Pasar Klitikan

Mengulik Barang Antik di Pasar Klitikan Semarang

Kalau anda suka mengoleksi benda antik, saat liburan ke Semarang, sempatkan mampir di pasar Klitikan yang ada di kota lama. Klitikan adalah penggunaan bahasa untuk menyebut pernak-pernik benda antik atau barang bekas.
Pasar klitikan ini diberi nama Pasar Padang Rani, atau Paguyuban Pedagang Barang Seni. Terletak di jalan letjend Soeprapto dan dekat dengan beberapa hotel murah di kota Semarang. Dengan gereja Blendug hanya dipisahkan oleh Taman Sri Gunting. Lokasinya membujur dari selatan ke utara. Dinaungi dengan tenda semi permanen, barang-barang antic tersebut ditata untuk menarik minat kolektor seni.
Barang Antik di Semarang
Dahulu pasar klithikan ini hanya buka sebulan sekali yaitu pada hari jumat โ€“ minggu tiap minggu kedua. Setelah menjadi salah satu destinasi tempat wisata, sekarang pasar klithikan rutin dibuka tiap sabtu โ€“ minggu.

Di pasar ini anda bisa menemukan segala rupa barang antik. Mulai buku, komik, kamera jadul, seterika arang, lampu teplok, hingga motor tua.

Ada banyak ragam benda antik yang dijajakan. Bagi pengunjung yang tidak berniat membeli pun tak masalah. Boleh saja mampir dan sekedar cuci mata. Atau bisa juga bernostalgia, siapa tahu menemukan benda mirip kepunyaan nenek kita dulu. Sepeti tempat menumbuk sirih atau tusuk konde. Atau mungkin anda bakal menemukan barang jadul seperti berikut.

Barang Antik di Semarang

Beberapa benda antik yang masih terawat

Nah, adakah dari anda yang demam dengan batu akik? Ada juga lapak yang menggelar cincin dengan batu akiknya yang beragam warna. Siapa tahu anda menemukan perhiasan cincin dengan batu bacan di sini.

Stand Batu Akik Semarang

Stand Batu Akik

HOTEL MURAH DI SEMARANG

Bagi pengunjung yang lelah usai berbelanja atau sekedar cuci mata, bisa memilih beristirahat di taman Sri Gunting. Meski luas taman tak seberapa, namun taman ini sering menjadi tempat melepas penat. Dengan naungan beberapa pohon besar, cukup lah sebagai peneduh dari sengatan matahari. Ada juga bangku taman yang dibuat dari cor beton pada beberapa bagian. Di sini anda bisa berkenalan dengan anggota komunitas sepeda tua. Mereka dengan ramah bakal berbagi informasi seputar kota lama.

Bapak Pengjan yang Ramah

Bapak Pengjan yang Ramah

Bila lapar atau haus, ada beberapa pedagang makanan di lokasi taman. Gado-gado, es dawet, atau mi rebus tersedia dengan harga relatif murah. Bagi yang ingin menikmati gule, bisa memilih rumah makan di depan taman yang sudah sangat terkenal. Tapi bila ingin menikmati gule dengan harga yang ramah di kantong, bisa memilih warung yang ada di belakang gereja Blendug. Rasanya tak kalah juara dengan yang ditawarkan di rumah makan.

Mengulik Barang Antik di Pasar Klitikan Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 8,384 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Mengulik Barang Antik di Pasar Klitikan Semarang' have 21 comments

  1. March 12, 2015 @ 1:31 pm Inung Djuwari

    oooo tak kirain setiap hari ada mbak….

    Reply

    • March 12, 2015 @ 7:58 pm Hidayah Sulistyowati

      Jumat ampe minggu aja mbak, yuk kesini sambil nungguin semarjawi lewat ๐Ÿ™‚

      Reply

  2. March 12, 2015 @ 4:59 pm Yuni Andriyani

    Wah kelihatan asik nih buat wisata belanja barang-barang antik…

    Reply

    • March 12, 2015 @ 8:01 pm Hidayah Sulistyowati

      Yak betul mbak, apalagi kalo dapat benda antik dengan harga murah, makin asik tuh ๐Ÿ™‚

      Reply

  3. March 13, 2015 @ 5:11 am rahmiaziza

    Lucu2 ya mbaak barangnya, kalo mau jual barang antik di sini biga nggak ya?

    Reply

  4. March 13, 2015 @ 10:00 am pipit widya

    Sebagai wong Semarang asli, sy baru tau ttg pasar ini, mba.

    Reply

  5. March 13, 2015 @ 3:46 pm Dwi Pramono

    Pernah jalan-jalan ke sana selepas dari jalan-jalan ke Gallery Semarang (belum ada yang nulis, nih). Ternyata barang-barang antik begitu bisa berharga mahal juga ya…

    Reply

  6. March 14, 2015 @ 9:26 am Dewi 'Dedew' Rieka

    Alde waktu itu ngga mau pulang mba watiii….gara-gara di lapak banyak mainan hihihi

    Reply

  7. March 14, 2015 @ 6:15 pm atanasia rian

    Jogja juga ada pasar Klithikan, cuma gak ada taman kaya di semarang. saya dulu cuma numpang lahir disana jadi gak banyak tau dech semarang ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 21, 2015 @ 9:57 pm Hidayah Sulistyowati

      Pasar klitikan yg ini emang diperuntukkan wisata. Yg di lokasi lain di kota Senarang ada juga dan nggak ada tamannya ๐Ÿ™‚

      Reply

  8. March 24, 2015 @ 6:37 am anak nelayan

    wah pengen kesana, saya mau beli keris ๐Ÿ™‚

    Reply

  9. March 24, 2015 @ 7:06 am Salman Faris

    wah, ternyata semarang punya pasar barang-barang antik juga ya, keren banget

    Reply

    • March 24, 2015 @ 9:08 pm Hidayah Sulistyowati

      Udah lama ada sebenarnya di lokasi pasar Waru. Yang ini spesial untuk jjs wisatawan, agar lebih gampang nyarinya ๐Ÿ™‚

      Reply

      • May 18, 2015 @ 11:34 am bangtinus

        Pasar Waru alamatnya di mana ya mbak? lagi hunting kaca cembung jam fiag nih.. trims share infonya, manfaat banget.

        Reply

        • May 18, 2015 @ 3:11 pm Hidayah Sulistyowati

          Di Sawah Besar, jalan kaligawe, mas. Kalo dari arah timur, sebelum jembatan kaligawe, ambil belok kiri. Masuk jalan Sawah Besar, nanti tanya aja pd penduduk setempat. Dekat sih lokasinya, tapi kadang banjir krn jalan blm ditinggikan.

          Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool