wisata alam posong

Mengejar Matahari di Posong Temanggung

Ezytravelers, bagi pecinta alam yang menyukai aktivitas mengejar matahari,  Jawa Tengah memiliki ratusan destinasi wisata alam yang tersebar di berbagai kota yang berada di dalamnya. Salah satu destinasi wisata alam di Jawa Tengah yang tengah naik daun adalah obyek wisata Posong di kaki gunung Sindoro. Obyek wisata Posong ini terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Rasa penasaran pada obyek wisata Posong lah yang akhirnya membawa saya dan beberapa teman kesana. Menurut kabar, obyek wisata Posong menawarkan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbit atau wisata “golden sunrise”. Untuk menuju kesana saya dan teman-teman harus berjuang menembus gelap dan melawan rasa dingin yang menusuk tulang demi mengejar matahari di Posong. Nggak heran sih, karena memang kota Temanggung berada di tengah-tengah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Perjalanan dari tempat kami menginap hingga obyek wisata Posong diperkirakan memakan waktu kurang lebih 45 menit.

Saya dan teman-teman mengendarai sepeda motor melalui jalan yang berkelok ke arah kota Wonosobo melewati Parakan. Jalan yang gelap, berkelok-kelok serta menanjak membuat saya dan teman-teman harus ekstra hati-hati. Kabarnya jalur ini rawan terjadi kecelakaan. Kondisi jalan yang gelap dan berkabut itu juga yang membuat kami sempat beberapa kali salah jalan. Gapura bertuliskan Posong sempat terlewat, namun akhirnya berhasil kami temukan juga. Ezytravelers harus teliti ya, karena di sepanjang jalan ada beberapa gapura yang serupa dengan gapura menuju Posong.

Saya dan teman-teman harus bergegas karena semburat merah di ufuk timur mulai nampak. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp4.000,00 per orang, kami masih harus menempuh jalan terjal menanjak sepanjang 3,5 km lagi dari pos. Kami harus melewati jalan berbatu yang hanya cukup dilewati satu mobil. Jalannya juga cukup licin akibat hujan. Kabut yang turun menghalangi jarak pandang kami. Mungkin karena semalam kota Temanggung dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup deras

Saya mulai menggigil kedinginan, padahal jaket yang saya pakai cukup tebal. Udara pagi itu memang menusuk hingga tulang karena kami tepat berada di kaki Gunung Sindoro. Sampai di lokasi ternyata sudah ada beberapa orang yang mungkin memiliki tujuan sama dengan kami. Mengejar matahari di Posong.

mengejar matahari posong

Sayangnya kabut dan awan sedikit menghalangi munculnya terbitnya matahari. Matahari seperti malu-malu menyapa kami yang menantinya. Sinarnya terhalangi oleh kabut dan awan, hanya semburat merahnya terlihat. Saya memandang langit yang tak sebiru biasanya. Di hadapan saya, Gunung Sumbing hanya menampakkan puncaknya. Begitu pula dengan gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo yang berderet di belakangnya. Sementara di belakang saya berdiri dengan gagahnya Gunung Sindoro. Sungguh mempesona. Saya berdiri di tempat yang dikelilingi gunung-gunung yang menjulang. Ketika menatap ke bawah, nampak awan bergulung seolah saya berada di negeri di atas awan.

Setelah matahari agak tinggi, saya dan teman-teman mengelilingi lokasi. Tampak beberapa gazebo berderet di sepanjang jalan menuju puncak. Sedangkan di belakang gazebo terdapat lahan petani yang ditanami tembakau dan kopi. Sepertinya Posong sedang berbenah mengingat makin banyaknya wisatawan yang datang. Ikon “POSONG” bercat putih sudah berdiri membelakangi gunung Sindoro. Ezytravelers bisa foto-foto di spot ini. Sayang, ketika saya berkunjung Posong sedang dalam tahap pembangunan jadi beberapa sudut tampak tidak rapi. Pengelola lokasi wisata Posong ini pasti melihat betapa potensialnya tempat ini untuk dijadikan destinasi wisata favorit. Pengunjung yang datang tak hanya disuguhi pemandangan alam yang mempesona tetapi tempat yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman tercinta.

mengejar matahari temanggung

Meski tergolong destinasi wisata baru, Posong sudah memiliki fasilitas seperti mushola, toilet, warung kopi dan beberapa gazebo untuk beristirahat. Ada pula spot untuk melihat pemandangan ke sekeliling lokasi. Dari atas kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Tak hanya bisa menikmati pemandangan alam saja, Ezytravelers juga bisa melihat aktivitas para petani yang sedang menggarap lahan dan merawat tanamannya.

Ezytravelers nggak akan rugi deh, kalau berkunjung ke Posong. Saya dan teman-teman bahkan berjanji akan mengunjungi Posong lagi suatu hari nanti.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang
Mengejar Matahari di Posong Temanggung
5 (100%) 1 vote
(Visited 215 times, 1 visits today)


About

Blogger yang pengen jadi "traveller". Suka baca, musik dan kopi.


'Mengejar Matahari di Posong Temanggung' have 4 comments

  1. November 23, 2016 @ 5:00 pm rivai hidayat

    kabut yaa?
    gunung sumbing ketutup kabut..hiks

    Reply

    • November 25, 2016 @ 6:47 pm Ika Puspitasari

      Kapan-kapan kesana lagi ah…pas cuacanya bagus. Ikut lagi nggak, Pai?

      Reply

  2. November 24, 2016 @ 6:18 am Vita Pusvitasari

    Sepertinya adem hawanya ya

    Reply

    • November 25, 2016 @ 6:47 pm Ika Puspitasari

      Adem mbak Vita…tapi asyik banget suasana dan pemandangannya. Mbak Vita harus kesana, deh.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool