Menikmati Secangkir Teh di Rumah Teh Ndoro Donker

Menikmati Secangkir Teh di Rumah Teh Ndoro Donker
3 (60%) 2 votes

Dear Ezytravelers, Rumah Teh Ndoro Donker bisa menjadi salah satu pilihan tempat beristirahat setelah puas berkeliling Kebun Teh Kemuning dan Candi Cetho. Beberapa rumah makan dan rumah teh telah kami lalui dan pilihan kami jatuh pada Rumah Teh Ndoro Donker. Karena tempat ini tempat ini menyajikan berbagai varian rasa teh dan menawarkan pemandangan berupa hamparan Kebun Teh Kemuning. Bentuk bangunan bercat putih dan memiliki gaya arsitektur Belanda ini juga membuat kami untuk singgah sejenak dan menikmati udara sejuk di area Kebun Teh Kemuning.

Rumah Teh Ndoro Donker terletak di Jalan Afdeling Kemuning No. 18, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Rumah teh ini masih terletak di kawasan Kebun Teh Kemuning. Rute untuk menuju ke sini juga sangat mudah. Kita tinggal mengikuti petunjuk arah ke Candi Cetho. Nah, ketika kita memasuki area Kebun Teh Kemuning, lokasinya terletak beberapa ratus meter lagi. Rumah teh ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1.5 jam perjalanan dari kota Solo. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi ketika berkunjung ke sini.

Menurut cerita, Donker merupakan seorang botanist kelahiran Belanda. Beliau dikirim ke daerah Kemuning untuk membuat daerah perkebunan. Selain itu, beliau juga mengajarkan kepada warga Kemuning tentang cara menanam tanaman yang benar. Atas jasanya itu, Donker sangat dihormati dan dicintai oleh masyarakat Kemuning. Hingga akhirnya Donker meninggal di Kemuning. Sedangkan “Ndoro” merupakan panggilan untuk seorang tuan atau seseorang yang dihormati.

Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker

Bangunan Rumah Teh Ndoro Donker dulunya merupakan rumah kepala perkebunan teh Kemuning yang dibangun pada tahun 1700-an. Bentuk dan arsitektur bangunan tidak mengubah bentuk aslinya meskipun beberapa sudut bangunan telah direnovasi dan diperluas. Bangunan rumah teh terdiri dari dua bagian, yaitu bagian indoor dan outdoor. Di bagian indoor, pengunjung bisa menikmati teh sambil melihat berbagai pernak-pernik yang menghiasi Rumah Teh Ndoro Donker. Sedangkan di bagian outdoor, pengunjung bisa menikmati secangkir teh sambil melihat hamparan Kebun Teh Kemuning.

Pemandangan kebun teh di Rumah Teh Ndoro Donker

Pemandangan kebun teh di Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker menyediakan berbagai teh dengan varian rasa, seperti teh rasa jasmine tea, green tea, orange tea, lemon tea, peach tea, ocha tea, mint tea, chinese tea, white tea, blackcurrant tea, dan blueberry tea. Minuman teh dijual dalam ukuran per cangkir atau per teko. Harga bervariasi, tergantung jenis varian teh yang dipesan. Selain teh, rumah teh ini juga menjual aneka makanan dan camilan. Siang itu, kami memesan satu teko blackcurrant tea. Rasa blackcurrant dan rasa tehnya sangat seimbang. Sungguh pengalaman berharga, bisa menikmati secangkir teh sambil menikmati pemandangan hamparan kebun teh.

Blackcurrant tea

Blackcurrant tea

Sedangkan untuk makanan kami memesan menu Ayam Donker, Sup Iga dan Nasi Goreng.  Ayam Donker-nya rasanya sangat enak, Juaraa..!!! Ayam goreng sangat enak dan dagingnya empuk. Pedasnya sambal  mampu menggoyang lidah. Namun, menurutku porsi nasi putih dan sambalnya kurang banyak. Untuk camilan kita memesan kentang goreng dan ubi donker. Menu makanan yang ditawarkan di Rumah Teh Ndoro Donker sangat bervariasi, cukup enak, dan nyaman dilidah. Harga yang ditawarkan cukup murah dan bervariasi.

Ayam Donker

Ayam Donker

Rumah Teh Ndoro Donker buka setiap hari mulai pukul 10:00-19:00 dan selalu ramai dengan pengunjung. Apalagi ketika akhir pekan dan liburan panjang, kalian bisa antri untuk mendapatkan tempat duduk. Rumah teh ini tidak menerima pemesanan tempat untuk akhir pekan atau hari libur.

 

Rumah Teh Ndoro Donker sangat cocok untuk menikmati secangkir teh bersama keluarga atau teman. Kapan lagi bisa menikmati secangkir teh bersama keluarga atau teman sambil menikmati pemandangan hamparan kebun teh. Di sini juga disediakan gardu pandang untuk menikmati pemandangan kebun teh. Di indoor, disediakan juga spot-spot untuk berfoto bersama. Rumah teh ini juga menjual beberapa produk teh, camilan, dan pernak-pernik sebagai oleh-oleh. Konsep kedai teh di tengah perkebunan teh menjadikan Rumah Teh Ndoro Donker sangat menarik untuk dikunjungi. Sambil ngeteh kita bisa menikmati kebun teh dan udara yang masih sejuk.

Ayo ngeteh di Rumah Teh Ndoro Donker..!!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Cari hotel di Semarang, promo menarik, dan tiket murah ke Semarang
(Visited 120 times, 1 visits today)


About

Traveller, Travel Blogger


'Menikmati Secangkir Teh di Rumah Teh Ndoro Donker' have 2 comments

  1. January 2, 2017 @ 11:21 am Dewi 'Dedew' Rieka

    Pernah ke kebun teh kemuning tapi tak mampir disini huhuhu piluuu

    Reply

    • January 3, 2017 @ 1:15 pm Rivai Hidayat

      kebun teh kemuning dan rumah teh ndoro donker itu satu paket kunjungan mbak dewi 😀

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool