Pabrik Tahu Serasi Bandungan

Menikmati Hangatnya Tahu Serasi di Bandungan

Menikmati Hangatnya Tahu Serasi di Bandungan
5 (100%) 2 votes

Jika sedang berlibur ke Semarang, sempatkan berwisata ke Kecamatan Bandungan.

Daerah dataran tinggi yang sejuk di Kabupaten Semarang. Menyerupai Puncak di Jawa Barat, Bandungan juga menjadi tempat istirahat untuk orang-orang dari Kota Semarang dan sekitarnya. Bandungan terkenal dengan kolam renang Umbul Sidomukti yang memiliki pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Ada pula Candi Gedong Songo yang indah dan cukup terpelihara. Bandungan terkenal sebagai daerah penghasil buah dan sayuran yang segar. Juga tahu dan susu kedelainya yang nikmat. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi di Bandungan adalah Pabrik Tahu Serasi.

Pabrik tahu ini merupakan pelopor produksi tahu di Bandungan. Ia juga cukup terkenal di kalangan wisatawan. Rasa tahu yang enak dan proses pembuatan juga terjamin kebersihannya. Tidak mengandung zat berbahaya seperti borax dan lainnya. Kita bisa nongkrong di pendopo beratap rumbia menikmati kesejukan udara pegunungan.

Sambil memesan minuman panas untuk menghangatkan badan seperti teh dan kopi panas. Apa saja cemilannya? Ada tahu dan tempe goreng yang menggugah selera. Fresh from the oven, eh tahu mah nggak dioven ya. Hehe.

Jika penasaran ingin mengetahui proses pembuatan tahu yang kita makan, silakan saja masuk ke bangunan terbuka pabrik tahu. Ada beberapa rak untuk memajang cemilan khas Bandungan yang dijual. Seperti keripik tahu, dan lainnya. Nah, dibelakang rak, disitulah proses pembuatan tahu Serasi.

Proses bikin tahu serasi bandungan

proses pembuatan tahu disaksikan anak-anak TK

Nampak beberapa pekerja sibuk membuat tahu. Mulai dari membersihkan kedelai, merebus air kedelai di tungku raksasa hingga membungkus tahu dengan kain dan menggencetnya dengan pemberat, agar membentuk segi empat yang rapi.

Kompor raksasa tahu bandungan

kedelai direbus di tungku raksasa

Prosesnya bisa kita lihat langsung lho. Jadi, bisa disaksikan kalau mereka tidak memakai bahan pengawet di dalam makanan yang mereka buat. Ampas tahu yang ada, tidak dibuang tapi dijadikan makanan ternak atau malah jadi gembus, jadi cemilan juga.

santap tahu bandungan

menikmati tahu goreng dan susu kedelai di pabrik tahu seras

Proses pembuatan tahu ini tak hanya menarik untuk orang dewasa. Pabrik ini kerap dijadikan wisata pendidikan untuk anak-anak sekolah. belajar bagaimana proses pembuatan tahu yang sering kita nikmati mulai dari kedelai. Menambah ilmu pengetahuan anak-anak.

tahu bandungan

Tahu serasi bandungan tahu foto: panduanwisata[dot]id

Yuk, kalau berwisata ke Semarang, jangan lupa mampir ke Bandungan dan menikmati nikmatnya tahu Serasi.

(Visited 1,485 times, 1 visits today)


About

Penulis serial Anak Kos Dodol. Bercita-cita melanglang buana dari menulis.


'Menikmati Hangatnya Tahu Serasi di Bandungan' have 5 comments

  1. May 5, 2015 @ 2:39 pm Dwi Pramono

    “Sambil memesan minuman panas untuk menghangatkan badan seperti teh dan kopi panas… “Kok susu kedelai nggak disebut? #protes 🙂

    Reply

  2. May 5, 2015 @ 3:09 pm Sriyono Suke

    Yak banyak banyak makan tahu serasi biar makin serasi… hhh….

    Reply

  3. May 5, 2015 @ 3:38 pm Inung Djuwari

    kiriiimiiiin ke aku makdew……. 😀

    Reply

  4. February 2, 2016 @ 10:35 pm farhan

    Salam sejahtera,
    Saya Far dari RekaTeknik Magelang (081328133337) ingin berbagi informasi yang kiranya sangat bermanfaat untuk perusahaan bapak/ibu. Sebagai produsen dan pembuat mesin industri saya ingin berbagi informasi tentang mesin pembuat tahu bulat yang kami buat.

    https://www.facebook.com/RekaTeknikMagelang/

    https://www.youtube.com/watch?v=o5EErsMA1sg

    Terimakasih, Salam sejahtera

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool