Museum Palagan

Mengenang Sejarah di Museum Palagan Ambarawa

Mengenang Sejarah di Museum Palagan Ambarawa
5 (100%) 1 vote

Jika Anda wisata ke Semarang, sempatkan juga untuk mengenang sejarah di Museum Palagan Ambarawa kabupaten Semarang. Tempatnya tak terlalu jauh dari Semarang kota. Hanya sekitar satu jam ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Tiket masuknya hanya Rp 4.000/orang di hari biasa dan Rp 5.000,- di hari libur. Murah meriah 🙂

Dalam museum Palagan terdapat Monumen Palagan yang merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember-15 Desember 1945 . Gambaran singkat sejarah pertempuran bisa dilihat pada relief yang dibuat pada dinding Monumen Palagan Ambarawa.

 

Museum Palagan Ambarawa

Menurut yang saya baca dari beberapa sumber, ketika itu pasukan Sekutu yang terdesak dari Magelang mengadakan pengunduran ke Ambarawa, dan pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945, dimana kini tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Infanteri.

Pertempuran di Ambarawa ini konon mempunyai arti penting. Karena letaknya yang sangat strategis. Apabila musuh menguasai Ambarawa mereka dapat mengancam tiga kota utama di Jawa Tengah yaitu Surakarta, Magelang, dan terutama Yogyakarta yang menjadi pusat kedudukan markas tertinggi TKR.

Monumen Palagan Ambarawa kemudian didirikan pada tahun 1973 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 15 Desember 1974.

Selain monumen Palagan, terdapat juga museum Isdiman yang berisi berbagai peninggalan bersejarah seperti seragam yang pernah dikenakan tentara Indonesia dan senjata yang pernah digunakan untuk berperang.

Di luar ruangan kita dapat menyaksikan sebuah kereta api kuno dengan lokomotif buatan Jerman pada tahun 1902. Ada juga truk kuno merek dodge buatan USA pada tahun 1941, mobil tank, dan beberapa meriam.

Museum Palagan Ambarawa

Yang tak kalah menarik perhatian adalah pesawat mustang P.51 (cocor merah), yang merupakan pesawat pemburu yang dilengkapi persenjataan rocket launcher sebanyak delapan buah dan bom dua buah.

Museum Palagan Ambarawa

Menurut catatan sejarah yang saya baca. Pesawat jenis ini merupakan jenis pesawat yang sama yang pernah digunakan pasukan sekutu. Termasuk pesawat yang sangat ditakuti namun TKR dengan persenjataan terbatas mampu menembak pesawat yang sampai sekarang masih tenggelam di rawa pening ini.

Museum ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan pula bagi anak-anak. Selain mereka dapat belajar sejarah Indonesia melalui peninggalan yang ada, tersedia juga wahana bermain yang menyenangkan seperti ayunan dan jembatan gantung. Dijamin anak-anak senang berlama-lama di sini.

Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan terletak di jalan Mgr. Soegiyopranoto, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00. Jika Anda masih mau melanjutkan acara jalan-jalan, setelah dari sini Anda dapat mengunjungi museum kereta api yang terletak tak jauh dari Museum Palagan Ambarawa. Selamat berwisata sejarah 🙂

(Visited 1,486 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Mengenang Sejarah di Museum Palagan Ambarawa' have 4 comments

  1. June 13, 2015 @ 7:18 am rita asmaraningsih

    Museum ini adalah tempat wisata sejarah ya Mbak… bagus juga mengajak anak2 utk memperkenalkan sejarah… di sini juga ada museum kereta api yang terkenal itu ya…

    Reply

    • June 14, 2015 @ 3:49 am Rahmi

      Ya betul mbak, museum kereta apai ngga jauh dari museum Palagan ini, bisa jalan2 naik kereta apinya juga melewati pemandangan yang indah 😉

      Reply

  2. June 14, 2015 @ 12:22 am Hidayah Sulistyowati

    Tempat yang asik buat belajar sejarah plus bersenang-senang nih 🙂

    Reply

    • June 23, 2015 @ 12:35 am Rahmi

      Betul mbak, aku cukup takjub waktu masuk ke dalam dan melihat ada area bermain yang lumayan banyak

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool