Desa Wisata Kandri

Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Desa Wisata Kandri Semarang

Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Desa Wisata Kandri Semarang
5 (100%) 1 vote

Semarang mempunyai sumber potensi wisata yang cukup luar biasa. Baik dari wisata sejarah, kesenian, hingga budayanya. Jumlah penduduk di Semarang yang kurang lebih ada 1,7 juta jiwa ini sepertinya mampu membawa Semarang menjadi lebih baik lagi dengan terus mempromosikan potensi Wisata Semarang ke dunia luar.

Melihat Semarang yang saat ini lebih dikenal sebagai salah satu tujuan wisata akan sejarah peninggalan kolonial Belanda pada saat itu, seakan-akan wisata yang ada di Semarang ini hampir lebih dikenal wisatanya karena peninggalan sejarah pada zaman dahulu sehingga membuat wisata Semarang yang benar-benar asli dari Semarang tidak begitu banyak dikenal oleh masyarakat luas. Padahal ada beberapa potensi wisata yang benar-benar dimiliki oleh Semarang sendiri. Salah satunya adalah yang akan saya bagikan ini mengenai Desa Wisata Kandri.

Desa Wisata Kandri

Sebelum mengenal lebih jauh lagi tentang Desa Wisata Kandri ini, kita harus tahu terlebih dahulu mengapa Kandri ini disebut sebagai Desa Wisata. Sejatinya yang dinamakan dengan Desa Wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata.

Melihat dari pengertian di atas, Desa Kandri ini juga memiliki karakteristik dari sebuah penamaan Desa Wisata tersebut. Dimana beberapa yang perlu kita ketahui tentang Desa Kandri ini adalah mengenai seni budaya tradisionalnya, dan juga potensi alamnya yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Desa Wisata Kandri

Desa Kandri berpenduduk sekitar 3,797 jiwa dengan mayoritas mata pencahariannya adalah sebagai petani. Di sini juga terdapat kerajinan batik, sulam, serta budidaya belut.

Desa Kandri letaknya berada di kecamatan Gunung Pati, berada di ujung barat kota Semarang. Letaknya yang berada di dataran tinggi, mempunyai hawa yang sejuk karena berada di dekat gunung Ungaran. Jika diakses menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang.

Desa Wisata Kandri juga memiliki obyek wisata yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal, yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang. Dari kedua obyek wisata tersebut, Goa Kreo adalah objek wisata yang konon masih berkaitan erat dengan cerita sejarah proses pembangunan Masjid Demak oleh Sunan Kalijaga. Sedangkan Waduk Jatibarang sendiri adalah waduk buatan yang memang sengaja dibentuk untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Kandri tersebut.

Desa Wisata Kandri

Sumber : Kompas Travel

Desa Wisata Kandri

Sumber : Desawisatakandri[dot]blogspot[dot]com

Seni Budaya tradisional adalah salah satu atraksi wisata yang diunggulkan di Desa Kandri ini selain dari potensi alamnya. Kegiatan memamerkan budaya tradisional ini juga menjadi perhatian bagi pemerintah setempat dengan terus melakukan pembinaan secara rutin untuk menggali kekayaan lokal yang bisa ditampilkan dalam sebuah acara pagelaran budaya ataupun bagi pengunjung wisata di Desa Kandri.

Desa Wisata Kandri ini mempunyai luas wilayah 245,490 ha. Dan terbagi menjadi 4 RW dan total ada 26 jumlah RT. Dari keempat RW tersebut mempunyai ciri khas nya masing-masing. Misalnya di RW I ada yang namanya wisata edukasi yang akan dijadikan sebagai kampung Inggris dan pendidikan alam. Sedangkan di RW II sebagai arena perkebunan yang dilengkapi dengan aneka buah. Dimana juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk outbond. Kemudian di RW III sebagai kawasan budaya, sebelumnya untuk pementasan kesenian berupa wayang kulit, wayang suket, ketoprak, jathilan, dan kesenian lesung. Sementara di RW IV yang banyak dihuni warung makanan khas berpotensi sebagai wisata kuliner, dengan aneka makan yang seirng dijual meliputi kripik kulit pisang dan nasi kera.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Kandri ini. Bisa diakses dari pusat Kota Semarang. Rutenya jika dari pusat Kota langsung saja menuju arah barat sampai di bundaran kalibanteng belok ke kiri. Ikuti terus saja jalannya ambil arah ke daerah Gunung Pati, lihat petunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan, nanti Anda akan sampai di lokasi.

Jika sudah sampai di sana atau bagi Anda yang sudah pernah berkunjung kesana, jangan sungkan untuk memberikan reviewnya dengan menuliskan komentar dibawah ini ya 😀

(Visited 5,699 times, 4 visits today)


About

Blogger, Goweser, Food Lover, Owner KeyshaSnack.com


'Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Desa Wisata Kandri Semarang' have 4 comments

  1. May 24, 2015 @ 11:12 am Hidayah Sulistyowati

    Selama ini cuma lewat aja kalo ke pemancingan Ngrembel, atau ke waduk. Padahal dekat banget sama waduk ya, abis ini deh dolan ke Kandri 😀

    Reply

  2. May 26, 2015 @ 10:16 am Slamet riyadi

    kalau untuk jadwal pementasannya ada info gak mas iyan?
    soalnya saya yang ada di gunungpati pun belum pernah ada rengeng reneng gitu untuk acaranya.
    tiap kali saya lewat sana juga begitu damai

    Reply

  3. December 6, 2016 @ 5:17 pm bambang supartono

    Insya Allah saya kesana ya , memantapkan niat, he he

    Reply

  4. December 14, 2016 @ 1:31 pm Aris

    Setiap hari kesitu, lha wong panggonane kono

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool