Menikmati Sunrise Dari Ketinggian 1200 MDPL

Sering kali kita bingung mau liburan dimana di Semarang ini? Tempatnya itu-itu saja dan yang sering menjadi pertanyaan, apa ada tempat yang bagus untuk liburan di Semarang? Menurut saya bagus tidaknya itu relatif, tergantung bagaimana cara kita memandang saja. Karena menurut kita bagus atau menarik, belum tentu orang lain menilai hal yang sama dengan kita.

Ada satu tempat yang menurut saya bagus di selatan Kota Semarang tepatnya di daerah Bandungan, Kabupaten Semarang. Nama Bandungan pasti sudah tidak asing bagi Anda, karena daerah pegunungan ini berhawa dingin kontras dengan Kota Semarang yang panas. Berjarak sekitar 45 km dari Kota Semarang, dapat ditempuh dalam waktu 45 โ€“ 60 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun bus umum.

Kalau Anda sedang menginap di hotel murah di Semarang atau tepatnya di kawasan Bandungan, tempat ini saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Bila tidak menginap di daerah Bandungan pun Anda bisa sempatkan waktu untuk bangun lebih pagi dari biasanya dan meluncur ke daerah ini. Kalau pagi-pagi tentu tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Anda harus membawa kendaraan pribadi. Dan memang untuk menuju lokasi ini juga tidak ada kendaraan umum. Kendaraan umum hanya sampai Pasar Jimbaran saja, selanjutnya Anda harus jalan kaki ๐Ÿ˜€ย  Tetapi jangan khawatir bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri tidak akan mendaki dengan jalan kaki. Mobil atau motor bisa naik ke lokasi. Walau jalan sudah dibeton tetap harus hati-hati, karena jalan sempit dan kadang berkabut.

Kabut Bandungan Semarang

Jalan yang cukup dilewati hanya 1 mobil saja

HOTEL DI SEMARANG

Untuk menuju lokasi ini, dari Semarang arahkan saja kendaraan Anda menuju jalan raya Solo/Jogja. Sampai di pom bensin Lemah Abang, di seberang jalan Anda akan menemukan gapura bertuliskan wisata Bandungan. Masuklah ke jalan tersebut menuju Bandungan, sampai di Pasar Jimbaran. Di sisi kanan Pasar Jimbaran ada gapura Sidomukti. Anda masuk saja ke jalan yang menanjak dari gapura tersebut dan ikuti arah menuju Kawasan Wisata Sidomukti. Sampai di Umbul Sidomukti, Anda masih harus menanjak lagi sekitar 10 menit perjalanan dan jangan lupa untuk membayar bea masuk kawasan wisata sebesar Rp. 4000,00 per orang. Oiya, kalau masih pagi buta gerbang masuk tidak ada penjaganya, jadi bisa masuk tanpa membayar ๐Ÿ˜€

Di atas Umbul Sidomukti ini terdapat sebuah kedai kopi yang letaknya dilereng Gunung Ungaran dan berda si ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut (mdpl).ย  Kedai yang dimaksud bernama Pondok Kopi. Dari pintu gerbang masuk kawasan wisata tersebut, bangunan kedai tersebut sudah mulai nampak. Bila masuk ke kawasan tersebut harus memperhatikan penunjuk arah keluar masuk lokasi. Untuk arah masuk dan keluar dibedakan. Jalan juga hanya cukup untuk satu mobil.

Datanglah pagi-pagi saat matahari akan terbit. Saya sarankan paling lambat jam 05.00 sudah berada di lokasi. Walaupun kedai tersebut belum dibuka untuk umum, karena baru buka jam 08.00 pagi, kita tetap bisa masuk ke area kedai tersebut. Diluar kedai tentunya. Kita bisa memilih tempat dimana view yang bagus untuk menikmati keindahan alam saat matahari terbit, tanpa bersusah payah untuk mendaki gunung. Jadi buat Anda yang tidak biasa naik gunung, jangan takut untuk datang ke tempat ini.

Sunrise from 1200 MDPL

Sunrise from 1200 MDPL – Foto koleksi Yudantara Rizky

Sunrise di Semarang

Pemandangan Matahari Terbit – Foto Koleksi Yudantara Rizky

Selain dapat menyaksikan matahari terbit, pemandangan kota Semarang dan Ungaran juga akan terlihat dari atas. Dikejauhan Rawa Pening pun akan nampak. Jadi tak ada salahnya sesekali mendaki gunung tanpa perlu memanjat.

Pemandangan Gunung di Semarang

View dari luar kedai

Rawa Pening Semarang

View Rawa Pening dari atas

Bagi penggemar fotografi, tempat ini juga recommended untuk Anda kunjungi. Banyak spot bagus untuk Anda membidikkan kamera. Dan yang lebih penting adalah rasa syukur kepada Tuhan akan selalu kita panjatkan karena lukisan-NYA begitu indah dapat kita nikmati.

Menikmati Sunrise Dari Ketinggian 1200 MDPL
4.3 (86.67%) 3 votes
(Visited 7,928 times, 5 visits today)



'Menikmati Sunrise Dari Ketinggian 1200 MDPL' have 14 comments

  1. March 19, 2015 @ 10:25 am Abi Yudhie

    ู…ุง ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ Kereeeennnn jauh ndak dari Kota Semarang?

    Reply

    • March 19, 2015 @ 11:29 am Inung Djuwari

      Arah ke Bandungan mas Yudhie, sekitar 45 km dari Kota Semarang.
      Saya naik motor maksudnya bonceng teman naik motor sekitar 45 menit, jalan 60-80km/jam.
      Disitu juga ada cottagenya.

      Reply

  2. March 19, 2015 @ 10:47 am Hidayah Sulistyowati

    Subhannallah… view nya itu loh, berangkat jam berapa dari rumah mbak?

    Reply

    • March 19, 2015 @ 11:34 am Inung Djuwari

      Waktu kesana aku berangkat habis subuh mbak jam 04.30, alhasil kesiangannn….. Dapat golden sunrise-nya di jalan. Sampai atas jam 05.15 sudah kesiangannn :'(

      Reply

  3. March 19, 2015 @ 11:57 am rahmiaziza

    Wiih apik mbaa, berkabut yaa

    Reply

    • March 23, 2015 @ 11:07 am Inung Djuwari

      iya mak Rahmi….tipikal daerah pegunungan ya seperti itu….sebentar panas, sebentar berkabut

      Reply

  4. March 19, 2015 @ 12:08 pm Aan

    Nemu aja tempat bagus, Mbaak.
    Keren ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 23, 2015 @ 11:10 am Inung Djuwari

      mbak Aan ….ini karena aku penasaran sama beberapa teman yang posting foto lagi ditempat ini dan kebetulan ada yang mengajak…jadilah aku berangkat ketempat ini.

      Reply

  5. March 20, 2015 @ 10:35 am munif

    Pemandangan yang dari balik gua tirta mulya juga keren… ๐Ÿ™‚

    Reply

    • March 23, 2015 @ 11:12 am Inung Djuwari

      Wahhh mas Munif tau aja….aku malah belum pernah sampai situ ๐Ÿ˜€

      Reply

  6. March 20, 2015 @ 11:56 am Uniek Kaswarganti

    Aku belum pernah ke sana Nuuuunggg… ajak aku dooonggg

    Reply

  7. May 15, 2015 @ 10:32 pm yudan

    wow..potonya keren banget mbak..kapan bisa kesini lagi yah..??
    hehehehe…

    Reply

    • May 16, 2015 @ 6:02 am Inung Djuwari

      Eh mas yang punya poto nongol, terima kasih ya mas ๐Ÿ™‚
      Hayukss kesini lagi, minggu pagi besok pow sekalian nganterin chapter cilapop jalan2 di sekitar Semarang ๐Ÿ˜€

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2017ย HelloSemarang.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool