Menikmati Pagelaran Seni dan Budaya di Gedung Kesenian Sobokartti Semarang

Halo Ezytravelers, adakah yang suka menikmati pagelaran seni dan budaya di Gedung Kesenian Sobokartti Semarang?

Gedung Sobokartti Semarang. Namanya memang tidak sepopuler bangunan bersejarah lainnya seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, atau Gedung Marabunta. Akan tetapi tempat ini tidak kalah menariknya lho. Apalagi karena di sini banyak kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya seperti karawitan, pedalangan, dan tari tradisional.

Sobokartti Semarang

Gedung Kesenian Sobokartti. Foto: Johanis A

Pembentukan Volkskunstvereeneging Sobokartti di Semarang digagas oleh beberapa tokoh kebudayaan di awal abad ke 20. Dirancang dan dibangun oleh Henry Thomas Karsten  yang memadukan konsep seni pertunjukan Jawa yang biasa dipentaskan di pendopo dengan konsep pementasan teater barat.

Ketika itu, tengah terjadi proses demokratisasi keraton-keraton Jawa, salah satunya berupa diijinkannya kesenian keraton (yang semula eksklusif untuk lingkungan keraton) diajarkan dan digelar di luar dinding keraton yang dipelopori oleh perkumpulan Kridha Beksa Wirama di Yogyakarta pada 1918.

Nilai arsitektur yang unggul dari Gedung Sobokartti Semarang adalah sistem sirkulasi udara dan sistem pencahayaan yang sangat baik. Selain itu sistem akustik yang dimilikinya juga sangat unik karena tanpa sound reinfocement system (sistem penguatan bunyi) akustik di gedung ini dapat menghasilkan suara yang sangat bagus.

Pada Pertempuran Lima Hari di Semarang, Gedung Sobokartti menjadi saksi keberanian pemuda-pemuda Semarang. Delapan belas pemuda gugur di sana ketika berusaha merebut senjata dari tentara Jepang yang menjadikan Sobokartti markas mereka. Jenazah mereka dikuburkan dalam satu lubang di halaman gedung, tapi pada 1960 dua belas jenazah dipindahkan ke Taman Makan Pahlawan Giri Tunggal Semarang sebagai ”Pahlawan Tidak Dikenal” sedang enam jenazah dimakamkan kembali oleh keluarga mereka.

Pada tahun 1950-an gedung ini pernah digunakan untuk sebuah sekolah tinggi yang dipimpin dr.Paryono tetapi fungsinya sebagai tempat pertunjukan dan pelatihan seni tradisional melekat hingga saat ini.

Hari Minggu kemarin, saya mencoba datang ke Sobokartti ingin melihat aktivitas seni budaya yang sedang berlangsung di sana.

latihan menari di Sobokartti Semarang

Anak-anak latihan menari di Sobokartti Semarang

Ternyata, saat itu sedang ada latihan menari untuk anak-anak. Thifa, anak saya sangat antusias melihat kawan-kawan sebayanya latihan menari, dan katanya ingin ikut latihan juga.

Sayapun lantas mencari tahu tentang pelatihan seni dan budaya yang diselenggarakan di Gedung Sobokartti ini. Dan berikut info terbaru jadwal latihan menari, karawitan, dan pedhalangan di Sobokartti Semarang.

Hari Selasa

Pukul 16.00-19.00 latihan tari dewasa

Hari Rabu

Pukul 15.30-18.00 latihan tari anak

Hari Jumat

Pukul 15.30-18.00 latihan tari anak pemula

Hari Minggu

Dimulai pukul 09.00 latihan tari rutin anak-anak (usia 3-10th) dilanjutkan tari anak usia 11-14th pada pukul 10.30 di dalam gedung

Latihan tari dewasa berlangsung pukul 10.00-12.00 di Pendopo Sobokartti.

Pukul 15.00-18.00 latihan karawitan dilanjutkan latihan pedalangan anak.

Biaya latihan menari pun bisa dibilang cukup terjangkau. Tari anak biayanya hanya Rp.50.000 untuk delapan kali pertemuan tiap bulannya. Sementara latihan pedalangan Rp.100.000 untuk empat kali pertemuan sebulan.

Oya pada tanggal 23-27 April besok akan diselenggarakan Festival Sobokartti 2017. Kegatan ini merupakan yang keduakalinya diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang bekerjasama dengan Perkumpulan Gedung Cagar Budaya dan Seni Budaya Sobokartti.

Saatnya explore Semarang! Ambil promo Tiket pesawat ke Semarang dan Hotel di Semarang yang murah banget. Bisa juga nih kalau mau tour murah keliling dunia, cek di: Paket tour murah

Pada kegiatan ini digelar berbagai macam lomba yaitu lomba dalang, lomba tari, lomba nyungging wayang, dan lomba foto. Masyarakat umum diperkenankan menonton tanpa dipungut biaya alias gratis.

Rencananya acara Festival Sobokartti juga akan diisi dengan penampilan komunitas “Nang Nok” yang akan menampilkan tari Semarangan dengan iringan Gambang Semarang live dan guyonan Semarangan dilanjutkan penampilan dalang senior Ki Paryadi.

Bagi yang tertarik mengikuti lomba bisa mendaftar ke sekretariat Gedung Sobokartti di Jalan Dr.Cipto 31-11 Semarang dengan narahubung Bp.Sutrisno 081225500166 atau 085713149916.

Waah sepertinya bakal menarik banget nih teman-teman, jadi jangan lupa lingkari kalender di tanggal 23-27 April 2017 untuk turut meramaikan Festival Sobokartti 2017 ya…

Menikmati Pagelaran Seni dan Budaya di Gedung Kesenian Sobokartti Semarang
5 (100%) 1 vote
(Visited 149 times, 1 visits today)


About

Ibu dua anak, blogger, penulis komik Mak Irits dan #DiaryMamaMie


'Menikmati Pagelaran Seni dan Budaya di Gedung Kesenian Sobokartti Semarang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool