Tari Topeng Ayu di Desa Menari Tanon

Menghayati Tari Topeng Ayu di Desa Menari Tanon, Getasan Kabupaten Semarang

Sudah pernah dengar Desa Menari? Ya, kalau kalian berlibur ke Semarang, jangan lupa mampir ke desa yang unik ini. Desa menari Tanon disematkan untuk sebuah dusun kecil di kaki Gunung Telomoyo.  Tanon adalah sebuah dusun yang berada di Desa Ngrawan, Getasan, Kabupaten Semarang. Jaraknya sekitar 58 Km dari Kota Semarang.

Tari Topeng Ayu

Penari Cilik membawakan Tari Warok

Ketika kami berkunjung kesana, hilang sudah rasa lelah sekitar satu setengah jam perjalanan dari Kota Semarang untuk sampai ke desa ini. kami disuguhi wedang secang, minuman panas berwarna merah muda terbuat dari berbagai tumbuhan herbal. Sebagai teman nge-wedang, kami disuguhi getuk sawut, bakwan dan gorengan nikmat lainnya. Surga! Hehe.

Tari-tarian Dari Desa Menari Tanon, Getasan Semarang

Sambil menikmati wedang secang dan gorengan, para pemain gamelan bersiap di posisinya, mereka duduk di teras sebuah rumah yang dijadikan sanggar kesenian mereka. Tak lama, alunan gamelan membuai kami, serombongan anak usia SD-SMP dengan dandanan ala warok, kaos bergaris, celana hitam dan dandanan wajah sangar berkumis pun keluar dari dalam rumah dan mulai menarikan tari warok. Warok adalah salah satu penari dalam Reog Ponorogo.

Kami terbawa suasana, sejenak melupakan wedang secang dan gorengan yang mulai mendingin. Gerakannya kompak nian! Walau masih anak-anak gerakan mereka luwes dan meyakinkan penonton kalau mereka adalah warok yang berilmu tinggi.

“Merinding,” kata seorang fotografer yang ikut dalam rombongan kami.

Ya, tatapan mata anak-anak ini begitu tajam dan menghayati setiap gerakan yang mereka tarikan. Bermakna. Ya, inilah anak-anak Desa Tanon yang mem-branding diri mereka sebagai desa menari sejak tahun 2009.

Tari Topeng Ayu

Adalah Trisno, seorang penduduk asli Dusun Tanon yang kembali ke desanya setelah menyelesaikan kuliahnya di Surakarta. Ia sedih dengan keadaan desanya yang miskin. Rata-rata mata pencaharian penduduk desanya adalah bertani dan beternak. Penduduknya juga senang berkesenian secara berkelompok mulai dari karawitan dan ketoprak. Hingga berlatih berbagai tarian tradisional seperti tari topeng ayu.

Trisno, lelaki kelahiran Oktober 1981 ini jeli melihat peluang. Kenapa tidak ia kembangkan saja kegemaran berkesenian penduduk desanya untuk mengangkat derajat mereka? Maka dimulailah sebuah proyek yang bisa dibilang tak biasa. Trisno ingin menjadikan desanya sebagai desa wisata dimana pengunjung akan dihibur dengan berbagai jenis tarian dan kesenian.

Banyak orang yang merindukan kehangatan desa dengan penduduk yang guyub dan bergotong-royong. Apalagi orang kota yang penat dengan segala kemacetan, kesibukan dan hiruk-pikuk kota. Kembali ke desa adalah sebuah penyegaran hati dan pikiran. Banyak anak KKN dari berbagai kota yang selalu kembali menyambangi Dusun Tanon. Hanya untuk bermalam dan berbincang dengan warga desa.

“Rindu,”

Kerinduan dan betahnya anak-anak mahasiswa itu menjadi salah satu modal Trisno dan penduduk desa untuk berani memulai mimpinya. Suasana desa memang ngangeni.

Tari Topeng Ayu

Selain menikmati berbagai pertunjukan kesenian, kita bisa memilih berbagai paket yang ditawarkan oleh Trisno dan penduduk Dusun Tanon. Untuk anak-anak sekolah, kita bisa melihat proses pembuatan sabun susu yang merupakan produk andalan desa menari. Ya, mereka memanfaatkan potensi peternakan di desa tak hanya menghasilkan susu untuk diminum tapi juga berbagai produk olahan susu lainnya.

Ada juga paket homestay untuk para pengunjung yang ingin merasakan kehidupan pedesaan yang masih murni dan alami. Kita akan tinggal di rumah-rumah warga desa yang sederhana dan ikut serta dalam kegiatan mereka sehari-hari, ikut bertani dan beternak, berlatih kesenian bersama-sama. Menarikan tari warok, tari topeng ayu dan tarian lainnya.

Ada juga kegiatan berjalan-jalan ke Gunung Telomoyo dan menikmati air terjunnya yang indah. Berani bermimpi adalah modal seorang Trisno membangun desanya. Berkat kenekadannya, ia meraih berbagai penghargaan tingkat daerah maupun nasional. Tapi, ia tak berpuas diri, ia masih memiliki segudang mimpi untuk meningkatkan taraf hidup penduduk desanya.

Sebagai penutup, para anak muda Desa Menari Tanon membawakan tari Topeng Ayu yang tak kalah mengesankan dibanding tarian pertama. Dengan kostum dan rias wajah dekoratif yang menarik dan kerincingan di betis, mereka tampil memukau

Pertunjukan tari ini konon berawal sebagai bentuk perlawanan penduduk desa terhadap penjajah Belanda, mereka itulah, pertunjukannya dinamakan Tari Topeng Ireng. Karena kini tari topeng ditarikan pula oleh penari remaja perempuan, maka disebutlah tari Topeng Ayu. Walau perempuan, mereka mampu membawakan tarian ini dengan gagah dan lincah layaknya penari lelaki. Setelah itu, para penari dengan luwes mengajak penonton ikut menari dan merasakan sensasi gerak mengikuti irama gamelan yang menghentak. Pengalaman yang menarik untuk pengunjung.

Jadi, buat kalian yang berwisata ke Semarang dan ingin merasakan suasana pedesaan Jawa Tengah dan menikmati pertunjukan kesenian yang memukau, jangan lupa mampir ya bersama rombongan kamu di Desa Menari Tanon, Desa Ngrawan, Getasan Kabupaten Semarang. Untuk informasi lebih detail klik www.desawisatatanon.com.

Desa Menari Tanon
Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang
HP: 0813-2949-2255

Menghayati Tari Topeng Ayu di Desa Menari Tanon, Getasan Kabupaten Semarang
Vote Us
(Visited 663 times, 1 visits today)


About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Menghayati Tari Topeng Ayu di Desa Menari Tanon, Getasan Kabupaten Semarang' have 2 comments

  1. June 4, 2016 @ 10:58 am Maharani Aulia

    Dedew, ulasan yg menarik 🙂 makasih infonya ya Dew

    Reply

  2. June 4, 2016 @ 11:42 am Ika Puspitasari

    Mb Dew..ini ada setiap hari atau pas liburan doang? pengen ajak anak-anak kesana deh

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool