Menikmati Suasana Asri Saat bersantap di Waroeng Joglo Rini di Salatiga

Halo Ezytravelers, semoga sehat ya semuanya. Adakah yang pengen menikmati suasana asri saat bersantap? Yuk, kulineran di Waroeng Joglo Rini di Salatiga. Katanya di sana nggak sekedar makan, namun juga bisa wisata dengan menikmati suasana alam pegunungan yang masih asri. Bikin kerasan deh kalo bersantap sambil menatap pemandangan gunung dengan sawah yang menghijau. Waroeng Joglo Rini sebenarnya tidak terletak di pinggir jalan besar. Tempatnya tersembunyi di tengah kawasan pemukiman dan dekat dengan persawahan. Namun dengan lokasi istimewa seperti ini, justru menambah minat pengunjung. Masuk ke lokasi parkir, kita sudah disambut dengan penampakan fasad depan berupa rumah joglo. Njawani banget deh, dan bikin saya jadi penasaran. Kalau dari Semarang, Ezytravelers bisa masuk dulu ke kota Salatiga. Gampang kok cari lokasinya, masuk saja ke Jalan Imam Bonjol dan ambil arah lurus mengikuti jalan tersebut. Nanti ada pertigaan dengan papan petunjuk arah menuju Waroeng Joglo Rini di sisi kanan jalan. Kalo bingung, tanya saja warga setempat.

Mau wisata kulineran di Semarang? baca dulu artikel ini : Mampir Makan Sambel Tumpang Kalo Jalan-jalan Ke Boyolali

Ramadan lalu saya sebenarnya sudah ingin mengadakan acara buka puasa bersama di Joglo Rini bareng keluarga besar pak suami. Sayangnya begitu mobil memasuki lahan parkir, sudah langsung mendapat penolakan. Hahahaa, iya nih, penolakan yang bikin baper. Karena ternyata tempat makan mereka udah full booked. FYI, tempat makan di Waroeng Joglo Rini lumayan luas, dan terbagi dalam beberapa ruang yang terpisah. Saking ngehitsnya tempat ini, tiap kali jam buka puasa selalu padat oleh pengunjung. Jangan harap bisa bikin acara buka puasa puasa bersama tanpa pesan tempat dulu. Waroeng Joglo Rini

Suatu kali saya punya acara di Jogja dan diantar pak suami sama anak-anak. Pulangnya mereka bertiga mampir kulineran di Waroeng Joglo Rini. Bayangkan perasaan saya mendengar cerita anak-anak yang heboh dengan suasana tempat makan tersebut. Makin mupeng deh saya dan benar-benar makin baper. Senangnya ketika keinginan kulineran di Waroeng Joglo Rini terwujud pekan lalu. Pulang dari ngintil kerja pak suami, kami pun memilih makan siang yang agak terlambat di sana. Memasuki tempat makan itu, saya langsung aja menuju lokasi meja yang dekat dengan area persawahan. Pokoknya mesti dapat meja yang menghadap sawah dengan latar belakang pegunungan. Asyik kan menikmati makanan sambil memandang deretan pohon dan sawah yang menghijau.

Waroeng Joglo Rini

Seperti umumnya tempat makan dengan mengusung tema masakan Indonesia, Waroeng Joglo Rini menyajikan Menu Reguler yang komplit. Dari Soto, Gado-Gado, Tahu Guling, Lotek, hingga Ayam Goreng. Serba bakaran juga ada, seperti Ayam Bakar, beragam Ikan bakar, sayuran dan tumisan, hingga Nasi Goreng. Menu spesial dari Waroeng Joglo Rini adalah bermacam masakan Iga Sapi. Katanya ini menu andalan, dan suami langsung memilihnya. Apa aja sih menu spesial dari tempat makan ini? Ada Iga Bakar, Iga Gongso, Iga Penyet, Rica-Rica Iga, Asem-Asem Iga, Sop Iga, Tongseng Iga, dan Iga Goreng. Suami pun memilih Iga Bakar, kuliner favorit kami serumah. Harganya? Standar lah, seperti tempat makan Iga lain yang udah pernah kami datangi. Dan, ini lah penampilan Iga Bakar pesanan pak suami.

Waroeng Joglo Rini

Gimana rasanya? Kata pak suami sih enak banget. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke bagian yang dekat dengan tulang. Cuma kalo saya lihat dan membandingkan dengan tempat makan lain, di sini daging Iganya kurang banyak. Apalagi harganya lebih mahal dibanding tempat makan lainnya. Trus sambal pelengkapnya pedas banget. Bikin berkeringat saking pedasnya. Nah, yuk saya ceritakan pesanan kami yang lainnya. Karena pengen ngemil dulu, kami memilih Tahu Genjrot. Eh, kok nulisnya di daftar menu Tahu Genjrot ya? Hehee, setahu saya kulier dari kota Cirebon ini namanya Tahu Gejrot. Ah, udah lah, mending dinikmati aja. Waroeng Joglo Rini

Tahu Genjrot pesanan kami disajikan di dalam piring cekung. Isinya berupa potongan tahu namun tidak digejrot. Saya pernah membeli Tahu Gejrot di tempat lain, dan tahunya jadi pecah karena digejrot pakai ulegan. Nah, di sini tampilannya seperti berikut ini. Ada irisan tahu, irisan tomat segar, dengan kuah gula dan taburan bawang goreng. Kuahnya menurut saya kurang pedas. Akhirnya agar makin sedap, saya tambahkan sambel dari menu Iga Bakar. Benar juga, ternyata rasanya makin joss. Hahahaa. Menu utama saya adalah Ayam Bakar dan Sayur Asem. Ayam Bakarnya komplit dengan sambal yang enak dan lalapan. Sambalnya enak beneran. Cocok dipadukan dengan daging ayam yang empuk. Apalagi bumbunya meresap hingga berasa sampai ke tulang. Eh, tapi tulangnya enggak saya makan loh. Cuma disesap aja, ketika menggigit daging ayamnya yang empuk. Waroeng Joglo Rini

Sementara Sayur Asem yang disajikan dalam mangkok sedang, kuahnya bening. Isi sayuran seperti umumnya lah. Ada kacang panjang, jagung manis, terong, labu siam, tomat, dan kacang tanah. Saya sangat suka kalo Sayur Asem menggunakan kacang tanah sebagai pelengkap sayuran lainnya. Rasanya segar, asem, namun sayangnya enggak pedas. Malah kuahnya terasa manis. Jadi, seperti Tahu Genjrot, saya pun menambahkan sambal dari sisa sambal di Iga Bakar. Begitu ditambahkan sambal yang pedas tadi, makin seger deh rasa kuah Sayur Asem ini.

Waroeng Joglo Rini

Waroeng Joglo Rini terletak di Jalan Mawar, Sidorejo, Sidorejo Lor, Salatiga. Bagi yang suka selfie, pasti bakal kumat deh narsisnya. Saya aja perlu berjalan-jalan di pematang sawah dengan pak suami yang dapat mandat jadi tukang foto. Tumben dia mau foto-foto saya sampai beberapa kali. Kayaknya terbawa suasana alam yang berudara sejuk, perut kenyang, sambil bujukan saya yang manis, hahahaa.

Waroeng Joglo Rini

Puas deh saya foto-foto narsis di Waroeng Joglo Rini!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel Semarang, tour murah, dan tiket pesawat Semarang

Nah, kalau kalian penasaran dengan suasana tempat makan yang asri, bisa loh datang kemari. Trus foto-foto deh dibanyakin di gazebo, atau di pematang sawahnya. Yuk Ezytravelers, nikmati santap di Waroeng Joglo Rini sambil memandang sawah dan gunung yang bikin adem mata. See u ther

Menikmati Suasana Asri Saat bersantap di Waroeng Joglo Rini di Salatiga
5 (100%) 1 vote
(Visited 346 times, 1 visits today)


About

Ibu dua remaja cowok yang suka jalan dan gila baca


'Menikmati Suasana Asri Saat bersantap di Waroeng Joglo Rini di Salatiga' have 1 comment

  1. January 3, 2017 @ 11:20 pm Vety Fakhrudin

    Tempatnya nyaman banget ya mbak…baru ke semarang sekali udah lama banget, kayaknya next kalo bisa ke semarang pengen nyobain tempat makan ini

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2017 HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool