Menikmati Pesona Curug Sewu, Kabupaten Kendal

Vote Us

Halo  Ezytravelers, di sekitar Kota Semarang terdapat beberapa air terjun atau curug yang mesti dikunjungi. Setiap curug memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Curug Sewu yang terletak di Kabupaten Kendal.

Curug Sewu memiliki ketinggian sekitar 80 meter yang terdiri dari tiga tingkat dan merupakan salah satu curug atau air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Curug Sewu memiliki debit air yang deras dan tebing yang lebar. Oleh karena itu, pengunjung dilarang untuk mandi di bawah curug. Karena derasnya air yang jatuh, seringkali menciptakan pelangi di beberapa sudut curug.

Obyek wisata Curug Sewu terletak di desa Curug Sewu, Patean, Kabupaten Kendal. Jika Ezytravelers dari Kota Semarang, kalian bisa melalui Kecamatan Weleri dengan melewati jalur pantura Semarang-Kendal dan Kabupaten Kendal. Atau bisa melalui Kecamatan Boja, kabupaten Kendal. Dari kota Semarang, perjalanan menuju curug bisa ditempuh ditempuh dalam waktu 2 jam. Untuk menuju ke sini bisa menggunakan angkutan umum (bus dan angkot). Namun, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Ezytravelers tidak akan merasa bosan selama perjalanan karena banyak hal yang akan ditemui selama perjalanan jika melalui Kecamatan Boja. Selain pemandangan perbukitan, kalian bisa melihat area persawahan, kehidupan warga desa, dan beberapa area perkebunan. Seperti perkebunan cengkeh, jagung, karet, jagung dan buah-buahan (buah naga, pepaya, jambu, dan melon). Hembusan angin, udara yang tidak panas, kualitas jalan yang bagus, dan suasana yang tidak ramai akan menemani kalian selama perjalanan menuju Curug Sewu.

Sejak tahun 2002, obyek wisata Curug Sewu dikelola oleh dua pihak, yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kendal dan Perhutani KPH Kendal. Pihak Disbudpar Kabupaten Kendal mengelola area yang ada di sekitar curug. Sedangkan untuk wilayah curug dan hutan wisata dikelola oleh Perhutani KPH Kendal. Untuk memasuki kawasan obyek wisata Curug Sewu, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.200/ orang. Itu sudah termasuk asuransi sebesar Rp 200. Sedangkan untuk bisa melihat curug lebih dekat, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang. Jam buka obyek wisata Curug Sewu adalah pukul 08:00 – 17:30 WIB.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, objek wisata Curug Sewu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelengkap, seperti gardu pandang, toilet, mushola, warung, gazebo, taman bermain, pendopo, area kemping, kebun binatang mini, dan kolam renang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kebun kopi dan hutan wisata yang dihuni oleh ratusan kera.

Bagi pengunjung yang ingin memasuki area kebun binatang mini diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Kebun binatang mini memiliki beberapa koleksi hewan, seperti burung, kera, ular dan rusa. Sedangkan untuk memasuki area kolam renang, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000/orang untuk hari biasa dan Rp 10.000/orang untuk hari minggu dan hari libur.

Gardu pandang menjadi lokasi favorit pengunjung untuk menikmati pemandangan Curug Sewu. Pemandangan curug terlihat sangat jelas dari gardu pandang. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan berupa barisan perbukitan dan perkebunan yang ada di kabupaten Kendal dan sekitarnya. Lingkungan objek wisata sangat asri dan teduh. Beberapa pemilik warung memanfaatkan hal tersebut dengan menyediakan tempat lesehan dibawah teduhnya pohon. Menunya pun sangat bervariasi. Mulai dari mi ayam, bakso, soto, nasi rames, mi goreng, bakmi jowo, nasi goreng, nasi gudeg, pecel, gado-gado, kupat tahu, ayam goreng, lele goreng, hingga es kelapa muda.

Curug Sewu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Baik bersama teman, maupun bersama keluarga. Obyek wisata ini memiliki lokasi dan akses yang mudah dijangkau, kondisi jalan yang baik, fasilitas yang lengkap dan nyaman, pemandangan yang bagus dan lingkungan yang asri nan teduh. Hal ini menjadikan obyek wisata Curug Sewu sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Kendal. Pengunjung tidak hanya dari Kabupaten Kendal, namun juga dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Pekalongan, dan Pemalang. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan jasa gathering, camping, outing, outbound dan nature education.

Obyek Wisata Curug Sewu
Pengelola: Disbudpar Kabupaten Kendal dan Perhutani KPH Kendal
Alamat: Desa Curug Sewu, Patean, Kabupaten Kendal
Jam Buka: Pukul 08:00 – 17:30 WIB
Tiket Masuk:

  1. Obyek Wisata: Rp 5.200/orang
  2. Curug Sewu: Rp 4.000/orang
  3. Kebun Binatang Mini: Rp 5.000/orang
  4. Kolam Renang: Rp 7.000/orang (Hari Biasa) atau Rp 10.000/orang (Hari Minggu/ Libur)
Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel murah di Semarang, paket wisata murah, dan tiket pesawat Semarang
(Visited 219 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Menikmati Pesona Curug Sewu, Kabupaten Kendal' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool