

  2. May 28, 2015 @ 5:23 am Dewi Rieka

    aku ngenceees liat iklannya eh ikannya..nampak yummiii…

    Reply

  3. February 28, 2016 @ 11:26 am jamal

    Mbak bisa minta e mail yang bisa di hubungi? Ini email saya mbak jamalfpik@gmail.com

    Reply

  4. July 26, 2016 @ 6:24 pm Wenny

    Di Semarang ada yang membuat olahan ikan asap ini menjadi sambal instan siap makan, home made tanpa pengawet dan msg. Rasanya enakkk , sedep dan mantep. Yang jauh dr Semarang masih dapat menikmati ikan asap jenis manyung. Harga 22rb per botol, Sambel Sedep Oma, kontak person : 0816669720

    Reply

  5. January 23, 2017 @ 2:55 pm rury

    Boleh mnta almat lgkap tmpat pengolahan ikan asab nya?? Saya ingin berkunjung. ..untuk belajr berbisnis..
    Trimkaashh …

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool