Mengejar Sunrise di Gunung Telomoyo, 2 jam dari Semarang

Mengejar Sunrise di Gunung Telomoyo, 2 jam dari Semarang
3 (60%) 3 votes

ngopi_di_telomoyo_by_oecilk“Pagi pagi gini enaknya dede sambil menyeruput kopi bro, Iya ngopi di atas Gunung Telomoyo” WELEH!
Biasanya untuk bisa sampai ke puncak gunung kita harus jalan kaki, capek, diiringi peluh dan keringat berjam-jam lamanya. Tahu gak sih? di Kabupaten Semarang tepatnya di perbatasan Magelang ada gunung yang bisa didaki dengan naik motor atau mobil untuk sampai ke puncak?

Gunung Telomoyo, untuk sebuah gunung dengan ketinggian 1.894mdpl gunung Telomoyo termasuk gunung yang pendek seperti yang lainnya. Namun bedanya adalah untuk mencapai puncaknya kamu bisa naik kendaraan seperti motor, mobil bahkan dengan truk dalam waktu kurang dari setengah jam saja dihitung mulai dari pintu pos. Jalur yang dilalui juga bisa dibilang mudah karena sudah diaspal walaupun di beberapa titik ada yang rusak. Puncaknya terdapat stasiun pemancar, tower dan antenna yang masih beroperasi, oleh karena itu ada juga yang menjulukinya sebagai Gunung Pemancar. Menarik? yok starter motornya?

Landasan Paralayang Gunung Telomoyo

Landasan Paralayang Gunung Telomoyo

Apa keunikan Gunung Telomoyo? Selain ada puluhan pemancar yang tertancap tepat di atas pilar bumi, di sini juga terdapat landasan paralayang tertinggi di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia. Maka dari itu pada Oktober 2014 yang lalu telah sukses digelar Kejuaraan Gantole Piala Telomoyo yang diselenggarakan oleh Persatuan Gantole dan Paralayang Indonesia (PGPI). Acara ini berhasil semakin menduniakan Telomoyo.

Dengan jarak 6 kilometer kamu bisa sampai di puncak dalam waktu 15 menit saja. Jika berlari atau jalan santai bisa sampai 2 jam lamanya dari pntu gerbang. Namun jangan membayangkan perjalanan bakal mulus tanpa hambatan. Sesekali jejalanan aspal mengelupas parah hingga yang tersisa batu-batu kerikil semata. Jalurnya juga tidak lurus, ada lebih dari lima kelokan yang butuh ekstra hati hati. Namun bagi teman teman yang suka lelarian, mungkin kelokan ini akan menjadi penyemangat dan lebih menarik.

IMG_20150730_083231

Pemandangan sepanjang perjalanan yang hijau dan sejuk begitu menyegarkan hati. Mau ngapain ya? Tidak usah bingung, banyak cara untuk menikmatinya.  Bagi pecinta olahraga, jalurnya sangat asyik dan menantang untuk  bersepeda atau berlari. Saya sendiri lebih suka joging atau lari lari kecil sampai ke puncak.

Menikmati Matahari terbit di ketinggian 1800mdpl Gunung Telomoyo

Menikmati Matahari terbit di ketinggian 1800mdpl Gunung Telomoyo

Untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna di Puncak Telomoyo dan Gunung lain pada umumnya memang ciamik dan sangat pas ketika matahari terbit. Ketika langit masih biru cerah dan langit tanpa awan. Kamu bisa melihat Pucuk Gunung Merbabu dan Merapi yang mulai memerah terkena sinar matahari di sisi sebelah timur. Dengan catatan cuacanya cerah. Jika menengok ke Utara, Gunung Ungaran dan rawa pening mungkin akan terlihat samar samar.

IMG_20150730_083412

Satu lagi yang tak boleh terlewatkan adalah sebuah grojogan, bisa juga disebut air terjun atau curug yang berada di sepertiga jalur perjalanan dari bawah. Namun kadang ketika kemarau debit airnya sangat kecil. Di sini, coba kamu rasakan sendiri kesegaran airnya, pasti beda dengan air biasanya.

Jalur ke Gunung Telomoyo cukup mudah kok bila dari Semarang. Semarang – Salatiga – Kopeng – Dalangan bisa ditempuh dengan waktu 2 jam jika lancar. Setelah Kopeng dan Sebelum Pasar ngablak ada pertigaan dengan Pom bensin mini di sebelah kiri, di pertigaan itu belok kanan ikuti jalur sekitar 6 kilometer. Di sana sudah ada papan informasi ke arah Stasiun Pemancar. Itulah jalan tunggal menuju Puncak Telomoyo. Oh iya, tiket masuk sebesar lima ribu saja.

Oh iya, itu baru pemandangan ketika matahari terbit, ketika matahari tenggelam dan ketika malam tiba bakal jadi kejutan selanjutnya.

(Visited 23,350 times, 8 visits today)


About

Holiday Runner yang lagi rajin renang, Tertarik dengan street photography dengan kamera handphone Owner www.slamsr.com


'Mengejar Sunrise di Gunung Telomoyo, 2 jam dari Semarang' have 5 comments

  1. February 7, 2016 @ 2:22 am ahmad

    Ada trek buat hiking nya ga bang..?

    Reply

    • April 25, 2016 @ 7:49 pm Muhammad jordi

      Ada trek nya, tapi masih agak alami soalnya jarang bgt yg naik. Lumayan terjal juga dan hati2 bisa nyasar soalnya gada yg naik dan kurang jelas jalur setapaknya.

      Reply

  2. September 18, 2016 @ 1:06 am Zayn

    Sejak kapan mas telomoyo pindah jadi ke Semarang? Bukannya masih di Magelang ya?

    Reply

    • September 20, 2016 @ 8:40 pm Slamet Riyadi

      betul, kisaran 2 jam perjalanan kalau dari semarang
      betul?

      Reply

  3. March 28, 2017 @ 5:51 pm Dinda

    Kalo pake mobil bisa ngga mas?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool